CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Sayup-Sayup Suara Netizen: Listrik Naik Tak Wajar Saat Pandemi, PLN Perlu Pesaing?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee4a77a97751357470c8642/sayup-sayup-suara-netizen-listrik-naik-tak-wajar-saat-pandemi-pln-perlu-pesaing

Sayup-Sayup Suara Netizen: Listrik Naik Tak Wajar Saat Pandemi, PLN Perlu Pesaing?

Sayup-Sayup Suara Netizen: Listrik Naik Tak Wajar Saat Pandemi, PLN Perlu Pesaing?
Logo PLN (kompas.com)

Ditengah masa pandemi corona seperti sekarang, banyak aktifitas warga yang semuanya serba terbatas. Selain soal masalah kesehatan, sebuah isu yang berkembang belakangan ini adalah soal biaya bayar listrik yang mengalami kenaikan tak wajar yang dialami oleh beberapa pelanggan PLN yang memiliki daya diatas 1.200 Volt. Hal ini pun bukan menjadi rahasia umum lagi, karena perbincangan mengenai naiknya biaya listrik ditengah pandemi ini kerap menjadi bahan obrolan di media sosial, bahkan beberapa kantor PLN juga sempat di geruduk para pelanggan yang ingin mempertanyakan mengapa biaya listrik nya naik.

Beberapa Kasus Biaya Listrik Naik

1. Tagihan Listrik Warga Malang Capai Rp. 20 juta

Spoiler for spoiler:

Dikutip dari Tribunnews.com (13/6/2020), Seorang warga Kec. Lawang - Kab. Malang Jatim bernama Teguh Wuryanto mengaku kaget ketika tahu tagihan listriknya pada bulan mei 2020 mencapai angka Rp. 20.158.686. Teguh yang dirumahnya mempunyai bengkel Las Listrik ini mengaku jika biasanya setiap bulan dirinya membayar listrik antara Rp.950.000-2.200.000. Dan selama maret 2020 bengkel nya sepi karena terimbas dampak virus Corona, namun anehnya tagihan listriknya justru naik tak wajar menyentuh angka Rp. 20juta, ia pun mengaku sempat mau pingsan ketika meilhat tagihan listrik yang sebesar itu.


2. Belasan Warga Pekanbaru Datangi Kantor PLN
Spoiler for spoiler:

Dikutip dari detik.,com (13/6/2020), Belasan warga di kota Pekanbaru pada 5/6/2020 lalu menatangi kantor PLN Rayon Panam. mereka mendatangi kantor PLN untuk protes mengapa biaya listrik mereka naik drastis. Ada yang berdaya 2.200 yang biasanya membayar listrik tiap bulan Rp. 1,2 juta tiba-tiba tagihannya melonjak menjadi 3 juta. Ada pula yang protest biasanya bayar listrik Rp. 1,1 juta tiba-tiba tagihannya menjadi Rp. 2,7 juta.

3. Artis Tompi Berkicau Soal Biaya Listrik Kantornya
Spoiler for spoiler:

Dikutip dari kompas (13/6/2020), Artis Tompi juga merasakan hal yang sama. Ia kaget ketika tagihan listrik di kantornya Rp. 2,1 juta/bulan, padahal menurutnya selama masa pandemi Covid 19 kantornya tersebut tutup selama 3 bulan dan tidak ada aktifitas di dalamnya.



PERLUKAH PLN PUNYA PESAING?

PLN merupakan perusahaan milik negara yang selama ini memang mengurusi urusan Listrik. Selama ini PLN memang memonopoli pasar Listrik di tanah air atau dengan kata lain PLN tidak punya kompetitor dalam menjalankan bisnisnya di negeri ini. Demi kebaikan masyarakat Indonesia nampaknya PLN perlu mempunyai pesaing/kompetitor, dan berikut logikanya.


Spoiler for spoiler:

Kita mungkin masih ingat dengan awal mula kartu cellular muncul, cuman ada satu-dua perusahaan yang bermain di bisnis SIM Card saat itu. AKibatnya layanan yang ada cuma itu-itu saja dan harganya pun tidak bisa kita katakan murah/mahal karena tidak ada pembanding. Namun sekarang banyak perusahaan yang sudah ikut mewarnai dunia Telkomunikasi tanah air, apa akibatnya?. Perusahaan-perusahaan itu pun berlomba-lomba dalam Inovasi dan memberikan promo-promo menarik untuk para konsumennya. Beragam alternatif paket internet bergaam harga pun ada saat ini, dan siapa yang diuntungkan? Yang diuntungkan adalah kita-kita selaku konsumen.

BACA JUGA: Mereka Kepala Daerah Berlatar Belakang Arsitek, Prestasinya? Jangan Ditanya Lagi

Mungkin PLN perlu adanay pesaing juga, entah perusahaan listrik baru Plat merah juga atau Perusahaan listrik milk swasta. Dengan tidak adanya pesaing maka sebuah perusahaan akan berlomba, menciptakan inovasi-inovasi untuk bisa menarik minat konsumennya. 

Mengutip dari lifepal.co.id (13/6/2020).Ternyata diluar sana, ada beberapa negara yang tidak cuma mempunyai 1 perusahan listrik. Sebut saja seperti Amerika, di negeri paman samm ini perusahaan listrik tidak cuma satu, ada yang bernama Duke Energy, America Listrik Pwer dan NextEra yang berbisnis komoditi listrik di negara tersebut. Selanjutnya di Prancis, di Prancis ada perusahaan listrik bernama Engie dan EDF Energy.

Dengan adanya pesaing untuk PLN maka ane sendiri berharap daerah-daerah yang belum teraliri listrik bisa segera mendapat pasokan listrik. Lalu untuk pemerintah daerah yang telah teraliri listrik mungkin bisa melakukan tender/lelang untuk menentukan siapa kira-kira yang bisa memberikan pasokan listrik ke setiap lampu-lampu jalan dengan biaya yang lebih murah. Yah semoga itu semua bisa terrealisasi.


(Sumber: Tribunnews.com, Detik.com, kompas.com, Lifepal.co.id, 13/6/2020)

Quote:




profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrifzn dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Kalo ada yg swasta kayanya ane bakal beralih dari pln. Gak jelas gini sih emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Yg nyediain perlengkapan solar panel buat beberapa rumah kl ada ane mungkin ikut.

Kayak dijepang itulah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Betjanda
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Kalo swasta yg jual energi mah udah banyak gan. tapi cuma jual energi aja. distribusi nya tetap di tangan PLN. Gak bakal ada swasta yang mau main di distribusi. karena infra struktur nya mahal sekali. Bikin Jaringan SUTT, bikin jaringan SUTR, kabel bawah tanah, tiang listrik, transformer dll.

Jangan di compare sama telekomunikasi, yg distribusi sinyal nya bisa pake udara, gratis. Lah listrik kudu pake kabel gan. di masa depan, kalo udah bisa ngirim listrik pake udara, baru banyak swasta yang ikut bermain. Tapi masih jauh banget teknologinya. bisa 50 - 100 tahun lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SouwSteveChe dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Ane mau berencana jadi pesaing PLN deh kek Ny


emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pesaing kek nya ga mungkin,tapi kalo off grid dari jaringan pln itu mungkin,dan modal nya lumayan mahal,tapi cost kedepan nya kecil,karena pake panel surya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
Punyaku normal bahkan ada yg turun
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
iyanih tempat ane juga naik, sedih sekali
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
gila bisa jantungan pas tau tagihan 20jtemoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan rizaradri memberi reputasi
Yang ane tau rumah pake tenaga surya kudu ijin PLN wadidaw..(berapa watt nya ane ga paham)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
semoga bisa segera ditangani ya, kasian yg pada gak bisa bayar eh malah naik
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
coba replay ulang kasus pemadaman listrik bergilir spulau jawa, yg sebelumnya pernah terjadi. kira kira ada yg janggal tidak? 🤔
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan rizaradri memberi reputasi
setuju gan, termasuk kereta jg
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Pkai tnga nuklir aja.kyak orng2 luar negeri.ktanya biayanya murah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
iya sangat perlu. bosen ane pelayanannya seperti ini. sangat tidak pro rakyat, duit habis dikuras!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
sebenarnya udah ada gan,Listrik ada PLS, Minyak ada Petronas, Shell dll, komunikasi ada Xl, smartphone dkk, masalah porsinya gk gede dikasih pemerintah karna udah diatur negara dana ada dalam UUD 45 pasal 33 ayat 3. disitulah terjadi monopoli dan turunnya kwalitas pelayanan, karna merasa persaingan tidak begitu berat. Ambil hikmahnya ajj.. jangan terlalu banyak mengeluh. ntar di cap kadrun.. kayak buk susi ama refli harun.. tirulah prabowo yang udah berhasil jadi cebong...emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buyuik
Berikan saingannya, biar kompetitif sehat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
PLN itu dkasih monopoli krn dia pinta tanggngjawab sosial selain mencari keuntungan bisnis..

contohnya...
1. memberikan listrik gratis disaat krisis.
2. memasukan listrik hingga pelosok. (dr segi bisnis ini ga menguntungkan).
3. memberikan hasil utk negara.

itu aja yg ane rasa...
klo perush swasta yg pegang... mana mau dia lakukan itu semua klo ga da kompensasi...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Nggak naik kok cuma berubah harga
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Swasta bakalan kasih kenyaman buat warga kota. Kalo di kabupaten atau desa bakalan bikin warga jadi makin susah. Perusahaan swasta di desa mungkin mirip rentenir yg seeanknya kasih harga. Dan PLN ga bisa apa2 jg soalnya dia ga mungkin pasang dobel sama swasta. Ga efisien dan secara keuntungan sama sekali ga bikin untung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mas.markues dan 3 lainnya memberi reputasi
Siapa tahu ini miss komunikasi, "atas" bilang listrik gratis tapi "bawah" mikir gak mungkin listrik digratiskan. akhirnya apa? kebijakan tersebut dibebankan pada rakyat lagi. Seperti kata "ketua atas" selama pandemi tagihan motor digratiskan tak bayar, nyatanya? cuma yang berdampak covid saja.....emoticon-thumbdown Kebijakan - kebijakan tumpang tindih gak satu linier....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di