KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c24a806611ac678d0b172b/haunted-castle-jackson-town-dan-terjadinya-sebuah-tragedi-yang-tak-diinginkan

Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan

Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan
Pada 11 Mei 1984, terjadi kebakaran hebat di wahana Haunted Castle di Six Flags Great Adventure di Jackson Town, New Jersey. Api menyebar dengan cepat, melumat pajangan dan dekorasi yang mudah terbakar. Ada sekitar 30 pengunjung di dalam Haunted Castle ketika kebakaran terjadi, hampir semua dari mereka tidak bisa keluar hidup-hidup.

5 Fakta Menarik Tentang Film Long Shot

The Haunted Castle adalah wahana rumah hantu yang dikemas dengan tema seram dan menakutkan. Para pengunjung akan menyusuri serangkaian koridor sempit yang gelap untuk merasakan sensasi ketakutan di dalam wahana Haunted Castle. Wahana Haunted Castle menyediakan efek khusus lampu remang dan suara yang menakutkan dan para aktor yang mengenakan kostum hantu yang akan melompat keluar dari celah tersembunyi. Meskipun bertema menakutkan, wahana itu sebenarnya dibangun dari 16 trailer truk yang saling berhubungan.
Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan
Pada malam 11 Mei 1984, ada percikan api kecil yang mulai terlihat sekitar pukul 18:30. Pada waktu itu taman tidak terlalu ramai, wahana Haunted Castle tidak disesaki oleh pengunjung, hanya beberapa orang yang sedang menikmati wahana tersebut. Trailer wahana Haunted Castle terbuat dari aluminium, tetapi interior dan dekorasinya dikemas dengan bahan yang mudah terbakar termasuk dinding pembatas yang berbahan kayu, penutup yang berbahan kain dan kertas, penyangga yang berbahan kayu dan busa dan ada beberapa dekorasi yang berbahan busa di beberapa dinding.


Sekitar 30 orang berada di dalam wahana saat kebakaran terjadi. Penyebaran api dan asap yang sangat cepat, ditambah dengan tata letak yang sengaja dibuat membingungkan, membuat para pengunjung sulit untuk menyelamatkan diri. Pengunjung yang berhasil melarikan diri menyatakan bahwa dia tersandung dan jatuh menabrak dinding saat dia berusaha menyelamatkan diri, keputusannya untuk mencari jalan keluar sempat tertunda karena pertama kali melihat ada api dan asap, dia mengira bahwa itu hanyalah efek khusus dan bagian dari pertunjukkan.
Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan
Petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan segera dipanggil dan tiba di tempat kejadian dalam beberapa menit, tetapi api begitu dahsyat sehingga beberapa bagian dari wahana telah hancur pada saat mereka berhasil mengendalikan api. Para petugas berpikir bahwa semua pengunjung telah berhasil dievakuasi, tetapi asumsi itu salah ketika ada delapan mayat yang ditemukan di reruntuhan wahana Haunted Castle, kebanyakan dari mereka terjebak di koridor sempit yang membingungkan.


Korban yang ditemukan, terbakar sangat parah sehingga mereka awalnya dikira sebagai manekin yang terbakar. Total delapan korban semuanya berasal dari rombongan pengunjung yang sama. Korban yang tewas terbakar adalah Nicola Caiazza 18 tahun, Joseph Beyroutey 17 tahun, Tina Genovese 15 tahun, Eric Rodriguez 18 tahun, Samuel Valentin 17 tahun, Lenny 17 tahun, Ruiz Jose Carrion 17 tahun dan Christopher Harrison juga berusia 17 tahun.
Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan
Selama penyelidikan, taman ditutup dan diharuskan menghentikan semua aktifitasnya. Penyebab awal kebakaran akhirnya ditemukan. Ada seorang anak berusia 13 tahun bernama Joey Irica yang bersaksi bahwa dia melihat remaja laki-laki yang menggunakan korek api untuk menemukan jalan keluar melalui bagian yang gelap dari Haunted Castle. Irica bersaksi bahwa anak laki-laki itu secara tidak sengaja membawa api terlalu dekat ke potongan busa robek yang menggantung dari bagian dekorasi dinding yang berlapis busa dan menyebabkannya terbakar.


Anak laki-laki yang membawa korek api itu tidak pernah diidentifikasi. Menggunakan api di ruangan sempit yang terbatas adalah tindakan yang bodoh, para penyelidik mencatat bahwa dia tidak dapat disalahkan atas bencana tersebut. Kesalahan itu malah dikaitkan dengan manajemen taman dan berbagai lembaga inspeksi tingkat negara bagian. Pihak-pihak tersebut diduga telah membiarkan Haunted Castle beroperasi tanpa sistem keamanan yang layak dan dalam kondisi yang semakin berbahaya, dari tahun ke tahun.
Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan
Dengan tidak adanya sistem penyiram dan tidak ada alarm asap yang berfungsi di dalam wahana tersebut. Padahal kedua sistem keamanan itu telah direkomendasikan oleh konsultan keselamatan kebakaran, tetapi tidak wajib untuk dipasang, mengingat Haunted Castle dibuat di atas struktur sementara dan untuk saat itu tidak memerlukan alarm asap atau sistem penyiram di dalam struktur bangunan. Tetapi Haunted Castle telah beroperasi selama hampir lima tahun pada saat kebakaran terjadi, sehingga agak membingungkan untuk definisi "sementara".


Lebih lanjut terungkap bahwa banyak lampu di pintu darurat dan perlengkapan lainnya di dalam lorong yang berada dalam kondisi buruk pada saat bencana terjadi. Karyawan mencatat bahwa ada bohlam yang hilang atau rusak di banyak lampu darurat dan ada bantalan busa di dinding tempat percikan api terlihat telah robek dan terbuka padahal seharusnya tertutup dengan rapi. Manajer shift juga melaporkan bahwa para pengunjung telah banyak melihat penggunaan korek api untuk menerangi jalan mereka pada beberapa kesempatan, tetapi tidak ada teguran yang dilakukan untuk mengatasi hal itu.
Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan
Para staf yang bekerja sempat membicarakan masalah korek api dengan manajemen senior, namun keluhan itu diabaikan, bahkan ketika mereka melakukan pemogokan sebagai protes terhadap pemeliharaan wahana yang buruk pada tahun 1983. Pada tahun yang sama, seorang karyawan yang tidak disebutkan namanya telah mengisi formulir pelaporan pelanggaran keselamatan dengan mendapatkan jawaban, "Lupakan saja. Terlalu banyak untuk disebutkan."


Terlepas dari catatan pemeliharaan yang buruk dan langkah-langkah keamanan yang diabaikan, baik pihak taman maupun perusahaan induknya dibebaskan dari kesalahan apa pun. Ketika masalah itu sampai ke pengadilan, setelah banyaknya pertimbangan, hakim menyalahkan pejabat kota Jackson Town, yang berulang kali telah membiarkan Haunted Castle beroperasi dengan buruk. Taman telah mengikuti peraturan yang seharusnya dipatuhi tetapi peraturan itu juga tidak cukup. Delapan gugatan perdata diajukan terhadap taman, tujuh di antaranya diselesaikan di luar pengadilan dengan masing-masing denda $2,5 juta.
Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan
Gugatan yang tersisa tetap diproses di pengadilan dan keluarga korban mendapatkan kompensasi yang diberikan dengan jumlah yang jauh lebih rendah. Beberapa pembaruan dibuat untuk penanganan keselamatan kebakaran di kota New Jersey, setelah kejadian itu, terutama yang berkaitan dengan tempat seperti wahana Haunted Castle yang dibuat secara khusus untuk membingungkan pengunjung. Peraturan baru mengharuskan semua struktur tersebut dilengkapi dengan standar sistem deteksi kebakaran dan ketika alarm kebakaran berbunyi, lampu harus secara otomatis menyala sementara efek suara dan musik yang membingungkan harus secara otomatis dimatikan.


Negara bagian lain dengan cepat mengadopsi aturan New Jersey, yang mengarah ke revolusi peraturan keamanan di seluruh Amerika. Meskipun demikian, beberapa tempat hiburan di New Jersey menderita akibat peraturan baru tersebut dan banyak yang gulung tikar. Six Glags Great Adventure sendiri hampir gulung tikar pada tahun 1987 akibat dari liputan negatif tentang kebakaran tersebut. Perusahaan itu akhirnya bisa pulih bergerak maju dan masih beroperasi sampai sekarang. Bangunan berupa set trailer yang menjadi tempat wahana Haunted Castle telah lama hancurkan. Dan sekarang telah digantikan oleh wahana baru yang bernama Cyborg Cyber Spin.


Tidak ada tugu peringatan atau memorial hall yang dibangun untuk mengenang para korban dari tragedi yang terjadi pada tahun 1984. Meskipun begitu peristiwa tragedi di  Haunted Castle tidak akan pernh dilupakan oleh para keluarga korban. Tragedi itu akan tetap menjadi momok yang menancap kuat di benak keluarga korban dan dari peristiwa itu pemerintah, pengelola dan petugas keselamatan kebakaran mendapatkan tamparan keras untuk memberbaharui sistem keamanan penanganan kebakaran.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
profile-picture
emineminna memberi reputasi
Diubah oleh ashibnu
kecelakaan besar kerap terjadi akibat seseorang yang menyepelekan aturan dengan anggapan itu cuma beresiko kecil
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
angker brehhhh emoticon-Takut _____________ emoticon-Ngacir2
Terlalu gelap

emoticon-ridingsenja

Ninggalin jejak dulu bro,,
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Beneran jadi berhantu
wahana rumah hantu yang benar-benar menyeramkan gan emoticon-Takut
38th berlalu 🤧 cepat sekali rasanya
bahkan banyak juga bangunan yang melupakan standar bahwa harus ada sprinkler dalam bangunan mereka, terutama gedung bertingkat
profile-picture
freedomjustice memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ngeriii
Serem bgt terjebak kebakaran di labirin emoticon-Takut
gelap2an.

Haunted Castle Jackson Town Dan Terjadinya Sebuah Tragedi Yang Tak Diinginkan
profile-picture
aripmaulana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadi inget kecelakaan pesawat.
Dari beberapa hari sebelum kecelakaan sudah dilaporin ada part yang harus diganti.
Tapi sama manajemen cuma di servis. Hasilnya fatal
Need more safety and security kayakny

Quote:

Ada attract love juga cocok utk yg masih jomblo emoticon-Big Grin
manajemen tempat rekreasi yang buruk pada masanya
Post ini telah dihapus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di