Bagaimana kondisi suara motor agan saat dipakai sehari-hari? Sebagian orang mungkin menjawab,
ya masih normal-normal saja. Selama suara klotok-klotok ini tidak mengganggu orang lain, masih normal kan?


Tapi jika agan orangnya cukup perhatian, pasti akan langsung ‘ngeh’ bila suara tidak lagi seperti sedia kala. Jika sudah muncul pertanda ini maka agan harus persiapkan hati apabila sewaktu-waktu motor kian parah kondisinya. Ambil tindakan segera saat suara mesin motor agan kasar ketika motor sedang panas.
Suara motor kasar
Quote:
Seperti apa sih suara motor yang kasar? Agan bisa melakukan analisa dasar untuk memastikan apakah motor Agan sudah termasuk dalam tanda-tanda kerusakan dini.
Pertama, bila suara kasar timbul dari bagian depan mesin, itu berarti ada pemakaian abnormal pada kendaraan agan.Namun tidak menutup kemungkinan memang umur kendaraan agan yang sudah menua.
Kedua, suara kasar atau anomaly yang terjadi di bagian kanan mesin terdengar seperti ada yang lepas atau longgar. Hal ini juga biasa agan temui di motor Vario dan motor-motor matic lainnya. Banyak kasus yang mengeluhkan motornya mengeluarkan bunyi kasar atau berisik di sekitar CVT belakang ketika motor keadaan langsam atau idle.
Penyebab suara mesin motor kasar
Quote:
Kerusakan CVT
Sebelum masuk pada mesin, mari kita bahas sumber bunyi pertama yang biasanya berasal dari CVT. Jika agan merasakan ada persinggungan gigi yang kurang pas dan suara kasar terasa di setiap rotasi putaran mesin (RPM) maka sebenarnya agan sudah tau ada dimana permasalahan ini berasal. Yup! Suara kasar tersebut diakibatkan oleh part slider yang ada pada komponen CVT alias continuously variable transmission di bagian primary. Masalahnya adalah part peredam atau damper yang dipakai secara terus menerus mengakibatkan terjadinya deformasi atau perubahan bentuk. Sehingga damper bisa oblak dan bersinggungan dengan gigi.
Quote:
Kurang oli mesin
Cara paling mudah untuk menganalisa suara kasar pada motor adalah dengan memeriksa oli mesinnya. Oli mesin pada dasarnya bertugas melapisi komponen mesin yang bergesekan saat dinyalakan. Nah, jika kondisinya oli mesin motor agan kurang, maka oli tersebut tidak bisa melapisi seluruh komponen mesin yang bergesekan itu. Sehingga komponen mesin yang bergesekan tanpa dilapisi oli akan menghasilkan bunyi pada motor agan. Bunyinya akan terasa bersumber dari area kepala silinder.
Quote:
Tensioner yang rusak
Ada penyebab lain yang dapat menyebabkan suara motor agan kasar saat kondisi panas. Yakni pada komponen tensioner yang rusak. Apa itu tensioner? Tensioner merupakan komponen pada mesin motor yang fungsinya adalah untuk menjaga ketegangan rantai agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin. Jika tensioner rusak, maka hal terparah bisa-bisa mengakibatkan pergeseran posisi gear noken akhirnya menyebabkan piston dan payung klep bertabrakan.
Quote:
Cek apakah ring dan stang seher bermasalah
Kondisi permasalahan lain yang bisa memunculkan suara kasar adalah karena ring dan stang seher bermasalah. Ring dan stang seher sendiri adalah komponen mesin motor untuk menahan kompresi yang terjadi pada mesin. Kalau komponen motor tersebut bermasalah maka kompresi motor menjadi tidak teratur, akhirnya muncul bunyi berisik di motor.
Quote:
Masalah pada piston
Piston adalah komponen yang sangat penting di dalam mesin, sebab piston dibutuhkan untuk membentuk ruang bakar kendaraan. Jika pada bagian ini bermasalah maka dapat membuat motor agan berbunyi kasar. Misalnya kondisi piston yang berbenturan dengan klep masuk dan klep keluar dapat menyebabkan bunyi berisik dan cenderung kasar apalagi jika motor dalam kondisi panas.
Jangan lupa 
dong
______...______
Sebenarnya masalah motor bersuara kasar ini adalah akibat dari jarangnya perawatan motor yang agan lakukan. Dengan kata lain karena motor agan tidak diservis secara rutin, betul tidak?

Jadi, sebelum kondisi motor agan lebih banyak bermasalah kedepannya, lebih baik segera lakukan servis dan biasakan merawat kendaraan agan setidaknya sebulan sekali (tergantung pemakaian juga sih sebenernya).
TS baru aja tau ini ada servis motor model baru, katanya tidak perlu bongkar motor cukup dengan cairan aja. Servisnya dilakukan dengan sangat sederhana namun hasilnya sangat maksimal. Apakah benar seperti itu?

Mari kita coba. Servis baru ini mengusung tema #rasamesinbaru. Secara umum RPM mesin dipacu secara bertahap dengan cairan chemical khusus berupa auto clean-up yang dicampur dengan bahan bakar serta cairan tune-up yang dicampur dengan sisa oli mesin. (Sumber: PxxNxTBAN.com)
Cara kerjanya... TS akan share di sini
Begini, setelah cairan auto clean-up dan auto tune-up dicampurkan ke dalam bahan bakar dan oli mesin, selanjutnya mesin motor akan dipanaskan. Hal ini bertujuan untuk memanaskan ruang bakar dan ruang penyimpanan oli. Selanjutnya, gas motor atau RPM akan ditarik sehingga mesin motor akan terpacu. Jadi suara mesin motor kasar agan tidak akan pernah terdengar lagi. Suara mesin jadi halus, enteng, bersih, dan awet. Jika suara mesin motor agan sudah tidak kasar lagi maka tarikan motor pun nantinya jadi lebih enteng dan enak dikendarai. Sesuai dengan namanya, motor agan jadi ber #rasamesinbaru. Gimana tanggepan agan?
Ingat selalu tinggalkan jejak sebelum angin menghapus jejakmu
GIME GIME GIME
Sumber:
http://www.speedpartsrus.com/3-oli-m...-secara-rutin/
Baca juga:
Sis, 3 Oli Motor Matic ini Penting Diganti Rutin[HT]
Rawat Ban Motor Matic Lebih Awet
Cerdas Beli Spare Part Motor Bekas, Ini Tipsnya Gan! [HT]
Menyetel Karburator Motor jadi Irit [HT]