ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Kebaya, Busana Yang Tak Lekang Oleh Waktu

Salah satu warisan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang bangsa Indonesia dalam hal tata busana adalah kebaya. Banyak sekali macam busana kebaya, menengok Indonesia mempunyai banyak sekali ragam suku bangsa. Setiap wanita Indonesia mestinya pernah memakai kebaya dalam setiap kegiatan formal seperti upacara bendera, perpisahan, pertemuan keluarga dan lain sebagainya. Hal itu menunjukkan bahwa wanita Indonesia tidak pernah meninggalkan warisan budaya itu. Mereka tidak pernah risih dan malu untuk memakai busana kebaya yang mungkin menurut beberapa orang sudah ketinggalan jaman.
Para generasi muda yang peduli terhadap budaya Indonesia juga telah ikut andil dalam melestarikan busana kebaya. Banyak desainer muda yang melakukan modernisasi kebaya dengan mengeluarkan kebaya yang trend dengan perkembangan zaman. Dari hasil tangan – tangan kreatif generasi muda mampu menarik minat banyak kalangan untuk tetap mengenakan kebaya, semisal anak SMA yang bangga memakai kebaya ketika acara kelulusan mereka. Inovasi dan kreasi yang terus dikembangkan para desainer muda membuat kebaya tidak ketinggalan zaman untuk dipakai kalangan milenial.


Sumber Gambar gilitimes.com

Zaman dulu kebaya kebanyakan hanya dikenakan oleh kalangan ningrat pada saat acara tertentu. Mengingat pada waktu itu hanya segelintir wanita yang memakai kebaya tak menandakan bahwa busana itu akan tertinggal oleh waktu. Seiring perkembangan zaman kebaya bisa dipakai oleh semua kalangan orang mulai dari anak kecil, gadis remaja hingga perempuan lanjut usia mudah untuk menentukan kebaya mana yang cocok untuk mereka kenakan kapanpun mereka mau. Tanpa melihat status sosial dan asal mereka, para wanita Indonesia secara tidak langsung telah melestarikan busana itu.
Kebaya adalah pusaka peninggalan bangsa yang harus dijaga dan dirawat agar tidak tumpul dimakan usia. Tidak melulu bagi wanita yang mengenakan, para pria juga harus ikut melestarikannya. Terbukti dengan sekarang banyak desainer yang bermunculan dari kalangan pria. Dengan merancang trend busana terbaru dengan kebaya sebagai modelnya membuat bermunculan aneka kebaya modern. Hal itu juga membuat para warga negara asing banyak yang berminat memakai kebaya Indonesia. Tidak etis sebagai seorang warga negara Indonesia tidak menghargai busana kebaya sebagai warisan budaya Indonesia. Jangan sampai kebaya diklaim oleh negara lain sebagai bagian dari budaya mereka.

Sumber
Pikiran Pribadi | Gambar Google

Diubah oleh ashibnu 05-09-2019 03:29
agungdar2494Avatar border
tata604Avatar border
tata604 dan agungdar2494 memberi reputasi
2
1.3K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan