dionlanangAvatar border
TS
dionlanang
Sering Insomnia? Coba Cara Ini Yuk, Siapa Tau Manjur dan Mudah Tidur

insomnia ilustrasi. sumber: kompas.com

Insomnia, yah mungkin itu istilah yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, jika mengacu definisi di KBBI, kata Insomnia di artikan sebagai keadaan yang tidak dapat tidur karena gangguan jiwa. Sedangkan definisi Insomnia menurut dunia medis seperti dikutip dari aladokter.comyakni bermakna  gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya.
Dikutip dari aladokter.com (26/2/2020), Adapun penyebab terjadinya insomnia bisa  disebabkan oleh banyak faktor seperti di antararanya: Karena stres, Depresi, Gaya hidup yang kurang sehat, hingga pengaruh obat-obatan tertentu. Mengalami Insomnia membuat begitu tersiksa, bagaimana tidak, disaat orang lain dimalam hari sedang terlelap tidur, penderita Insomnia justru masih melek dan susah sekali beristirahat, dan justru di pagi harinya ketika padat aktifitas para penderita insomnia kerap merasakan kantuk.
BACA JUGA: Harga Masker Naik, Aji Mumpung kah?

Spoiler for spoiler:

Akibat dari insomnia ini pun akhirnya para penderitanya kerap kali merasakan pegal ditubuh karena kurang istirahat, mereka juga sering susah fokus dalam menjalankan sesuatu. Namun tidak usah khawatir, berikut ada trik-trik mengatasi Insomnia menurut pengalaman ane dan dari beberapa sumber referensi lainya.
TRIK ATASI INSOMNIA

1. Biasakan teratur dalam waktu tidur.
Teratur dalam waktu tidur sangatlah penting, poin pertama ini sebenarnya lebih ke pencegahan dan menghambat insomnia datang kembali ke mereka yang telah bebas insomnia. Apabila kemarin agan tidur jam 9 malam, usahakan juga hari ini tidur jam 9 malam juga, begitupun seterusnya.
BACA JUGA: Inilah Deretan Stadion FULL ATAP di Indonesia
Spoiler for spoiler:

2. Kurangi atau Ganti Kebiasaan Ngopi di malam hari.

Kebiasaan ngopi dimalam hari bisa menjadi salah satu faktor penyebab susah tidur, alangkah baiknya kebiasaan ngopi dimalam hari diganti dengan kebiasaan minum susu atau teh. Kecuali bagi yang sedang ronda, gak masalah lah kalau minum kopi.
3. Usahan Aktif/Capek Saat Pagi Hari.
Hal ini juga penting, jadi jika sedang capek maka ini merupakan salah satu cara jitu agar cepat tidur.
BACA JUGA: Inilah Deretan Cover Majalah TempoYang Kontroversial
4. HABISKAN ROKOK
Bagi agan yang merokok, pasti jika malam hari saat susah tidur agan akan terus menghisap satu demi satu rokok yang agan punya, ini pun menjadi penyebab agan tetap melek. Coba deh kalau bisa, jam 9 malem rokok pastikan sudah habis dan tidak usah beli lagi, agar kalau tengah malam menjadi 'gangguk' dan akhirnya tidur karena tidak ada yang dikerjakan.

Spoiler for spoiler:

5. Hindari Beli Paket Internet Kuota Malam

Kuota malam biasanya cuma aktif di jam 12 malam hingga jam 6 pagi, ketika agan mempunyai kuota malam, maka ini akan cenderung membuat agan merasa "sayang sekali"kalau tidak menggunakan kuota malam itu, akhirnya agan sibuk scroll HP baik main medsos, steaming atau main game, yang akhirnya tak terasa waktu sudah terlewat banyak namun agan belum juga istirahat.
BACA JUGA: Ketika Foto Kejadian Banjir di Edit, Begini Hasilnya


6. Beli Obat Warung (Obat FLU)

Trik yang keenam ini mungkin agak nyeleneh ya, tapi kadang ini cukup manjur. Agan cukup pergi kewarung terdekat dan beli obat flu yang punya efek samping menyebabkan ngantuk. Biasanya ane beli yang bungkus kuning tuh, yang kalau di kampung ane Rp. 1500 udah dapet 2 biji. Minum satu aja dan rasakan kantuknya. 

Spoiler for spoiler:

7. Hindari nonton TV

Menonton TV dimalam hari tak jarang bisa membuat kita lupa waktu, oleh sebab itu mending hindari nonton TV. Ane bahkan sampai pernah menghilangkan 2 chanel TV di Televisi ane yang kerap jadi tontonan kalau malem demi bisa menghilangkan insomnia.

8. Uninstall Game

ini merupakan cara Ekstrim, cara terberat, namun tidak berisiko. paling resikonya tangan cuma gatel aja gak bisa mabar. tapi bisa dicoba juga, Uninstall game yang kerap agan mainkan jika malam.
BACA JUGA: Ngaku TNI AL, Kuli Bangunan Berhasil Setubuhi 5 Janda Termasuk Bu Dosen

9. Jangan Makan Berat Diatas Pukul 7 Malam

Ini penting gan, banyak orang yang bilang jika kalau lagi laper itu susah sekali tidur, namun saat perut kenyang kita juga kadang susah tidur. Jadi yang enak adalah yang sedang-sedang saja, tidak sedang laper maupun tidak sedang kenyang. Demi apa? Demi biar bisa tidur kalau malem.

10. Beli Obat Tidur dan Konsultasi ke Dokter.

Ini merupakan cara terkahir yang ane sarankan jika ke sembilan saran sebelumnya tetap tidak manjur.

(SUMBER: aladokter.com, Pengalaman Pribadi)

BERANI COBA??

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Quote:


Diubah oleh dionlanang 26-02-2020 17:36
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.1K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan