Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Yuk kita mengenal lebih dekat tentang BUMDes
Dalam rangka menopang perekonomian suatu Negara, Suatu Negara mempunyai perusahaan tersendiri untuk menambah penghasilan Negaranya melalui non pajak, di negara kita perusahaan yang dimiliki negara dikenal dengan nama BUMN atau persero. Lalu bagai mana di daerah wilayah seperti Provinsi atau Kabupaten? Pemerintah Daerah mempunyai BUMD yang mempunyai peranan untuk menambah penghasilan daerah selain pajak. Selama ini kita lebih mengenal BUMN dan BUMD, namun pernahkah terbesit dalam pikiran kita bahwa di Desa-Desa pun punya seperti BUMN dan BUMD yang mempunyai peranan dalam mengembangkan perekonomian Desa? apakah namanya? Namanya BUMDes Gan Sis, emoticon-Big Grin Lalu apa sih BUMDes Itu?



Quote:



Dari pengertian diatas kita dapat mengetahui bahwa BUMDes merupakan badan usaha yang dimiliki oleh Desa yang berfungsi untuk mengelola aset dan kekayaan Desa guna untuk mensejahterakan masyarakat Desa. Masih menurut UU No 06 Tahun 2014 tentang Desa,  Prinsip yang dijalankan oleh BUMDes berdasar  pada semangat kekeluargaan dan gotong royong. BUMDes dapat menjalankan kegiatan usahanya dalam bidang perekonomian atau pelayanan umum yang berdasar pada undang-undang. Hasil dari Usaha BUMDes ini nantinya bisa digunakan untuk mengembangkan BUMDes itu sendiri dan juga bisa digunakan untuk kegiatan sosial yang berkaitan dengan kesejahteraan desa meliputi pembangunan Desa, Pemberdayaaan Masyarakat Desa dan sebagainya.


Quote:






Quote:



Demikian tulisan TS kali ini, semoga bermanfaat bagi agan dan sista semuanya. ada tambahan atau masukan? silahkan sampaikan di kolom komentar emoticon-Big Grin

Quote:



SAMPAI JUMPA DI TULISAN LAINNYA


Quote:








Diubah oleh tafakoer 28-02-2018 08:05
0
3.4K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan