alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Benarkah ada kebocoran data NIK dan KK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a9e133c1854f7ba4d8b458e/benarkah-ada-kebocoran-data-nik-dan-kk

Benarkah ada kebocoran data NIK dan KK

Benarkah ada kebocoran data NIK dan KK
Warga mengantre untuk melakukan registrasi ulang kartu telepon seluler prabayar di Kantor Grapari Telkomsel, Yogyakarta, Rabu (28/2/2018). Kementerian Kominfo menjamin keamanan data kependudukan pengguna.
Kekhawatiran bocornya data kependudukan dalam registrasi ulang nomor telepon seluler prabayar mulai menghiasi berita.

Dalam 2 hari ini beredar berita kebocoran data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Data kependudukan itu digunakan untuk pendaftaran ulang nomor telepon hingga tenggat 28 Februari 2018.

Kontan pada Minggu (4/3/2018) memberitakan, data itu bocor. Kasusnya, ada seorang pengguna twitter yang NIK dan KK-nya didaftarkan untuk 50 nomor telepon berbeda.

Padahal, pengguna Indosat Ooredoo itu mengaku hanya memiliki 1 nomor. Namun Kontan tak menyebut nama pengguna tersebut atau menyertakan akun twitternya.

Berita ini lalu dimuat ulang di Warta Kota pada Senin (5/3/2018) dan Tribun News, pada Selasa (6/3/2018).

Kabar yang tersiar tumpang tindih antara kebocoran data dan penyalahgunaan data.

Kementerian Komunikasi dan Informatika membantah adanya kebocoran data. Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Noor Iza, membenarkan terdapat laporan masyarakat soal pendaftaran 50 nomor telepon yang menggunakan satu NIK tertentu.

"Yang terjadi saat ini yang menjadi berita adalah penyalahgunaan NIK dan KK yang digunakan registrasi secara tanpa hak dan bukan terjadi kebocoran data," tutur Noor Iza, seperti dikutip dari situs Kominfo, Senin (5/3/2018).

Selama ini, data kependudukan dan nomor telepon ini tersebar di beberapa instansi, sehingga membuka celah penyalahgunaan. Misalnya imigrasi, kelurahan, hingga perbankan.

Menurut Pengamat telekomunikasi, Moch S. Hendrowijono, sangat mudah bagi pemegang data kependudukan menggunakan NIK dan nomor KK untuk meregistrasi ulang nomor mereka.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjamin, data kependudukan pengguna yang telah registrasi dipastikan tidak akan bocor.

"(Data) dari Kominfo tidak bocor, operator juga tidak bocor karena datanya tetap ada di Dukcapil. Yang dilakukan otorisasi itu adalah kecocokan dari pelanggan kepada operator dicocoknya NIK dan KK dengan database milik Dukcapil, bukan data di operator, hanya konfirmasi saja," tutur Rudiantara ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/3/2018), seperti dipetik dari detikinet.

Kementerian mengingatkan, penyalahgunaan identitas kependudukan dalam registrasi merupakan pelanggaran hukum.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Ahmad M. Ramli mengingatkan agar pengguna registrasi ulang menggunakan data pribadi sendiri. Bukan mengambil data yang beredar di internet.

"Menggunakan data NIK dan KK orang lain tanpa hak adalah dilarang dan merupakan pelanggaran hukum," ujar Ahmad.

Masa registrasi ulang sudah dibuka sejak 31 Oktober 2017 dan ditutup 28 Februari 2018. Ketika masa registrasi berakhir dan konsumen belum mendaftarkan kartunya, nomor akan dihapus dari sistem milik operator telekomunikasi secara bertahap.

Belum diketahui pasti, berapa nomor yang sudah registrasi ulang. Jumlah terakhir yang diperbaharui pada 28 Februari, mencapai 305.782.219 nomor.

Nomor paling banyak yang registrasi ulang adalah Telkomsel dengan 142 juta kartu. Lalu Indosat Ooredoo 101 juta kartu, XL Axiata 42 juta, Smartfren 13 juta, Hutchison 3 Indonesia (Tri) 5,8 juta, dan Sampoerna Telekomunikasi 9 ribu.

Jika anda ingin memeriksa apakah NIK dan KK anda sudah dipakai untuk registrasi ulang, bisa diperiksa di laman-laman berikut;

Telkomsel: https://telkomsel.com/cek-prepaid atau ketik *444# Indosat Ooredoo: ketik INFO#NIK kirim ke 4444 atau https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/indexXL Axiata: ketik *123*4444#Tri Indonesia: https://registrasi.tri.co.id/ceknomorSmarfren: https://my.smartfren.com/check_nik.php
Benarkah ada kebocoran data NIK dan KK


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ata-nik-dan-kk

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Benarkah ada kebocoran data NIK dan KK Kuota di Universitas Halu Oleo terbanyak dalam SNMPTN 2018

- Benarkah ada kebocoran data NIK dan KK Sumber air bersih warga Asmat hanya air hujan

- Benarkah ada kebocoran data NIK dan KK Waspadai dampak labilnya Rupiah

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Uda saat nya Undang Undang perlindungan data dibuat. Data apa yang ga bisa dijual sekarang ini?

Data no tlp di kios isi ulang, di jual, data di bank, dijual, lunasi bpkb aja, no tlp di jual, daftar sosmed, data no tlp dijual, daftar online shopping, data no tlp juga dijual...sumpeq!
Perketat pengawasan data penduduk di kelurahan dan kecamatan.

Jangan sampai dibeli orang untuk daftar nomor klonengan 😲
entahlah emoticon-Cool
bodo amat ah yg penting pejwan
ASUransi mulai dr merk A sampe Z pada bisa telp gue, lha kapan gue sebar nomor??? Gitu katanya aman, aman gundulmu !!!
Apalagi skrg lg musim pilkada, sangat rawan pencurian data identitas penduduk
udah daftar ujung2nya malah bocor hadehhh emoticon-DP
Diubah oleh Barcelonists
ngolet dulu masih pagi emoticon-Ngacir2

smoga ga ada yg pakai nik ku
di era kapital saat ini uang adalah segalanya..

keamanan ??
tinggal sebut aja nominal brp nanti datanya didapat.. tdk percaya ? tanyakan itu koruptor yg sdh menyebarkam data dan manipulasi demi nominal rupiah..
foto copy KK sama KTP aja berkeliaran, walaupun kadang ada yg gak valid, tp itu sama aja bocorin data pribadi keluarga sendiri, bisa disalahgunain orang lain
kemaren kata kominfo aman aman aja emoticon-Hammer2
msih ada celah trnyata. ktnya max cmn 3. tpi ini bisa 50 nomor..
buat UU perlindungan dataemoticon-Marah
no telp ane sering di sms in pemenang hadiah jidatmu, pasti ada akal2an di konter hp iniemoticon-Marah
lambemu....
soon kasus macem e-ktp, btw anekorban tlkmsl yang kaga bisa regis gegara gagal mulu emoticon-Ngakak
klw 50 nmer, berarti org trsebut harus ke grapari kan?
Quote:


Bener nih, akhir2 ini bapak ane dapat telpon dari orang asuransi mulu, sampe kesel gw nolaknya emoticon-Ngamuk
Sering juga dapat sms butuh dana cepat? Jaminkan bpkb anda emoticon-Cape d...
Nah kan masalah baru bermunculan, kok ga ada kesiapan & kesigapan buat nanggulangi masalah kaya gini, nunggu viral dulu baru di atasin..
jd inget yg suka teriak "bochor bochor!!"
Semerawut
Perpanjang lagi
Besok perpanjang lagi masa register nya
Besok perpanjang terus
Lama lama ga jadi tuh program
Yang udh ke daftar di jual dah
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di