KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kappa, Sosok Yang Bertanggungjawab Atas Hilangya Anak-Anak di Jepang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62c4ec818a676a004d2bd0f1/kappa-sosok-yang-bertanggungjawab-atas-hilangya-anak-anak-di-jepang

Kappa, Sosok Yang Bertanggungjawab Atas Hilangya Anak-Anak di Jepang

Kappa, Sosok Yang Bertanggungjawab Atas Hilangya Anak-Anak di Jepang
Dalam cerita rakyat tradisional Jepang ada sebuah makhluk aneh yang dikenal sebagai Kappa. Hampir semua di wilayah kepulauan di Jepang cerita Kappa selalu identik dengan sosok siluman air. Namun, tergantung pada wilayahnya, mereka juga dikenal dengan nama yang berbeda-beda seperti kawappa, gawappa, kogo, mizushi, mizuchi, enkoō, kawaso, suitengu, dan dangame. Kappa adalah salah satu jenis yokai yng merupakan penyebutan hantu atau siluman di negara Jepang.

Insiden Roswell, Apa Yang Sebenarnya Terjadi?

Kappa adalah siluman atau hantu air yang hidup di sungai, kolam dan danau di Jepang. Mereka berwujud seperti manusia dan dalam beberapa ilustrasi mereka juga dapat terlihat seperti monyet. Mereka kadang-kadang digambarkan memakai cangkang kura-kura dan sebagian besar mereka digambarkan sebagai makhluk dengan penampilan reptil.
Kappa, Sosok Yang Bertanggungjawab Atas Hilangya Anak-Anak di Jepang
Bagian terpenting dari tubuh Kappa adalah mereka memiliki semacam tempat penampungan air di tengkorak mereka, yang menjadi sumber kehidupan mereka. Jika wadah air itu mengering, Kappa akan mati kecuali tempat itu diisi ulang dengan air. Dan itulah mengapa salah satu cara untuk membunuh mereka adalah dengan cara membungkukkan badan memberikan hormat pada mereka.


Kappa akan segan jika orang yang mereka temui sangat sopan, sehingga mereka akan membungkuk, mengakibatkan air di tengkorak mereka mengalir keluar. Dan jika manusia yang mereka temui membantu mengisi ulang wadah air itu, mereka akan selamanya berterima kasih kepada orang itu. Tetapi jangan sampai lengah dengan tipu daya Kappa.
Kappa, Sosok Yang Bertanggungjawab Atas Hilangya Anak-Anak di Jepang
Meskipun mereka sangat sopan pada orang tertentu, namun kappa tetaplah makhluk siluman yang berinsting jahat. Sesuatu yang sangat disukainya adalah anak-anak dan mentimun, kappa suka memangsa anak-anak yang bermain di sungai, danau dan kolam. Dalam banyak cerita rakyat di Jepang, siluman air kappa bertanggung jawab atas tenggelamnya banyak anak yang tidak berdosa.


Kappa konon memakan organ pencernaan mereka yang berbentuk semacam bola yang terletak di usus anak-anak. Beberapa ada yang menyebutkan bahwa kappa juga tertarik pada jiwa anak-anak kecil yang masih polos dan tidak berdosa. Untuk melindungi diri dari Kappa, para keluarga dan anak-anak di Jepang akan membuang mentimun ke kolam, danau atau sungai, untuk menjaga anak-anak mereka agar aman dari gangguan kappa. Bahkan sampai ada variasi dari makanan sushi yang disebut Kappa Maki, yang dibuat khusus dengan mentimun. Menurut beberapa tradisi, kappa juga takut dengan api.
Kappa, Sosok Yang Bertanggungjawab Atas Hilangya Anak-Anak di Jepang
Menurut cerita rakyat Jepang, asal usul kappa ada hubungannya dengan tradisi Jepang kuno yang membuang bayi yang lahir mati, meletakkan tubuh mereka di wadah kecil dan kemudian wadah tersebut dihanyutkan di sungai.


Legenda tentang kappa sekarang telah sedikit diubah, sehingga orang tidak lagi menganggapnya sebagai ancaman seperti di masa lalu. Di masa lalu beberapa kuil benar-benar dibangun untuk menghormati kappa setiap kali mereka membantu sebuah desa. Namun, mitos asli kappa yang menyeramkn masih diingat di sekitar sungai, di mana tanda-tanda peringatan dapat ditemukan.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
profile-picture
sposolo memberi reputasi
Diubah oleh ashibnu
Halaman 1 dari 3
Nice info emoticon-Jempol
Selalu perhatikan saat anak kecil bermain. Jangan sibuk main hp terus anaknya hilang
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
Taunya kappa pasangan yg sedang bingung merenung emoticon-Malu
Kappa, Sosok Yang Bertanggungjawab Atas Hilangya Anak-Anak di Jepang
profile-picture
zzainal memberi reputasi
Diubah oleh anoezar
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Kawamatsu opemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Busyet ilustrasinya ngeri amat tuh gans, ditusuk dari belakang lo. Ternyata naruto belajar dari kaappa ya ini gans, untuk jurus andalannya waktu kecil
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
Monster jepun emoticon-Smilie
buset ditusbol... ngeri banget... emoticon-Takut
Tau kappa merk box motor
mulustrasiny ngeri bener emoticon-Hammer2
Beneran gak sih ini?
gw pernah denger cerita temen gw, pas dia pesantren dia keluar area pondok putra buat ngintipin cewek mandi di pondok putri. Di belakang kamar mandinya ada semak belukar yg ujungnya rawa2 gitu. makanya jarang ada yg berani kesitu. pas dia asik ngintip dia nengok ke kanan ternyata di sebelahnya juga ada yg ngintip, orangnya botak(bukan gundul), badannnya aagak bungkuk dan pendek. trus temen ane negor dia "ngintip juga kang, dia gak jawab dan ga nengok cuma balik badan ke arah rawa dan menghilang dibalik semak belukar. makanya pas baca thread ini langsung gw inget cerita temen gw ini.
gw jadi mikir, apa temen gw ini ngarang cerita dengan tema si kappa ini. atau dia emang bener2 ngalamin kejadian itu..
emoticon-Bingung
profile-picture
provocator3301 memberi reputasi
Diubah oleh anggeo
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
kenapa disini gak ada urban legend kappa ya? kenapa cuma di jepang?

terus klo sosoknya digambarkan jelas baik dari ilustrasi atau sekedar omongan warga, berarti udah banyak yg liat dong??
Onggo inggi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
gua kirain givi bor.
Apa ada hubungannya dengan Gen-An (Genan Shiranui) legenda Jepang di samurai shodown ?
Diubah oleh semongko...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kappa, Sosok Yang Bertanggungjawab Atas Hilangya Anak-Anak di Jepang mukanya konyol emoticon-Big Grin
profile-picture
kopiko0385 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cerita rakyat setiap negara berbeda beda dan menarik. ini sebagai gambaran bahwa anak kecil tidak boleh bermain di sungai
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
siluman kodok ni kalo disini emoticon-Takut (S) ___________ emoticon-Ngacir
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oh ini mirip si koppa nya mario bros, yg culik putri kerajaan itu
Kirain...

Kappa, Sosok Yang Bertanggungjawab Atas Hilangya Anak-Anak di Jepang
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di