CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Disney Akuisisi 21st Century Fox, Apa Dampaknya Terhadap Esports?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a39dec8a2c06e21648b4568/disney-akuisisi-21st-century-fox-apa-dampaknya-terhadap-esports

Disney Akuisisi 21st Century Fox, Apa Dampaknya Terhadap Esports?

Baru-baru ini, perusahaan animasi terbesar di dunia, Walt Disney Company baru saja membeli 21st Century Fox dengan nominal yang sangat fantastis yakni $52.4 milyar atau sekitar 748 triliun rupiah. Pastinya, akuisisi ini akan berdampak besar pada industri film, terutama menyangkut Marvel Universe. Tapi ternyata ada imbas pula yang bakal memberi pengaruh terhadap dunia eSports, bagaimana bisa?

Pertama kita cermati dulu seberapa aktif Disney dalam dunia eSports. Tahun ini saja, Disney telah membeli saham BAMTech, perusahaan media yang merupakan 'anak' dari Major League Baseball. Dari sebelumnya hanya memiliki 1/3 saham minoritas, Disney telah mengkatrolnya hingga 75% dengan nominal kisaran $1.5 milyar. Ditambah lagi adanya kerjasama kontrak senilai US$300 juta antara BAMTech dengan Riot Games yang menyorot perhatian publik di tahun ini, dan rencananya berlaku hingg tahun 2023 mendatang.

Pada bulan Juli, Walt Disney Company mengumumkan deretan nama perusahaan di acara 'Annual Disney Accelerator Programs', dan ada dua diantaranya yang merupakan perusahaan pendukung tim eSports global, yakni aXiomatic, perusahaan pemilik saham mayoritas di Team Liquid, dan Epic Games sebagai developer sekaligus publisher game Gears of War dan Fornite.

Dalam industri media, Disney pun berusaha menjangkau generasi muda melalui program barunya Disney XD. Program ini akan menayangkan pertandingan Super Smash Bros dan Street Fighter V, kemudian memperluas kerjasamanya dengan ESL untuk proyek penyiaran turnamen Vainglory kedepannya.

Sebagai pemilik kanal ESPN eSports beserta 80 persen jaringan televisi olahraga, tahun depan Disney akan mengadakan turnamen eSports di ESPN Wide World Sports Complex, sebuah fasilitas di Walt Disney World Resort Orlando.

Disney Akuisisi 21st Century Fox, Apa Dampaknya Terhadap Esports?

Dampak Akuisisi 21st Century Fox

Pembelian terhadap BAMTech yang dilakukan oleh Disney adalah kunci utama untuk dapat memberikan variasi layanan streaming. Saat ini, Riot Games sedang mempersiapkan MLB.TV yakni sebuah aplikasi premium untuk League of Legends. Namun dengan adanya akuisisi ini, proyek tersebut sepertinya akan mubazir.

Kesepakatan bersama antara Disney dengan 21st Century Fox berarti 22 tambahan jaringan olahraga lokal dengan gabungan 61 juta subscribers dan hak siar media untuk 44 tim olahraga di AS. Semua hak siar untuk tim tersebut nantinya akan dialihkan ke ESPN, sembari menunggu tim lainnya mengakhiri hak siarnya bersama stasiun televisi sehingga bisa mendapatkan hak siar untuk semua tim.

Belum lagi sudah banyak pemilik dalam olahraga yang mulai memasuki eSports franchise dan mulai memiliki fans, akan ada kemungkinan untuk kompetisi eSports dan tim eSports menjual hak siar mereka kepada Disney.

Fox juga memiliki asset Hulu dan akan meningkatkan persentase stakeholder Disney hingga 60%. Hulu merupakan VoD streaming platform pertama yang masuk ke dunia eSports dan memiliki 4 program eksklusif ESL yang berfokus pada kompetisi eSports dan budayanya.

Ada spekulasi bahwa Disney akan menggabungkan semua layanan konsumennya. Hal ini direspon oleh CEO Disney Bob Iger yang mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa Hulu dan platform yang dipersiapkan oleh Disney atau bahkan dijual dalam satu paket. Dengan akuisisi ini, tampaknya akan ada perubahan besar dalam industri eSports, khususnya dalam cara penayangan dan penyampaiannya kepada konsumen dan penikmat pertandingan eSports.


Bagaimana eSports?

Spoiler for Hot Thread Lainnya:
Diubah oleh esports.id
Halaman 1 dari 6
ane baru tau akan berdampak ke game ternyata ya gane
katanya fox sport nggak ikut dibeli?
Wuih dampaknya masuk ke Esports segalaemoticon-Belo
weeehh disneyyy horang kayah
luar biasa nominalnya , btw dana yg di trima fox bakal buat apa ya
Diubah oleh NunggingGan
bisa gitu ya emoticon-Bingung
walt disney mau memonopoli studio film di hollywoood, mungkin bbrp tahun lagi universal studio jg bakal dibeli

duh lama lama isian di holliwud dibeli


Quote:

Esports juga kena dampaknya ya
sikat aja semua dah
Waoowww disney..kayak kurang gitu klo esport nya juga
Diubah oleh sam.ineed
sugeh
monopoli gak sehat saya pikir.
sudah diramalkan di serial simpson

Disney Akuisisi 21st Century Fox, Apa Dampaknya Terhadap Esports?
oouuhhh begitcyyuu











Disney Akuisisi 21st Century Fox, Apa Dampaknya Terhadap Esports?











ready barcen +1/day
Diubah oleh megyer
vodo amat E-Sports, i addicted to games for entertainment purpose

yang jadi concern gw itu nasib X-Men gimana, bakal digabungin sama MCU gak

emoticon-Bingung
700 Trilyun

Ajegilee emoticon-Matabelo
mejeng aaah
mejeng dulu di trit disney emoticon-Cool
makin tambah rame ntar game nya, hero marvel bakalan punya game2 sendiri2 yang versi rame2 juga udah banyak kemarin emoticon-Matabelo
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di