alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / KASKUS Kreator Lounge /
Tips untuk Kreator: Mengutip Tulisan Orang Lain di Thread Agan
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ab4aa14dbd770c7538b456f/tips-untuk-kreator-mengutip-tulisan-orang-lain-di-thread-agan

Tips untuk Kreator: Mengutip Tulisan Orang Lain di Thread Agan

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Dalam membuat Thread di KASKUS, haram hukumnya buat Kaskuser mem-posting  sesuatu yang sudah pernah dibuat sebelumnya alias Repost


emoticon-Repostemoticon-Repostemoticon-Repost


Dengan banyaknya Thread yang sudah dibuat di KASKUS, tantangan untuk Kaskuser adalah mencari angleThread yang berbeda tentang sebuah topik yang sama. Semisal ketika di satu masa Dilan sedang hype, banyak banget TS yang menulis tentang Dilan dari berbagai sisi. Tidak hanya sekedar soal filmnya, tapi bagaimana film itu membawa pengaruh buat anak-anak muda. Baik secara positif maupun negatif.





Membuat tulisan yang orisinil adalah syarat mutlak seorang penulis. Namun dalam perjalanannya menghasilkan tulisan tersebut, pasti penulis juga banyak membaca tulisan-tulisan karya orang lain yang sedikit banyak mempengaruhi tulisannya sendiri. Apalagi kalau sedang menulis sesuatu yang berkaitan dengan hal yang viral. Penulis terkadang terbentur dengan apa yang sudah dibuat orang lain baik di dalam KASKUS atau di luar KASKUS. Boleh nggak sih mengutip tulisan yang sudah ada di antara kalimat-kalimat orisinil yang kita buat?  Tentu saja boleh, Gan. Tapi ada syaratnya yaitu mencantumkan sumber dan mengutip dengan cara yang benar.


Tips untuk Kreator: Mengutip Tulisan Orang Lain di Thread Agan



Kalau menulis sebuah karya ilmiah, ada dua metode kutipan yang biasa dipakai orang-orang: Modern Language Association (MLA) dan American Psychological Association (APA). Tapi metode ini terlalu formal kalau mau digunakan di Thread KASKUS. Walaupun kalau misalnya Agan dan Sista mau menggunakannya juga nggak masalah. Malah bagus banget. Bagaimana mengutip dengan metode MLA dan APA bisa dilihat selengkapnya di sini.



Sebagai TS di KASKUS, mengutip dan menyertakan sumber bisa kita sederhanakan. Karena nggak akan ada dosen yang memberikan nilai jelek kalau kita melakukan kesalahan penulisan sumber. Yang penting adalah menulis dengan jelas dari mana asal kutipan tersebut(termasuk nama penulisnya dan situs asal kutipan); kemudian mencantumkan tautan kalau memang kutipan tersebut diambil dari situs tertentu.


Tips untuk Kreator: Mengutip Tulisan Orang Lain di Thread Agan



Thread BeritagarID (Media Partner) KASKUS bisa dijadikan acuan dalam mengutip. Sebagai contoh dari Thread berjudul 'Benarkah ada kebocoran data NIK dan KK' :




Quote:




Bisa kita lihat bahwa setiap kutipan informasi yang ditulis ulang oleh BeritagarID mencantumkan sumber yang langsung di-hyperlink  dari situs asalnya. Agan dan Sista juga bisa banget meniru cara ini dalam membuat Thread. Mengambil informasi dari banyak sumber, lalu memberikan hyperlink situs asal informasi tersebut. Entah dengan menuliskan langsung sumber asalnya di akhir kalimat seperti contoh di atas.


Tips untuk Kreator: Mengutip Tulisan Orang Lain di Thread Agan



Tapi nggak selalu harus sekaku itu kok. Agan dan Sista juga bisa memberikan sumber informasi di dalam tanda kurung lalu di-hyperlink  ke situs sumber kutipan. Seperti misalnya:




Quote:




Selain itu, mencantumkan sumber atau referensi juga bisa dilakukan dengan menulis daftar di bagian akhir tulisan. Ini nih yang sering lupa dilakukan oleh para Thread Maker. Meskipun informasi yang sudah didapatkan diolah kembali dengan kata-kata sendiri, namun penting banget untuk tetap mencantumkan sumber referensinya. Untuk yang satu ini nggak seribet yang di atas, hanya tinggal menulis list sumber/referensi, kemudian menyelipkan hyperlink. Contoh:




Quote:




Tips untuk Kreator: Mengutip Tulisan Orang Lain di Thread Agan


Bagaimana dengan mengutip dari buku?




Quote:



Kalau mengutip caption media sosial orang lain bagaimana? Apakah akan lolos plagiarism check?



Quote:




Nah, selamat menulis GanSis.


emoticon-terimakasih

Diubah oleh KaskusKreator
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
opo iki.... ntaps juga infonya


ane jadi in HT ya mod


Tips untuk Kreator: Mengutip Tulisan Orang Lain di Thread Agan
oke min
Terimakasih tips nya mas min
:nulisah
wah...boleh juga caranya tuh....makasih atas infonyaemoticon-Salaman
okeh siap emoticon-Cool
jadi tema tulisan bulan ini tentang repost? emoticon-Big Grin
lom juga hate? emoticon-Belo



bentar ane bacain mantra dr mang jubel.. mana yah mantranya.... emoticon-Ngacir
Quote:


Sepertinya begitu emoticon-Big Grin
fix jadi in hate nih emoticon-pencet
Nais info min emoticon-2 Jempol
Diubah oleh tafakoer
mantap nih panduannya.. emoticon-Jempol
HT in minemoticon-pencet
nice tips
Wajib di sticky nih mod.
link buat daftar kaskus kreator dimana ya. saya mau daptar juga ini.
Wah boljug pencerahannya..
Ane jadi tercerahkan..


Tapi kalau tulisan orisinil kita di plagiat web lain, apa yg bisa Kaskus lakukan untuk membela para Kreatornya?
Diubah oleh powerpunk
Quote:

penasaran juga sama jawabannya emoticon-Big Grin

klo forum mungkin hak ciptanya ga ada, tp skrg thread creator udh ada royalti sih, jd hrsnya ada, seakan kaskus membeli hak copyrightnya dr kreator

tp selama ga ada royalti sm kyk perbincangan warung kopi, entah siapa yg memulai, kekayaan intelektual milik semesta emoticon-Ngakak (S)

agan dan anggota warkop punya kuasa sama pengetahuan yg dibagikan scr cuma2 di warkop untuk kemudian dijual dan diduplikasi (kecuali ada ketentuan lain)
Harus memperhatikan juga sumbernya juga ternyata yah.. Ane nulis original tapi sumbernya plagiat jadi tetep dibilang plagiat emoticon-Cape d...

Syedih emoticon-Cape d...
Gembok aja. Ada plagiarisma.net situs gratisan dan juga bisa premium buat ngecek emoticon-Angkat Beer

Catatan untuk om Tante para opiser tim review.

Bila thread tidak lolos dengan alasan plagiarisme kan ada yang di jiplak tentunya. Ada ya di kopi.. mohon di cantumin link sumber yang kita jiplak ( selain link sumber yang tercantum dalam thread )

Kalo cuma kasih alasan plagiarisme tanpa barbuk istilahnya hoax itu. emoticon-Ngakak
Diubah oleh arbib
Diubah oleh frontalbaby
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di