ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Memacu Adrenalin, Kecelakaan Superman Drop Tower

Sekitar pukul 4.45 sore pada tanggal 21 Juni 2007 sebuah komponen pada wahana permainan bernama Superman Tower of Power Drop di Six Flags Kentucky Kingdom rusak karena tekanan berlebihan. Hal tersebut mengakibatkan kaki seorang gadis berusia 13 tahun terpaksa harus diamputasi.

Alexander Lukashenko, Diktator Terakhir di Eropa

Kecelakaan aneh tersebut terjadi dalam hitungan detik dan merupakan salah satu yang paling mengerikan dalam sejarah kecelakaan wahana permainan di taman hiburan.

Superman Tower of Power Drop adalah wahana berpenumpang yang relatif standar yang dipasang di beberapa taman permainan Six Flags di seluruh Amerika Serikat. Wahana permainan yang dipasang di Six Flags Kentucky Kingdom dimulai pada tahun 1995 dan terdiri dari menara tunggal setinggi 50 meter yang di atasnya dipasang satu mesin dengan deretan kursi yang menghadap ke luar.


Penumpang diikat ke kursi dan mesin kemudian akan diangkat ke puncak menara, ditahan sebentar, dan dijatuhkan langsung ke bawah untuk kemudian ditangkap oleh rem magnetis yang berjarak hanya tujuh meter dari tanah.

Kaitlyn Lassiter yang pada waktu itu berusia 13 tahun sedang menikmati permainan di taman hiburan Six Flags Kentucky Kingdom bersama teman-temannya ketika insiden itu terjadi. Dia bersama teman-temannya memilih menaiki wahana permainan Superman Tower of Power Drop satu kali dan memilih giliran kedua setelah beberapa teman-temannya, keputusan tersebut akan berdampak buruk baginya.


Semuanya dimulai seperti biasa tetapi selama wahana naik ke puncak menara, sebuah kabel terpotong dan jatuh menimpa Kaitlyn dan teman-temannya. Para penumpang berteriak agar wahana tersebut dihentikan, sementara Kaitlyn berusaha dengan panik untuk melepaskan diri dari lilitan kabel tersebut.

Kaitlyn berhasil melepaskan lilitan kabel dari lehernya tetapi tidak bisa melepaskannya dari pergelangan kakinya. Operator wahana yang berada di bawah, mendengar teriakan yang tidak biasa dari para penumpang.


Dia menelepon nomor darurat taman hiburan, tetapi ketika dia menjelaskan situasinya, respon darurat malah menjadi salah paham, dan mengatakan kepadanya bahwa hal itu normal bagi para penumpang yang berteriak.

Beberapa waktu kemudian, tombol berhenti darurat wahana tersebut ditekan oleh penumpang, tetapi hal tersebut tidak efektif dan sudah terlambat. Wahana berhenti di puncak menara dan kemudian turun seperti biasa. Saat itu kabel yang melilit kaki Kaitlyn menegang dan memotong kedua pergelangan kakinya. Sepatunya, dengan kaki masih di dalamnya jatuh ke jaring penangkap di bawah wahana.


Ketika wahana turun beberapa meter ke bawah, para penumpang menyadari bahwa tali pengaman terkunci. Hal tersebut akibat dari penghentian darurat yang telah diaktifkan dan tidak dapat dibatalkan kecuali oleh teknisi di gedung yang berdekatan.

Membutuhkan waktu sepuluh menit untuk mengeluarkan para penumpang, termasuk Kaitlyn Lassiter yang sudah kalap. Dia segera dilarikan ke rumah sakit dan setelah operasi yang intensif salah satu kakinya berhasil dipasang kembali. Para dokter tidak dapat menyelamatkan kaki satunya, dan Kaitlyn akhirnya salah satu kakinya dipasangi kaki prostetik.


Setelah masa pemulihan yang lama, dia bisa berjalan kembali. Wahana Superman Tower of Power Drop langsung ditutup dan diperiksa secara menyeluruh oleh pihak yang berwenang. Ditemukan bahwa petunjuk yang mengatur prosedur pemeriksaan rutin untuk wahana itu sudah usang dan sudah seharusnya diperbaharui. Edisi terbaru dari petunjuk tersebut berisi prosedur untuk memeriksa dan menguji kabel yang akan mencegahnya dari kerusakan hingga bisa bisa terputus.


Keterlambatan operator wahana untuk memutuskan keadaan darurat juga disebut-sebut sebagai faktor penyebab parahnya kecelakaan tersebut. Oleh keputusan pengadilan wahana tersebut harus besituakan. Six Flags Kentucky Kingdom didenda $ 1.000 karena terbukti gagal dalam menerapkan prosedur standar keamanan.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:


Diubah oleh ashibnu 22-04-2021 06:00
aygilagility
m4ntanqv
toinxx08
toinxx08 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
11.6K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan