nanti ane cariin.. angle nya kok tinggi banget.. paling maks aku timing di 34.. jangan tinggi2 mx mah.. gak cocok kecuali kompresinya tinggi..
artikel menarik untuk mendevelop cylinder head yang mumpuni.. selain flowbench.. http://www.carcraft.com/techarticles/116_0612_cylinder_head_flow_bench/index.html
eh maap.. ini mesin std yah ? ambil aja patokannya BRT, karena peak power di 8500 - 9000 turun top timingnya dari 9000, 9500, 10000, 10500.. start dari 27 di 2000 rpm, 32 di 3000 trus naik step by step sampai 9000, dicari aja yang paling enak.. kalau gak salah di 4000 rpm udah 34
itu di BJM diterapin di matic bro.. kalau kompresinya tinggi dengan kondisi distroke up biasanya ga awet.. jadi biasanya diameter piston gak akan terlalu besar.. putaran bawah dibantu dengan long stroke tadi (hukum tuas pengungkit).. atasnya dibantu pakai bore besar.. jadi memang harus low comp ...
betul bos.. coba liat spec motor2 yang selama ini dikenal tukang 'lari' seperti FU, CBR.. pasti desainnya overbore alias diameter piston > langkah stroke.. salah satu aspeknya ya itu tadi mengejar rpm atas.. lantas kenapa di rpm bawah biasa2 aja karena analogi langkah stroke itu mir...
biasanya yang dihitung sih piston karena skirt bawahnya toh bersentuhan dengan boring nya dengan clearance harian biasa nya 0.05 mm squish pad itu yang ada di head bagian yang rata di sekitar kubah bakar.. kompresi memang padet bos tapi masalah efisien atau tidak kan beda perkara yah ? lgpula k...
yang 2nd mesti kuliat dulu kondisinya, yg barunya masih terbungkus plastik ama dus yamahanya.. sisa stock.. mau ?.. mau ?
borenya kan diasumsiin sama dengan diameter piston :) 22/21 atau 23/21.. diliat2 ternyata bener sesuai buku Flowbench klep buang idealnya 0.77 - 0.80 persen klep masuk.. pakai 22/19 powernya terlalu diatas.. 22/18 malah lebih enak.. kalo piston dome kurang optimal buat pembakaran bos.. soalnya ...
kalo 178 cc kan ga usah naik stroke bos.. tinggal pake 62 mm trus pake rumus itung isi silinder kan phi x r2 x t = 3,1416 x 961 x 58,7 = 177,3 cc.. trus terang naik stroke kalau masih pakai pen stroke belum berani secara hitungan cam nya nanti riset lagi rada males... itu pake knalpot std terpa...
yah begitulah, kalau di ekonomi kita kan belajar ada 'trade off' sama 'law of diminishing return' gunanya riset ya kita cari titik optimal nya dimana.. (tapi butuh sumberdaya hahaah).. cc nya cuma 178 cc kok pake seher 62.. sebenernya dulu sempet dapet yang piston tipe dish (...
pakek kruk as MX baru hahahaah makanya bro kan mesti proporsional, tapi sejauh ini jarang yang sanggup ngerjain, baru Taiwan/Thailand yang sanggup untuk asia itu juga yang riset buat T135 mah gak ada, kebanyakan matic (katanya di Jateng/Jatim ada tapi baru 'katanya'), kalau u/ luar ne...
Ya kruk as lbh berat cocok buat torsi cm kerja stang sm piston jg lebih berat u/ menggerakkan kruk as, jd mmg mesti proporsional, guna rpm tinggi ya u/ ngejar speed lah bro, tp kruk as mx lama msh oke kok itu biarpun turun di rpm 10rb ke atas msh lbh gede dr peak power mx std dijamin ngibrit
yah kalau ga mau jatuh gitu kruk as nya mesti diberatin lagi dikit biar imbang sama piston.. jadi torsinya naik.. tapi ini aja udah cukup kok.. yang FU drag juga kurva nya pada begitu.. kalau mau datar banget jangan pakek kruk as standar pabrikan..
lumayan naik 0.5 HP dari sebelumnya, torsi lebih merata.. efek mengecilkan klep buang pakai klep TK dan perbaikan porting... tembus lebih dari 13 ribu rpm untung sempet disetop takut meleduk.. Uploaded with ImageShack.us
kalo berebet biasanya sih malah kebanyakan bensin, kalau ngempos baru kurang bensin.. cobain pilot nya turunin ke 35, main jet 110 kalo masih brebet jarum skepna klipna naikin satu step.