CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Demi Transparansi, Harusnya Sekolah Negeri Meniru Apa Yang Dilakukan Oleh Desa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e455955349d0f07097d7920/demi-transparansi-harusnya-sekolah-negeri-meniru-apa-yang-dilakukan-oleh-desa

Demi Transparansi, Harusnya Sekolah Negeri Meniru Apa Yang Dilakukan Oleh Desa

Demi Transparansi, Harusnya Sekolah Negeri Meniru Apa Yang Dilakukan Oleh Desa
Sebuah Baliho di Desa Tanggul, Jember. sumber; Tribunnews.com

Pendidikan menjadi salah satu sarana sebagai media untuk memintarkan anak bangsa, dengan pendidikan yang bagus dan berkemajuan, maka kualitas Sumber Daya Manusia pun akan mampu bersaing dan dampak lain nya bisa membuat taraf hidup terangkat ke yang lebih baik. Beragam cara telah dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung dan menciptakan proses pendidikan yang unggul, salah satunya dengan memberikan porsi cukup besar untuk alokasi dana pendidikan.
BACA JUGA: Wanita Cantik Tewas Dibegal, Suami Jadi Tersangka

Spoiler for spoiler:


Seperti dikutip dari cnbcindonesia.com dan kompas.com (13/2/2020), Pemerintah rupanya tak main-main soal pembangunan Pendidikan, hal ini terlihat dari alokasi anggraran yang mencapai Rp. 508 Triliun untuk tahun 2020 ini yang bersumber dari APBN, angka ini lebih besar dari alokasi dana insfrastruktur yang mencapai Rp. 400an Triliuan, dan Dana kesehatan yang diangka Rp. 132 Triliun. Dana sebesar itu disalurkan melalui berbagai program dan tujuan, salah satunya melalui Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Namun meski Dana Pendidikan sebesar itu, masih ada saja sekolah negeri yang melakukan pungutan ke siswa dengan beragam modus.
BACA JUGA: Dua Wanita Seksi Pemeran Video Mandi Akhirnya Di Amankan

Spoiler for spoiler:

Seperti dikutip dari duta.co (13/2/2020), Baru-baru ini sebuah sekolah negeri yakni SMKN 1 PITU, Kec. Pitu, Kab. Ngawi Jatim sedang menjadi sorotan publik Jatim, mengapa tidak, meski pemerintah sudah melakukan pelarangan pungutan namun sekolah tersebut justru meminta pungutan iuran dengan beragam dalih ke para wali murid sebesar Rp. 900.000 per siswa.
BACA JUGA: Deretan Stadion Full Atap di Indonesia
Hal ini pun akhirnya menarik untuk dikulik, untuk apakah uang itu sebenarnya?. Hal-hal seperti ini sebenarnya perlu transparansi dari pihak sekolah (sekolah negeri dimanapun itu), mereka harus memperlihatkan sebenarnya sumber dana sekolah dari mana saja, dapat berapa, dan untuk apa dana itu dipergunakan. Walimurid menjadi salah satu pihak yang berhak mendapat informasi itu, karena Pemerintah tidak akan memberikan bantuan jika sekolah itu tidak ada muridnya.

Spoiler for spoiler:

Hal ini pun akhirnya membuat kita ingat dengan Program Pemerintah lain nya yakni Dana Desa, bagi agan-agan yang rumahnya di Desa pasti kerap melihat baliho besar yang terpampang di depan Balai Desa, Baliho itu merupakan bentuk transparansi dari pemeritah Desa kepada masyarakat soal dari mana uang desa berasal dan kemana uang desa itu dipergunakan.

Spoiler for spoiler:

BACA JUGA: Anis Yang Dibully, Kenapa Risma Yang Dihina?
Dalam Baliho Dana Desa biasanya disebutkan secara detail berapa jumlah uang yang ada, dimulai dari penyebutan pendapatan desa, hingga belnja keperluan desa yang dilakukan oleh Lurah. Deretan Program pembangunan pun tak luput dari Baliho yang harus terpampang di lokasi pembangunan. Dari Baliho inilah kemudian warga bisa mengetahui jika pemerintah desa telah melakukan apa saja untuk desa mereka.

Spoiler for spoiler:

Nampaknya hal serupa perlu juga di adopsi ke sekolah-sekolah, pemerintah atau kementrian terkait perlu kiranya untuk mewajibkan sekolah-sekolah membuat Baliho seperti di desa-desa. Hal ini penting agar wali murid tahu sekolah tempat anaknya belajar sedang melakukan hal apa. Dari Baliho ini juga diharapkan agar wali murid tidak "di kibuli" dengan adanya pungutan-pungutan dengan alasan ini-itu oleh pihak sekolah. Ingat, Tidak semua wali murid adalah orang berada.


(SUMBER:  cnbcindonesia.com 13/2/2020, kompas.com 13/2/2020, duta.co 13/2/2020)




Quote:


sumbangan buat guru honorer se-ikhlasnya



emoticon-Bingung (S)
proyek ini dalam pengawasan Gusti Allah

nah loh yang main pungut uang sembarangan urusannya langsung ke Yang Di atas


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di