CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lulus Kuliah 7 tahun, IPK pas2an, nganggur 3 tahun, sampai sekarang belum kerja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56fa529d642eb66d368b456d/lulus-kuliah-7-tahun-ipk-pas2an-nganggur-3-tahun-sampai-sekarang-belum-kerja

Lulus Kuliah 7 tahun, IPK pas2an, nganggur 3 tahun, sampai sekarang belum kerja

Tampilkan isi Thread
Halaman 90 dari 102
Rame juga bre, udah banyak saran juga emoticon-Embarrassment
usahanya kurang kali gan
coba lagi, masa aja 7 taun ga dapet-dapet?
cari ke temen kuliah dulu atau bahkan temen TK, hubungi mereka yg punya kerjaan dan lowongan
srasa mau nangis saya gan emoticon-Mewek soalnya itu curhatan agan 11-12 sama saya gan, cma bedanya sama masih 26 tahun, tapi intinya masih sama, sampai skrg saya masih menampung dari orang tua,, walau kadang2 saya membantu orang menjaga warnet untuk mendapatkan uang jajan emoticon-Mewek tapi salut buat agan, ada niat buat usaha, saya jadi terinspirasi jga emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Ane kuliah 6 tahun 9 bulan, ipk g nyampe 2.7 , ane nganggur cuman 3 bulan gan.
Emang sih pas wawancara ane ditanyain ngapain aja lama dikampus, ane cerita, ane kerja serabutan, Mulai jadi guru privat, sampe jadi reseller 😂.

Pas sarjana ane sempat mikir, emang ada perusahaan yg mau ngasih kerjaan kek lulusan macam ane ? Gr2 itu ane janji, g bakalan pilih2 pekerjaan, mau ada namanya atau tidak asal bisa kerja aja ane mau, soal gaji ato karir, urusan belakang.

Skrng ane masih kerja di perusahaan yg terima ane setelah ane sarjana gan, gaji dan jejnjangkarirnya sih emang g kek temen2 ane di bumn ato perusahaan lain, perusahaannya pun ke il gan, tapi ane tetap syukuri kok, setidaknya ane dapet ilmu, pengalaman dan relasi.

Saran ane gan, terus bangun relasi, entah sambil usaha atau sambil melamar. Coba hubungi temen2 agan waktu sma atau kuliah, jangan malu gan, disini agan g minta duit agan g ngemis, tapi minta info kerjaan.

Dan jangan patah semangat, rejeki udah diatur, tinggal usaha sama doa gan.

Lulus Kuliah 7 tahun, IPK pas2an, nganggur 3 tahun, sampai sekarang belum kerja

kar43ng
Tsnya gk brani ngibulin hrdnya sich, bikin aj alesan ortu sakit kek, susah ekonomi kek, smpet kerja serabutan apa kek lah buat nutupin knp lama lulus kuliahnye, masa diem aje, ya ketauan lo mls wktu kulnyeemoticon-Gila
Quote:


Komennya pedes tapi keren gan!! Ane sepakat

Yep bener gan, urusan perut itu jgn ngikutin gengsi...
Gengsi g bisa ngasih makan.

Mantan Bos ditempat ane ( level site manager, kebetulan ane akrab karna sekampung ) sempat resign karena alasan pribadi, sebenarnya dgn pengalaman dia banyak yg nawarin untuk jabatan sama, tapi dia g bisa karna alasan yg sama untuk dia resign. akhirnya dia jadi sales perlengkapan pabrik gan dengan gaji 1/6 gajinya dulu, ane tanyain lweat bbm, dia bilang "buat penglaris, haha. Daripada nganggur moga aja ni bisa jadi pancingan buat kerjaan yg laen" gile, ane kaget bacanya gan. Setelah pindah2 kerja, ane dikabarin Skrng dia kerja di kontraktor swasta jadi chief engineering.


Diubah oleh kar43ng
intinya jgn putus asa gan, coba aja ngelamar di perusahaan kecil2an dulu
nanti toh bisa naik jabatan emoticon-Malu (S)

singkat cerita nih :
sodara ane, umur 22 (lulusan SMA) ngelamar di BANK swasta di surabaya sbg cleaning service
setelah ga sampe 2th naik jabatan kek staff gitu

rencana tuhan ga ada yg tau gan emoticon-Blue Guy Peace
selalu berusaha gan
Quote:


Ane sama gan. Ipk ane 2,75. kuncinya jangan terlalu pilih pilih gan. Ambil kesempatan kerja yg ada. Di perusahaan kecil pun gk apa asal sesuai sama jurusanmu. Cari pengalaman dulu, sambil cari yg lebih baik. dulu ane begitu lulus ane ngelamar perusahaan kecil dulu. Cari pengalaman sama tolah toleh Kalau ada lompatan kerjaan yg lebih baik. Sekarang ijazah ane malah gk kepakai gan. Ane ngelamar kerja di bumn pakai ijazah sma. Sambil liat liat siapatau ada kesempatan lompat ke kerjaan yg lebih baik lagi.
Bnayak usaha , bersabar , dan berdoa ganl emoticon-Toast
Umur ane skarang 25 n lulus smk taun 2010 ijazah ga kepake gan
Dari taun 2010 bantuin bokap jd tukang sanyo
Malu sih kalo liat temen2 yg seangkatan bisa kuliah, kerja d pabrik, ato kerja kantoran yg pake kemeja rapih
Cz ane bantuin ortu yg lg klabakan ngurusin usaha ny itung2 balas budi cz doi nyekolahin ane sampe lulus
Ga ada gaji tetap ga ada THR
Mau nyari kerja kasian bokap ga ad yg bantuin
Kalo nyari pegawe dari luar mah barang abis duit abis
Tp dari situ ane jd dapet life skill gan
Ilmu emang ga berat d bawa
Ane slama 2010 nabung
N skarang udh bisa buat buka usaha sndiri
Ane rncana mau buka service dinamo 3 phasa, pompa air, sama AC
Rncana taun depan ane mulai ny

Yg penting mah punya skill dulu gan
Jgn gengsian
Kalo udh punya keahlian mah mau d simpen dimana aja juga ga bakal susah dapet duit
Jangan menyerah!
Sedekah diperbanyak gan, ama shalat Malam.
Sedekah gan, insha allah akan dibalas, jangan takut, Allah SWT yg janji emoticon-Big Grin
Kerja yang biasa2 dulu aja gan, asal dapet
Atau kalo ga minta bantu relasi agan untuk bisa masuk ke tempat mereka, setidaknya punya pengalaman kerja dulu an..

Sukses dan terus berjuang ya gan emoticon-Toast
SEMONGKO GAN !!!

SEMANGAT SAMPE BONGKO !!!!

Saya hanya lulusan SMA, kuliah di salah satu Univ katolik terkenal di Sby. cuma sampe semester 5... karena gila modif motor jadi uang kuliah kepake di motor. selepas ga kuliah itu, ane cari kerja dan kebetulan ada temen yang buka warnet di daerah manyar. Jadilah ane operator warnet, nah karena ketemu dengan passion saya makanya saya bela-belain pulang malam biar bisa ketemu sama teknisi warnet untuk belajar. 3 tahun lamanya saya menjadi operator warnet, dan karena ditawarin gaji yang gede, ane pindah ke koperasi dari tropodo sidoarjo. Selama 5 tahun ane marketing hingga menjadi supervisor area. Akhirnya kantor tutup karena ada masalah finansial, ngelamar lagi dan ketemu nusanet salah satu provider internet di surabaya. Disana ngelamar jadi marketing dan ane happy karena berkutat dengan IT lagi... tetapi hanya berjalan 11 bulan... dikarenakan ada urusan keluarga yang harus lama di luar kota.. sebaliknya di Surabaya... ane ngelamar di Tretes Treetop.. salah satu wahana outbound di Tretes, ane menjadi manager Marketing. Disitulah kepercayaan diri tumbuh sehingga bisa menimba ilmu.... tetapi ada masalah lagi dengan kebijakan perusahaan maka saya keluar... Sempat ada lowongan di SUTINDO untuk IT, melamar, tes dan interview sampai nego gaji . Tetapi alangkah kagetnya, dikarenakan background SMA dan pengalaman bekerja di bidang marketing 8 tahun saya diminta untuk menjadi marketing. Saya pun menolak, dan beruntungnya saya sekarang saya menjadi IT di salah satu Media Cetak Di Surabaya.

maaf cerita panjang lebar, intinya gan... Kalau gara2 S1 pengen langsung kerja enak itu susah gan jaman sekarang, kalau ga ada kenalan di dalam. Lebih baik... daripada nganggur dan ga enak dilihatnya... kerja dulu yang penting halal..dan ada pemasukkan...

Tetap Semangat gan !!!!.... Jangan MENYERAH !!!

Ooo iya lupa... teman seangkatan dari SD lulusan kedokteran Umum Di Surabaya, awal mula lulus ga langsung keja dokter....malah jadi Karyawan SPBU dulu... katanya cari modal buat ijin prakteknya atau apalah... sekarang sudah praktek sosial sendiri...
Diubah oleh :+:+:+:+:
Quote:


nah itu mantan bos agan bisa jadi inspirasi tuh, nyari kerjaan ga pilih pilih justru ngebuka banyak kesempatan baru, relasi baru,
TOP deh mantan bos agan
:jempol
makasih gan buat tritnya...

ane lulus kuliah 4.5 tahun, telat karena emang harus nyelesein internship di perusahaan selama satu semester. jadi pas semester 9 baru bisa garap skripsi. alhamdulillah, 5 bulan kelar, sisa sebulan terakhir untuk sidang-sidang dan hasilnya memuaskan. pas kuliah, ane join organisasi ini-itu, duduk sebagai ketua ini-itu, ikut volunteering, ikut student exchange ke luar negeri, memperluas network, magang-magang pas libur kuliah dengan motivasi untuk nambah uang biar bisa shopping dan liburan dan nyari pengalaman.
lulus dengan ipk yang sangat memuaskan dan 'segudang' prestasi ane selama kuliah membuat ane di atas angin. dua bulan setelah lulus ane apply ke perusahaan besar. nggak ada yang keterima. ane masih woles karena merasa ane ini adalah hot offer bagi perusahaan. sampe akhirnya ane capek ikut interview seminggu bisa sampe 2-3 kali tapi nggak ada hasil yang memuaskan sementara banyak temen ane yang sekali tembak, langsung ditawarin kontrak.
sekarang udah 5 bulan ane nganggur. depresi gan. di rumah nggak ngapa-ngapain, temen lain banyak yang udah sibuk 'meeting' lah, ketemu klien lah, lembur lah.... tiap hari kali gan ane nangis. kok kayaknya ane unqualified banget ya, kok kayaknya apa yang ane lakuin dulu semasa kuliah useless banget ya...

trit agan menyadarkan ane. apa yang ane rasain sebenernya nggak ada apa-apanya dibanding pengalaman agan dan agan-agan lain. parahnya, kesusahan ane adalah buah dari kesombongan ane sendiri. ane kebanyakan ngeluh, kurang bersyukur. baca trit ente, ane jadi kayak ditampar.

poin ane, dan ane yakin ente paham betul ini, sebagai manusia kita cuma bisa usaha dan berdoa. sisanya tinggal serahin ke Allah SWT. tetap rendah hati, tapi tetap positif thinking someday bisa dapat apa yang terbaik. semangat gan, pengangguran bukan cuma kita aja. banyak. mungkin banyak yang lebih perlu pekerjaan dibanding kita.

semangat gan. insya Allah sukses.

i know exactly how you feel man !

ane kuliah tahun 2009 - 2014 (5 tahun),
harusnya ane kuliah 2008, berhubung wktu itu biaya sulit, ane lanjutin bimbel selama setaun, dengan harapan setelah bimbel bsa masuk univ negri terkemuka,

sebenernya ane lulus sma ikut snmptn keterima di unsri fak hukum, tapi ga ane ambil krna biaya,
2009 ane ikut snmptn, dapet unsoed fak isip, kerjaan ane kuliah mabok gan, alhamdulillah lulus ipk 3,05.
setelah lulus ane lamar perusahaan gede sana sini (bumn - swasta), tapi mentok ditahap akhir mulu,
selain perusahaan gede, ane jga ngelamar diperusahaan middle, ane keterima di mcf sbgai MT, ga ane ambil, ketrima lagi di panin bank sbgai cust service, gak ane ambil, ketrima di bukopin, sbgai cust serv ga ane ambil, ketrima di bri, sbgai cust service ga ane ambil lagi, sampe akhirnya ga terasa ane udh nganggur 1,5 tahun, ane sadar ane picky, pilih2 ketiban gengsi karna rata2 lingkungan ane masuk perusahaan gede semua.
nganggur ane ga megang duit, malu sama diri sendiri, ortu, pacar, tetangga.
akhirnye ane mutusin utk masuk diperusahaan kecil, bpr kredit mandiri sbgai MT, ane ketrima, tapi ane ga lolos pendidikan MT, akhirnya jadi credit analyst, 6 bulan ane sbgai CA di BPR, ane ambil ilmu sebanyak2nya, masalah legal, negosiasi, pemasaran, hingga operational. alhasil 6 bulan ane kerja sembari belajar, ane tes di astra credit company, alhamdulillah lolos, walaupun sbgai surveyour, hingga kini udh berjalan 2 bulan.

intinye, ente pilih2, ente ga pede, dan ente ga bertindak.
daripada nganggur bengong ga bikin kenyang, mending ente bertindak, masuk belajar dan berkembang.
itu aja sih saran ane, maap kalo sotoy, cuma mau share.
sayang gan kenapa ane baru baca trit kayak agan sekarang kalo ane baca trit agan beberapa taun lalu mungkin ane ga akan begitu merugi emoticon-Mewek

kalo ane masih kuliah gan semester akhir umur ane 21 walaupun kuliah rada ga bner alhamdulilah setiap semester ane lulus dan ga ada mata kuliah yang di ulang

setelah melihat trit ente ane baru sadar ane nyesel harus nya ane bisa belajar serius taun kemarin biar bisa dapet nilai tinggi sekarang yang ane bisa cuman mengerjakan skripsi sebaik mungkin

saran ane ke agan jangan cepet nyerah gan peluang pasti masih banyak di luar sana tinggal ente terus usaha nyari sisanya serahin ama yang di atas
Agan gk kepikiran buat startup? emoticon-Smilie
menurut ane klo kt punya niat mau kerja ya coba apa aja..paling deket tanya saudara/ttangga ad kerjaan ga..klo kasarnya adanya kerja kuli ya gpp kuli ga ush gengsi ama S1nya..klo emang niat mau kerja lho ya..klo mending nganggur ya udah santai aja..itu pilihan agan tergantung niat...
Diubah oleh aremdaun
Halaman 90 dari 102


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di