CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penggugat Meminta Agar Belajar Nyetir Otodidak Tak Dapat SIM, Begini Kata Hakim MK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4fd78fa2d19578446021c3/penggugat-meminta-agar-belajar-nyetir-otodidak-tak-dapat-sim-begini-kata-hakim-mk

Penggugat Meminta Agar Belajar Nyetir Otodidak Tak Dapat SIM, Begini Kata Hakim MK

Penggugat Meminta Agar Belajar Nyetir Otodidak Tak Dapat SIM, Begini Kata Hakim MK
Kemajuan teknologi mempermudah aktifitas masyarakat, hari ini kita bisa merasakan jika kemajuan teknologi terjadi di semua sendi kehidupan manusia. Seseorang berjauhan dengan orang terdekatnya? Bisa berbicara melalui telpon, Seseorang merasa bosan? bisa menonton TV untuk menghindari kejenuhan, Seseorang ingin mencari alamat? Ada Google Maps yang bisa membantu kita untuk menemukan jalan, Ingin berpindah dari satu tempat ke tempat lain? Ada kendaraan mulai dari motor, mobil, kereta, hingga pesawat terbang yang bisa menjadi sarana alat transportasi.
BACA JUGA: Saat Valentine, Beli Kond*m di 2 Kota Ini Wajib Tunjukan KTP

Dan bicara mengenai kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, setiap orang pasti melalui fase belajar terlebih dahulu untuk bisa mengendarai nya dengan lancar, belajar biasan nya dimulai di jalan yang sepi hingga kemudian berpindah ke jalan raya apabila telah dirasa memiliki kemampuan. Dan untuk sebagai bukti jika seseorang telah mampu mengemudi diperlukan sebuah dokumen berbentuk kecil yang diterbitkan oleh Kepolisian atau disebut dengan SIM (Surat Ijin Mengemudi).


Spoiler for Pasal 77 Ayat 3 UU LLAJ:

Dikutip dari detik.com dan Tribunnews.com (21/2/2020), Baru-baru ini sebuah pasal tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) di gugat oleh sepasang suami istri ke MK, Adapun pasal yang digugat adalah Pasal 77 ayat 3 UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ. Penggugatnya yakni Marcell Kurniawan dan Roslianna Ginting dan gugatan itu dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Selasa (28/1/2020). Dalam gugatan nya itu para penggugat meminta MK untuk menguji kembali kata belajar sendiri yang terdapat dalam pasal 77 ayat 3 yang mereka gugat.
BACA JUGA: 2 Wanita Seksi Pemeran Video Itu Akhirnya di Amankan
"Kita lihat implikasinya ialah kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena banyak orang belajar mengemudi tanpa melalui kursus mengemudi, atau juga kecelakaan yang terjadi saat orang belajar mengemudi tanpa didampingi oleh instruktur yang kompeten," kata Marcell Kamis (30/1/2020) seperti dikutip dari Tribunnews.com.
Spoiler for spoiler:


Dilansir dari Detik.com (21/2/2020), Gugatan itu akhirnya di sidangkan untuk pertama kalinya pada Rabu 19/2/2020 kemarin di Gedung MK, Jl Merdeka Barat - Jakarta Pusat. Dalam Sidang pendahuluan itu Hakim meminta agar penggugat menyiapkan legal standingatas gugatan nya, Dalam persidangan awal itu kedua penggugat juga mengaku mempunyai usaha kursus mengemudi.

"Kami juga bergerak di bidang instruktur dan asesor mengemudi, kursus mengemudi,"
kata Marcel di depan hakim pada 19/2/2020.
 BACA JUGA: Deretan Stadion Full Atap di Indonesia
Spoiler for spoiler:

Hakim MK Saldi Isra pun meminta agar para penggugat ini memperbaiki permohonan nya dan menyebutkan kerugian apa yang mereka alami dari berlakunya pasal tersebut.
"Nah, nanti Bapak jelaskan mengapa keberlakuan Pasal 77 ayat 3 itu dalam Undang-Undang Lalu Lintas bertentangan dengan Pasal 28A UUD 1945. Oh, kalau orang dibiarkan belajar sendiri nanti tempat kami terancam bangkrut, orang tidak mau, itu salah satu, dan Bapak harus juga jelaskan apa bedanya belajar menyetir itu dengan pendidikan" Ujar Hakim MK Saldi Isra.
BACA JUGA: Agan Setuju? Harusnya Sekolah-Sekolah Meniru Apa Yang Di Lakukan Lurah Untuk Dana Desa



Spoiler for spoiler:

Hakim MK Yang Lain yakni Daniel Yusmic juga meminta agar para penggugat mencantumkan data soal berapa banyak jumlah kursus mengemudi yang ada di Indonesia guna memperkuat dalil mereka.


"Apakah misalnya seluruh lembaga kursus ini tersedia atau tidak dari Jakarta sampai Papua, ada nggak saudara punya data soal itu? Sehingga bisa menjelaskan sebetulnya ini sudah ada lembaga kurus di mana-mana tapi tidak digunakan," ujar hakim MK Daniel Yusmic.


(SUMBER: detik.com, Tribunnews.com21/2/2020)


Ini kok lucu ya, seperti yang kita ketahui bersama, biasanya seseorang bisa menyetir mobil setelah ia belajar sendiri maupun belajar di tempat kursus mengemudi. Ini juga kondisional, jika seseorang mempunyai sanak keluarga atau dirumahnya sudah memiliki mobil biasanya mereka akan belajar nyetir dengan di ajari keluarga nya yang telah bisa mengemudi (selain waktu belajarnya yang bisa lebih fleksibel juga lebih hemat biaya) Sedangkan untuk mereka yang ingin belajar mengemudi namun tidak ada mobil, umumnya mereka akan memilih belajar ke tempat kursus. Tapi yah kita lihat saja nanti akankah MK menolak atau menerima gugatan itu. Kita selaku warga negara tentu menginginkan hal yang ter-baik dan ter-enak, Iya kagak??

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Quote:


CARI INFO LOWONGAN KERJA SE-WILAYAH TAPALKUDA JATIM?. FOLLOW IG @tapal.kuda yuk


profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dionlanang
Halaman 1 dari 10
Bah... Itu cuma buat untung²an pengusaha kursus mobil wkwkw.
Kalo dah punya mobil atau punya sodara yg mau ngajarin nyetir ngapain belajar di tempat kursus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ninipara dan 27 lainnya memberi reputasi
bagus yah tampilan sim barunya
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
harusnya lewat jalur pendidikan/kursus...
dan ane mau buka usaha kursus mobil, sepertinya menguntungkan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
david1094 dan 2 lainnya memberi reputasi
Dilansir dari Detik.com (21/2/2020), Gugatan itu akhirnya di sidangkan untuk pertama kalinya pada Rabu 19/2/2020 kemarin di Gedung MK, Jl Merdeka Barat - Jakarta Pusat. Dalam Sidang pendahuluan itu Hakim meminta agar penggugat menyiapkan legal standing atas gugatan nya, Dalam persidangan awal itu kedua penggugat juga mengaku mempunyai usaha kursus mengemudi.

Sampe situ paham? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ratpras dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
surat ijin mencintaimu emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TimTamRez dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh akunkece
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
akal2an yg punya usaha kursus mobil ja itu

toh blajar sama ortu/sodara/tmn yg udh mengendarai tahunan bhkn puluhan thn aman2 ja

tapi coba liat sanggahannya,
apa alasan utama yg jdi si penggugat nge gugat itu pasal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ratpras dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mbak vivin nya cantik
jumlah lakalantas menurut ane bukan masalah dia belajar di lembaga kursus mengemudi atau tidak

ini masalah mental pengemudi, mau dia kursus ditempat kursus terbaik
kalo memang mentalnya mental pengemudi ugal-ugalan mah tetep aje, sein kanan belok kiri, terobos lampu merah, berenti di rambu larangan berhenti, parkir di tempat larangan parkir

selain kursus nyetir yang lebih utama adalah ujian SIM yang gak boleh pake acara sogok-sogokan, gak ada acara nitip
kalo ada yang gak lulus ujian tulis, pihak berwenang WAJIB ngasih sejenis kursus pendek dulu, dan tidak berbayar, kan udah ada gaji bulanan
tinggal alokasikan 2-3 orang instruktur buat ngajar etika berkendara
gak cukup dengan demo safety riding di sekolahan atau di car-free day, gak semua orang ke car free day kali
ada orang kayak ane, yang libur kalo gak lagi di lapangan

sekali SIM "nembak", selamanya akan ada pelanggar lalu lintas dengan alasan yang tidak masuk nalar

salam lontong emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scytheedho dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
intinya supaya tempat kursusan laku

ye kan bre emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 4 lainnya memberi reputasi
intinya cuma satu : DUIT
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan kaiharis memberi reputasi
itu penggugatnya pengusaha kursus nyetir kah?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joelieouzt dan 4 lainnya memberi reputasi
Salah cok yg bener itu ga boleh dapet SIM hasil nembak dan kolektif wkwkkw.

mana sempet dia pelajarin aturan pas ujian dan kelok2 8.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NiesEdogawa dan 5 lainnya memberi reputasi
kalo tempat kursusnya oke, terus mobilnya udah dimodif setir sama pedalnya jadi dua mah oke banget emoticon-2 Jempol

tapi kalo modal instruktur doang mah mending diajarin orang lain gak sih??
profile-picture
profile-picture
elangbiru00 dan kaiharis memberi reputasi
nyimak dulu deh
Mungkin pertimbangannya harus dengan sekolah mengemudi ya karena keamanan dijalan kali ya, tapi kalo dimari malah jadi ada indikasi kemana mana
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
aneh, yang ada dipikiran si penggugat cuma cuan cuan cuan
langkah tak sehat ditempuh supaya membatasi orang belajar nyetir mandiri, takut amat rejekinya ilang
emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan kaiharis memberi reputasi
Quote:


Boro2 ada sekolah pengemudi, nanti kalo ada lahan ama sumber rejeki polisi dari bikin sim jadi berkurang, karena banyak yg cepet lulus
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tergantung orangnya yang nyetir sih, bukan karena kursus setirnya.
Apakah dalam kursus stir juga diajarkan psikologi saat berkendara?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
itu mah akal2n yg punya kursus mobil aja emoticon-Cool
biasanya yang punya mobil bapaknya anaknya belajar nyetir otodidak si, ga semua harus ke tempat kursus setir mobil
profile-picture
profile-picture
ninipara dan kaiharis memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di