CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / Games /
[Review] Eastward, game dengan gaya unik nan memanjakan mata
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/619f660cbbea1523390a6b31/review-eastward-game-dengan-gaya-unik-nan-memanjakan-mata

[Review] Eastward, Game Dengan Gaya Unik nan Memanjakan Mata

[Review] Eastward, game dengan gaya unik nan memanjakan mata

Eastward, dikembangkan oleh Pixpildan diterbitkan oleh Chucklefish, penerbit game yang sama dengan game Stardew Valley ini terpusat pada kisah seorangan karakter bernama John dan anak angkatnya bernama Sam yang merupakan penambang yang tinggal di Pulau Potrock. Sehari-hari, mereka bekerja sebagai penambang logam. Nah, oleh penduduk asli Potrock, mereka diberi tahu bahwa ada banyak bahaya dan keanehan yang terjadi di dunia luar. Namun, cerita-cerita macam itu tak menghalangi keduanya untuk keluar dari Potrock.

1. Petualangan dimulai dari tempat terpencil bernama Pulau Potrock.

Permainan dibuka di sebuah kota kecil bawah tanah di Pulau Potrock, sebuah kota yang dihuni oleh para penambang, petani, dan diperintah oleh walikota yang jahat dan haus kekuasaan. Ini adalah tempat yang dihuni oleh penduduk yang miskin, meskipun begitu tetap memiliki daya tarik, makanan yang murah, masyarakat yang ramah dan penuh kasih, tempat yang cukup menyenangkan meskipun bukan tempat yang ideal untuk ditinggali.

Pada awalnya, plot tampak lambat dan cukup membosankan, cukup banyak dialog dengan aksi yang minim. Namun, dengan berjalannya waktu dialog-dialog tersebutlah yang nantinya akan membantumu memahami jalan cerita yang ingin disampaikan dalam game ini, hingga tiba saatnya kamu masuk ke bagian aksinya yang menuntutmu untuk memukul berbagai jenis monster siput dengan wajan penggorengan, ya, wajan penggorengan.

2. Game unik dengan gaya Pixel Art dan Latar Belakang Musik yang asik.

Dikembangkan oleh pengembang game asal ShanghaiPixpil, dan diterbitkan oleh Chucklefish, penerbit game yang sama dengan game Stardew Valleyyang juga mengusung gaya yang sama, membuat salah satu daya tarik Eastward adalah disain dari dunianya maupun Latar Belakang Musiknya.

Gaya Pixel yang hidup dan juga sangat kreatif dikemas dengan detail yang sangat baik seperti beberapa animasi air mengalir, logam berkilauan, atau bahkan kipas berputar lalu diiringi musik yang nyaman untuk didengar membuat siapapun yang memainkannya betah berlama-lama mengeksplorasi dan menikmati pemandangan yang disajikan.

Selain itu, Latar Belakang Musik juga menajdi daya tarik dari game ini, meskipun pada dialog tidak menyertakan pengisi suara, Eastwardjustru mampu tampil dengan kualitas musik dan detail yang sangat baik, detail suara pendukung seperti suara lampu yang korsleting, suara musuh yang misterius, dan suara pembangkit suasana yang terdengar pas di telinga.

Namun, terlepas dari disain dunia dan musik yang disajikan di dalam game, gaya seperti ini mungkin akan berakhir pada sebuah kesan yang relatif. Jika dari awal kamu sudah membandingkan Eastwarddengan game bergrafis full 3D, tentu game ini tidak akan masuk ke dalam ekspektasi. Tapi, bagi kamu yang suka game dengan gaya Pixel Art dengan Latar Belakang Musik yang indah ala JRPG Klasik, mungkin game ini bisa masuk daftar game yang harus kamu mainkan.

3. Kesimpulan

Meskipun berlabel Game Indie, Eastwardbisa dijadikan sebuah contoh bahwa para pengembang game indie sebenarnya dapat menghasilkan karya-karya yang bagus dan unik ditengah-tengah gempuran persaingan di dunia game saat ini.

Mengusung plot cerita yang ringan dan mudah dimengerti, dengan gaya unik ala game klasik dipadu musik yang nyaman didengar membuat Eastward layak untuk dikoleksi bagi pencinta RPG.

Dengan membutuhkan ketersediaan memori yang hanya 2GB-an saja serta spesifikasi PC yang tidak begitu tinggi makin menambah daya tarik game ini untuk dimainkan. Game ini tersedia untuk Nintendo Switch, macOS dan tentu saja, PC.


Gameplay singkat:



Spoiler for Screenshot game::


Diubah oleh akuanakgembala9
Eastward rilis tanggal 16 September 2021
Diubah oleh akuanakgembala9
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
casual 2d, patut di coba
profile-picture
akuanakgembala9 memberi reputasi
kok ane search di google play gak ada yah?
profile-picture
akuanakgembala9 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau diketerangannya hanya tersedia untuk platform kaya Windows OS, Nintendo Switch dan macOS saja gan.
Very good old fashioned game, simple but effective gameplay.
profile-picture
akuanakgembala9 memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di