CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Berbagi Pengalaman Mengurus SIM C, Ujian Praktek Sungguh Menegangkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f05c16309b5ca3eb6447102/berbagi-pengalaman-mengurus-sim-c-ujian-praktek-sungguh-menegangkan

Berbagi Pengalaman Mengurus SIM C, Ujian Praktek Sungguh Menegangkan

Berbagi Pengalaman Mengurus SIM C, Ujian Praktek Sungguh Menegangkan

SIM C Ilustrasi (otoflik.com)

Tread ini ane tujukan kepada para pengendara roda 2 yang belum mempunyai SIM C dan atau sedang akan mengurus SIM C. Ane akan ceritakan pengalaman ane di tread ini betapa tidak mudahnya memperoleh SIM C. Ane seorang pemuda yang masih berusia 25 tahun, untuk aktifitas sehari-hari ane biasanya menggunakan motor Kopling (V) kadang juga memakai motor matic (B) untuk beraktifitas harian. Dan sudah lama sekali ane tidak memakai motor bebek mungkin 6 tahun lalu lah terakhir kali ane punya motor bebek, ini penting ane ceritakan karena masih ada korelasinya dengan motor yang dipakai untuk test Praktek.
Dulu sewaktu masih SMA ane udah punya SIM C (waktu itu jujur masih pakai calo). Nah kemudian SIM C tersebut udah mati sejak 2016 silam, karena matinya udah terlampau lama maka terpaksa tidak bisa diperpanjang sehingga harus buat baru dan memulai proses dari awal.

BACA JUGA: Sejarah Propaganda PKI Versi NU (Part 7)
Rumah ane di Jawa Timur tepatnya di kab/kota J, Sebenarnya ane pernah mengurus pembuatan SIM C baru pada 2017 silam, namun karena tidak lulus ujian teori ane pun tidak pernah kembali lagi karena satu dan lain hal, hehe. emoticon-Big Grin
Karena merasa butuh SIM untuk suatu keperluan mendesak, ane pun akhirnya mengurus lagi Juni 2020. Dan sepanjang yang ane amati sudah tidak ada Calo disini gan, Keren. Dulu di 2017 ane pernah ditawari calo untuk membuat SIM C dipatok dengan harga 450ribu, karena tidak punya uang ane pun memutuskan untuk mencoba mengurus sendiri.

1. TES KESEHATAN
Pertama ane mendatangi Puskesmas untuk membuat surat sehat sebagai salah satu syarat pembuatan SIM, namun ternyata Puskesmas tidak lagi melayani pembuatan surat sehat untuk SIM, dan tes kesehatan pun dilakukan di sekitar SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) yang telah ada klinik yang ditunjuk untuk hal ini (kalau agan bingung bisa tanya aja ke tukang parkir, biasanya mereka ngerti). Ditempat ane sendiri jarak antara SATPAS dan klinik tes kesehatan cuma 20 meter.
Untuk mendaftar tes kesehatan sendiri dimintai 1 Fotokopi KTP. Dan tesnya tidak terlalu lama, cuma 5 menitan sudah selesai, yang lama itu ngantrinya (ane ngantri diluar sekitar 30 menitan). Ane disuruh menimbang berat badan, lalu disuruh menyebutkan tinggi badan. Setelah itu ane disuruh menyebutkan huruf dari jarak sekitar 5 meter, selanjutnya ane disuruh menyebutkan angka yang ada didalam kolom-kolom berwarna. Tes tersebut bertujuan mengetes kesehatan mata dan juga tes buta warna. Materi tes nya seperti berikut.

Quote:

Setelah dirasa cukup kemudian kita ditanya golongan darah, karena ane tidak tahu golongan darah ane apa, ane pun ngasal nyebut aja, AB. hehe. Setelah itu kita diberi surat hasil tes kesehatan, dan untuk biaya tes kesehatan ini sendiri yakni Rp. 25.000.

2. TES PSIKOLOGI
Quote:

Setelah tes kesehatan kemudian ane Tes Psikologi, ane kutip dari berbagai sumber, Tes ini mulai diperlakukan oleh Polri sejak maret 2020. Karena menurut yang baca seseorang yang berkendara memerlukan kesehatan raga (tes kesehatan) dan jiwa (tes psikologi), maka tes ini sangat dibutuhkan. Jarak tempat tes psikologi dengan SATPAS sekitar 300 meter. Untuk mendaftar Tes Psikologi juga sama dengan tes kesehatan, cukup dengan 1 Fotokopi KTP. Dalam tes psikologi kita diberi 30 soal dengan cara menjawab cukup dicentang setuju atau tidak setuju. Waktu tes hingga keluar surat cuma sekitar 30 menitan saja. Dan biaya nya Rp. 50.000 dibayarkan saat mengambil surat.

Quote:

3. PENDAFTARAN DI SATPAS
Awalnya ane mencoba untuk mendaftar SIM secara Online, namun karena melalui online dianjurkan untuk membayar terlebih dahulu melalui transfer sebesar Rp. 100.000 maka akhirnya ane pilih untuk mengurus secara manual dan langsung karena baru bayar setelah SIM jadi.

Quote:

Semua persyaratan dikumpulkan menjadi satu dalam Map (waktu itu ane disarankan pakai Map warna Hijau (mungkin warna map untuk membedakan mana pemohon SIM C, SIM A, dll). Persyaratan yang dimasukan: Fotokopi KTP 2 Lembar, Surat Kesehatan dan Surat Psikologi. lalu kita berikan ke petugas sambil bilang mau bikin SIM baru, lalu kita tinggal ngantri saja menunggu dipanggil. Ane sarankan saat agan akan mendaftar di Satpas lebih baik datang pagi, sebisa mungkin jam 9 sudah memasukan berkas. Karena kalau kesiangan maka mau tidak mau agan harus kembali esok harinya karena kuota penuh. Pelayanan SATPAS sendiri baru dibuka Pukul 08.00 WIB/WIT/WITA.


4. TES TEORI
Setelah nama kita dipanggil maka kita akan ke loket untuk diberikan semacam kode Barcode, setelah itu kita memasuki ruang foto, untuk difoto dan juga diambil sidik jari. Setelah itu kita diperkenankan memasuki ruangan Tes Teori. Jujur pada saat Tes Teori ane agak ragu karena sempat tidak lolos di 2017 silam. Materi Tes di 2017 saat itu masih menggunakan pilihan ganda ABCD, sedangkan materi saat ini sudah menggukan komputer dengan ilustrasi video berjumlah 30 soal dan kita cukup menjawab Benar atau Salah. Materi tesnya ada di Youtube lho, ane sempat belajar dulu via youtube sebelum tes teori beneran, dan tingkat kemiripan soalnya sekitar 80%.

VIDEO: TES TEORI SIM C



Sumber: Youtube Tujuh Plus 

Di dalam ruangan tes ini sekitar 30 menit, setelah selesai kita akan diberikan surat lulus atau tidak. Sebelum keluar ruangan kita disuruh menonton video soal tes Praktek yang akan dilakukan selanjutnya. Jika lulus maka kita akan maju ke tes praktek dan jika tidak lulus maka kita akan diberi kesempatan untuk kembali minggu depan. Alhamdulillah untuk tes teori ini ane cukup 1X Tes dan langsung lulus. emoticon-Big Grin

5. TES PRAKTEK
Quote:

Setelah tes Teori lolos maka kita menuju lapangan Praktek, ujian praktek biasanya baru dilakukan pkl. 10.00. Para pemohon SIM pengulang akan diberi kesempatan terlebih dulu sementara pemohon SIM baru di akhirkan. Hal ini bertujuan agar para pemohon SIM baru bisa lebih dulu menyimak apa yang dilakukan oleh para pemohon pengulang.


Video: Ujian Praktek SIM C



Sumber: Youtube Andy Garna

Ujian Praktek salah satu ujian yang cukup banyak menyebabkan kegagalan, jadi sebisa mungkin sering-sering latian, jika sore hari biasanya SATPAS sepi dan lapangan praktek bisa dipakai latihan. Jika gagal pertama maka agan akan disuruh kembali lagi seminggu kemudian, tapi jika masih gagal maka akan disuruh kembali 2 minggu lagi. Pembuatan SIM C sendiri berbiaya Rp. 100.000.


(SUMBER: Pengalaman Pribadi, kompas.com, 8/7/2020)

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Quote:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Illingggggg dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
hahaha.. aku siap.. aku siap..

Berbagi Pengalaman Mengurus SIM C, Ujian Praktek Sungguh Menegangkan
profile-picture
aqua.illusion memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jombang apa Jember nih?

Ane kemaren juga ada pengalaman perpanjang SIM yang habis masa berlaku bulan Mei 20..Ane perpanjang tanggal 27 Juni 20, karena ada info masa dispensasi SIM yang masa berlaku habis April-Mei dapat diperpanjang pada 1-30 Juni, tanpa membuat SIM baru.

Pagi-pagi ane antre tes kesehatan, lanjut psikotes, lanjut bayar 75K di loket, lalu lanjut ambil foto..
Giliran nunggu pencetakan SIM, nah ane dipanggil sama polkis bagian cetak. Polkis bilang SIM ane kagak bisa dicetak karena habis berlaku bulan Mei, harus tes praktek lagi atau kalau mau langsung cetak ane suruh ke ruang BAUR SIM bayar 350K..Dengan alasan pelayanan SIM di tempat ane tetap normal walaupun ada Covid-19, oiya ane di Jateng di Kab berinisial K yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa.

Ane kagak mau dong, lalu berkas dikembalikan dan disuruh ke loket 6 (loket uji praktek). Sama polkis di loket 6 ane disuruh datang 1-2 minggu lagi tuk ujian praktek. Ane turutin aja bro karena capek antre dari jam 6 pagi, belum sarapan pula..

Lalu sesampainya di rumah ane cari info tuh, ternyata dispensasi perpanjang SIM berlaku di seluruh Indonesia. Ane sempet telepon call centre NTMC tuh buat memastikan, ternyata jawabannya juga serupa. Berlaku di seluruh Indonesia..

Senin, 29 Juni ane balik lagi tuh. Cus loket 6 ambil berkas, sempet argu dikit. Lalu ane masuk ruang BAUR SIM, ketemu bintaranya kasih ane pung berkas. Di dalam ruang ini banyak orang sipil juga, entah lagi ngapain mereka. Ane ceritakan masalah ane dan tetep dibilang kalo dimari kagak ada dispensasi, lalu argu ngalor ngidul. Setelah agak lama ane ditanya lagi, "kesini mau debat apa minta tolong?" Ane jawab, " ane gak mau debat, ane cuma kasih tau informasi yang ane dapat kalau dispensasi berlaku di seluruh Indonesia"..lalu doi ngulang pertanyaan yg sama, karena ane dah males ya ane jawab " mau minta tolong".

Kemudian doi tanya ane dah foto atau belum? Ane jawab sudah ndan! Lalu doi anterin berkas ke bagian cetak, ane disuruh tunggu di luar..dan gak sampe 1 menit nama ane disebut sama bagian cetak SIM dan SIM dikasihkan ke ane. Jadi deh SIM ane yg baru...

Itu sih pengalaman tentang dunia per-SIM-an yang ane punya..berdasarkan pantauan ane masih banyak calo berkeliaran, mungkin tiap kota berbeda. Tergantung siapa atasannya..
Berbagi Pengalaman Mengurus SIM C, Ujian Praktek Sungguh Menegangkan
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan krisnafebriyant memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Lihat 24 balasan
pengalaman ane bikin sim....

1.seperti yg ts sebutkan diatas, ane cuman timbang badan sama tinggi badan itu dan buta warna.
2.tes psikologi gk ada tuh.
3.ngisi data ane lupa apa namanya, terus dipanggil buat foto.
4. tes teori emoticon-Wagelaseh gagal ane gan bener 13 salah 17 emoticon-Cool

Gw tanya sama polkis nya bisa diulang gk pak.. gk bisa dik minggu depan ikut lagi. Anjir lah dalem hati emoticon-Turut Berduka eitssss... selang beberapa saat mau balik gw dikasi tau temen katanya bisa pake pelicin emoticon-Wakaka gw carilah bapak2 itu akhirnya ketemu dah, si doi di sabhara bukan lantas.. gw bilang bisa bantu gk pak.. bisa katanya!!! 20 menit kemudian taraaaaaaaaaa.... sim keluar terus si bapak2 tadi ngajak kebelakang kantor emoticon-Traveller

300k dek emoticon-Betty

Oh siyapppp gpp yg penting jadi dan gk ribet... gw pun balik emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aqua.illusion dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
ane lolos ujian prakteknya di percobaan ke 7 gan emoticon-Ngakak
Lihat 4 balasan
Ane lulus gan, jd ya cm bayar 100k.

Menurut ane sih test biasa aj sih. Kl buat pengendara yg berakal pasti paham. Tips buat agan2 yg mau tes SIM usahakan latihan dulu, minimal tau apa yg diujikan, jangan beranggapan mentang2 udah naik motor dr bocah dan udah malang melintang di jalanan berabad2 langsung bakalan bisa lulus mulus, tidak semudah itu fergusoo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
necromongers dan 2 lainnya memberi reputasi
hrsnya pas ujian praktek kita sidak aja tunjuk random petugas yg punya sim buat nyontohin emoticon-Big Grin

klo yg nyontohin orgnya yg itu2 juga mah udh terbiasa dia, pasti bisa emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
keknya dulu ga ada tes psikologinya deh ane, udah lama banget sih emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Fikrullah memberi reputasi
buat sim kok pake tes praktek, lemah emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
xshidqix dan fan.kui memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ane masih belum punya sim gan 😭
Itu tes praktek SIM yg paling susah..
Kayanya cuma pemain sirkus, apa gak freestyler motor yg bisa lulus ujian bgtu..
Suruh muter balik 180° dgn jarak yg sempit, belum lagi ditambah motor samsatnya yg stangnya udh gk simetris..
Lihat 4 balasan
- Tes buta warna cukup ngeselin juga, beruntung ane bisa lolos

- Kayaknya dulu ane ga ada tes psikologi

- Pas tes praktek, pilih motornya jangan yg matic, karna susah pas di bagian putar balik

- Dulu di tempat ane, ada batasan gagalnya. Gagal 3x ujian praktek, berarti harus tes dari awal lagi dan bayar lagi


profile-picture
profile-picture
dpn25 dan aqua.illusion memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jangan kan sim ktp ane 2 tahun kg keluar keluar padahal jabodetabek
profile-picture
aqua.illusion memberi reputasi
Lihat 5 balasan
dulu wkt bikin sim disuruh bokap ane lgsg tembak aja udah, susah lulus jalur normal mah. krn rasa penasaran dan ingin tau, ane bikin sim lwt jalur biasa, taunya bener kata bokap. teori kaga lulus, syarat lulus nilai 18, lah ane 17 emoticon-Hammer2 ya kaga lulus dikumpulin diajak ke lt2 kalo mau lulus hari ini mesti nambah duit kalo kaga balik 14 hari lg, akhirnya nelpon bokap disuruh pulang. Baru besoknya balik lagi bawa duit emoticon-Ngakakemoticon-Hammer2
Lihat 3 balasan
semua itu bisa dilewati dengan "orang dalam"
tes formalitas ane gan.. tbtb jadi.. ane males ribet.. keburu mau dipake juga.. the power of duid emoticon-Hammer2
Gue cuma foto sama isi formulir ga sampe 30 menit
jaman skrg banyak banget yak tesnya, keknya ane ga sebanyak itu deh dulu emoticon-Bingung (S)
profile-picture
unknownnymous memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Keren, info baru emoticon-Smilie
Kebetulan ane mau buat SIM C baru. Saya dari kota "majapahit".

Untuk surat sehat, puskesmas tempat saya tidak menolak. Entah lagi nanti di SATPAS disuruh buat lagi seperti agan TS. emoticon-Nohope

Yg saya bikin malas ya lihat muka oknum petugas/calo. emoticon-Cape deeehh semoga aja gk ketemu mereka. Kebetulan SATPAS di kota saya pindah tempat baru yg sebelumnya di MAKO Polres. Cuma jauh juga pindahnya....emoticon-Cape d...

Diubah oleh pbs81
Lihat 1 balasan
Pengalaman ane buat sim di salah satu kota di sumatera tahun 2013;
ane pakai jasa pihak ketiga. bayarnya 600K saat H-7 kalo gak salah. saat Hari H ane daftar dan bayar 100K gak salah terus kasih surat sehat dikasih dari pihak ketiga itu. lalu ujian hanya simulator sim pakai PC. trus sekali coba langsung skor diatas standar dan dinyatakan lolos sim C. saat itu ane lewati ujian praktek bawa motor. gak tau entah kenapa. dan yg buat ane ngeluh itu cuma antrinya saja yg panjang banget. semoga divisi korlantas polri semakin membaik pelayannya dalam jasa pembuatan sim
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di