CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Games / ... / AoV /
Arena of Valor, Mobile MOBA yang Tersukses atau 'Terkaya'?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a1542da14088d917a8b4568/arena-of-valor-mobile-moba-yang-tersukses-atau-terkaya

Arena of Valor, Mobile MOBA yang Tersukses atau 'Terkaya'?

Sejak kemunculannya, Arena of Valor terus dipergunjingkan oleh banyak orang, entah itu fans gamernya atau para pemerhati yang juga menyimpan rasa sedikit skeptis terhadap keberadaan game mobile bergenre MOBA ini. Terutama setelah maraknya beredar meme atau sindiran halus lainnya berkenaan video komersil dan tagline game dengan hadiah luar biasa besarnya, 7 Miliar!

Hal ini seakan membumbui aroma persaingan dan perebutan fanbase dengan pecinta game serupa, Mobile Legends. Keduanya notabene sedang bersaing untuk menjadi MOBA Mobile tersukses di dunia. Nah, melalui artikel ini kita akan mengupas secara singkat apa saja yang bisa membuat AoV jadi game tersukses? Apakah karena besaran hadiah yang disediakan? Keuntungan besar yang diraihnya? Ataukah dari segi prestasi, apa yang sudah dicapainya?

Spoiler for video:


Dulunya diberi titel 'Honor of Kings' atau 'Strike of Kings' sebagai nama rilis internationalnya, AoV merupakan game besutan Tencent Games yang juga merupakan pemilik saham mayoritas di Riot Games (pengembang League of Legends). Pertama kali rilis di Cina, AoV langsung meledak di pasaran dan mengantongi $883 juta dolar dari hasil penjualan satu minggu saja sejak diluncurkan tanggal 26 November 2015 (menurut CGN Games, platform analisis dan data game di Cina).

Kesuksesan AoV disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah proses penyederhanaan dalam kaitannya waktu yang dibutuhkan oleh para gamer peminat MOBA namun enggan bermain dalam durasi waktu lama. Tencent Games juga pintar mengambil peluang dan menjadikan pangsa pasar mobile di Cina yang potensial sebagai target utamanya.

Faktanya memang hanya ada sedikit gamer yang bermain game konsol di Cina. Karena sejak tahun 2000, Cina telah melarang peredaran konsol gaming karena khawatir akan merusak generasi muda dan kebijakan ini untuk melindungi masa depan anak muda di Cina. Ironis, karena dalam setahun gaming online malah merebak luas di kalangan pemudanya, sehingga pelarangan dengan dalih proteksi bisa dibilang tidak akurat.

Ban pada konsol gaming baru diangkat pada tahun 2015, namun hal ini belum menggairahkan masyarakat Cina untuk mempunyai konsol game. Mereka malah beralih pada jenis permainan yang mudah diakses dan tidak menghabiskan banyak waktu. Disinilah, AOV bisa menjadi penguasa pasar mobile game di Cina.

Ada 695 juta pengguna mobile di Cina, dimana 366 juta penggunanya adalah untuk keperluan game. Dan upaya menggaet komunitas gamer lainnya, misalnya pengguna konsol di Cina, Tencent kembali melakukan gebrakan, yakni merilis versi AoV untuk pengguna Nintendo Switch. Pada akhirnya, kehadiran AoV mampu menyumbang peningkatan penjualan Nintendo Switch hingga kisaran angka 7%.

Spoiler for gambar:


Disebut-sebut sebagai game mobile paling menguntungkan di tahun 2017, dengan meraup USD$ 140 juta dalam sebulan, AoV menginvasi gaya hidup pemuda di Cina dengan lebih dari 50 juta download hingga saat ini. Beberapa kasus juga menyebutkan bahwa AoV menimbulkan efek ketagihan dan 'candu' baru bagi anak-anak di Cina, sehingga pemerintah memutuskan harus ada regulasi khusus bagi anak di bawah umur yang bermain AoV. Tencent turut mendukung kebijakan pemerintah ini dan memutuskan pemberlakuan batas waktu sebagai tindak pencegahan.

Meskipun di luar negeri sudah ada MOBA seperti Vainglory, tapi dari segi jumlah yang menonton tayangan streaming game, AoV masih penguasanya. Keputusan untuk merambah pasar internasional juga menjadi titik penting untuk makin mengangkat popularitas AOV. Kontribusi dari streamer berpengaruh besar di sini.

Figur seperti Hai Shi, mantan pemain LoL dan Michael 'Imatqpie' Santana turut berperan memperkenalkan AOV di barat. Meskipun tidak sepopuler ketika rilis di negeri asalnya, AOV atau Strike of Kings menembus 1 juta download dan mendapat 4 bintang di App Store dan Google Play. Ramon Pan, salah seorang pemain AOV sejak kemunculannya mengatakan bahwa AoV tak ubahnya MOBA biasa, namun kemudian dia memainkannya, dan orang-orang mulai membicarakan tentang game ini, pada akhirnya dia keterusan bermain.

Spoiler for gambar:


Dari sisi kompetitif, AOV juga merajai turnamen mobile games. King Pro League di tahun 2016 disaksikan oleh 70 juta viewer dengan total hadiah mencapai USD$250.000 ( sekitar 3 Milyar Rupiah). Pada bulan November, Arena of Valor International Championship: Asia 2017 di helat di Seoul. Diikuti oleh tim terbaik dari Korea Selatan, Taiwan, Vietnam dan Indonesia saling berebut total hadiah USD$500.000 ( sekitar 6,7 Miliar rupiah). Terakhir, ESL selaku penyelenggara event yang berpengalaman menggelar kompetisi untuk game eSports besar seperti CS:GO dan Dota 2, ikut terjun menyelenggarakan Non-Pro tournament Arena of Valor dengan total hadiah mencapai USD$100.000 ( sekitar 1,3 Milyar Rupiah)

MOBA kok RAGU? Di AOV, perjuangan jadi yang terbaik emang harganya mahal guys.

profile-picture
tata604 memberi reputasi
Halaman 1 dari 12
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
MOBA ONLINE emoticon-Cape deeehh
emoticon-Jempol ane maen ML sama VG emoticon-Shakehand2
Quote:


udah pertamax ajeh emoticon-Hammer2
7 milyar emoticon-Ngakak

semua orang jg tau itu hoax..... trus pengen diakui moba terkaya..... sales stress emg itu aov
aov itu apaan bree .... ude lama kaga main game, dulu sih masih enak PS1 ama PS2 ... game RPG japan bree ... cem suikoden ama ff ... emoticon-Traveller
AoV tuh singkatan dari areno of valor toh
Baru tahu ane emoticon-Malu (S)
infonya ga jelas...judul apa isinya apa
teteup mobel lejen ane mah hehe
pernah nyobain ML & AOV

yang bikin aov menarik menurut ane ada 2 hal,

grafik sama char nya juara, apalagi klo device nya support buat mode high frame rate... mantep dah

minusnya buat ane cuma 1, peminatnya ga sebanyak ML emoticon-Frown
Quote:

7M nya bukan buat di Indo doang deh kayanya, tapi untuk kejuaraan internasionalnya gan emoticon-Big Grin
'Ga stress cuma campaignya aja yang begitu emoticon-Big Grin


Quote:

mobile game MOBA gan.. dari Garena. jaman PS1 & 2 emang the best lah ya, sampe bela2in ke rental maen seharian emoticon-Big Grin


Quote:

Iya kalah jor2an promosinya sama ML kayanya gan, dari segi grafis sama char sih unggul dikit dibandingin ML
Quote:


kalo kalah promosi kayanya sih ngga juga gan, justru AOV mencolok banget ampe pasang banner segede gaban + iklan di tipi + di motor2 ojek online dulu ada iklannya emoticon-Leh Uga

kalo ane rasa karena faktor spek device yang lumayan 'menuntut' deh

pengalaman dirumah soalnya anak2 sekolah (sd,smp, sma) hp nya cuma pada kuat main ML itupun juga settingan low-mid... pas tes buat main aov pada nge-lag walaupun udah setting low emoticon-Big Grin
Diubah oleh dee_benelli
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Maunya main joystick yang analognya bisa keras sendiri emoticon-Malu
waduh gak main gituan gan

Arena of Valor, Mobile MOBA yang Tersukses atau 'Terkaya'?
Arena of Valor, Mobile MOBA yang Tersukses atau 'Terkaya'?
Vote mobail lejen aja dahh
Arena of Valor, Mobile MOBA yang Tersukses atau 'Terkaya'?



terkaya kayanya gan emoticon-Big Grin
daripada AOV/ML mendingan Vainglory gw... ga ada bocah.. emoticon-Smilie
Belom nyoba
Ane nyoba main ML 2 minggu udah bosen
Mau moba laknat atau moba betmen yang penting jangan kebanyakan maen gan emoticon-Hammer2
Diubah oleh feelsbadman
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di