Kaskus

Hobby

bayu.indraAvatar border
TS
bayu.indra
Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP
check this link Treads Index SF Animation + VFX

serial threads sebelum nya :
Animation v.A01 Function Curve , Animation v.A02 Bouncing Ball , Animation v.A03 Follow Through n Overlapping Curve , Animation v.A04 Graph Curve Tool

Animation c.A01 PINCH , Animation c.A02 GRAB CONSTRAINT , Animation c.A03 WALK CYCLE


Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP
BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP additional


jujur tanpa thread ini akan susah ngikutin thread Animation c.A03 WALK CYCLE

sejauh ini untuk roll rig dan setup yang banyak dipergunakan ada 2 ... mereka nyebutnya REVERSE FOOT dan FOOT ROLL
... langsung aja gan n sist ...

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP REVERSE FOOT RIG
Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

ok ... agan n sist perlu buat 5 join skeleton yang menyerupai kaki (seperti gambar diatas)
sesudah itu agan rename join name nya , menjadi dari atas ke bawah hip, knee, ankle, ball, toe
agan samakan sama gambar ya gan ...

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

untuk controller nya ... agan n sist buat dari bawah, lalu buat berurutan toe, ball, dan ankle ...
lalu agan n sist rename join controller nya menjadi ctrl_root, ctrl_toe, ctrl_ball, ctrl_ankle.

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

buat IK handle dr hip ke ankle ... lalu rename IK_ankle_
buat IK handle dr ankle ke ball ... lalu rename IK_ball_
buat IK handle dr ball ke toe ... lalu rename IK_toe_

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

parent dari IK_ankle ke ctrl_ankle
parent dari IK_ball ke ctrl_ball
parent dari IK_toe ke ctrl_toe


Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP REVERSE FOOT SETUP

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

pertama kita harus buat foot controller (pakai nurbs Circle, lalu rename footCtrlr_), yang nanti kita akan taruh custom attribute di transform node ctrl_root_, jadi agan n sst bisa lihat di channel box sebelah kanan dgn mudah !! lalu parent ctrl_root_ ke footCtrlr_ (jadi semua animation ada di footCtrlr_)

kasih nama custom attribute nya ROLL_, minimum value nya -10, maximum value nya 10, default value nya 0.

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

SET DRIVEN KEY data sampling tool sebutan keren nya ... tapi simple begini gan n sist ...
suatu tool pengkondisian ... jika attribute A (driver) melakukan sesuatu, maka attribute B (driven) di kondisikan melakukan sesuatu ...
atau jika attribute A (driver) value nya sekian, maka attribute B (driven) di kondisikan value nya menjadi sekian ... dan itu fix !!

Quote:

ROLLyang kita mau buat itu sebenar nya gunanya untuk membuat gerakan yang natural ketika telapak kaki mengangkat bagian depan dan bagian belakang bergantian ... banyak digunakan sebelum kaki kanan atau kiri melangkah ...

ok kita buka Set Driven Key, set footCtrlr_ sebagai Driver, lalu ctrl_ball_, ctrl_toe_, ctrl_root_ sebagai Driven
Front Roll :
Quote:

Back Roll :
Quote:

kita check hasil nya gan n sist ...

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP



Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP FOOT ROLL RIG

untuk FOOT ROLL RIG langkah awal nya sama saja dengan REVERSE FOOT RIG, benar benar sama sampai set IK handle nya ... selebihnya baru akan berbeda ... langsung yah gan n sist ...

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

ok ... agan n sist perlu buat 5 join skeleton yang menyerupai kaki (seperti gambar diatas)
sesudah itu agan rename join name nya , menjadi dari atas ke bawah hip, knee, ankle, ball, toe
agan samakan sama gambar ya gan ...

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

buat IK handle dr hip ke ankle ... lalu rename IK_ankle_
buat IK handle dr ankle ke ball ... lalu rename IK_ball_
buat IK handle dr ball ke toe ... lalu rename IK_toe_

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

select IK_ankle_ dan IK_ball_, group keduanya, rename menjadi rot_ball_, lalu pindahkan pivot nya pas di posisi IK_ball_
select rot_ball_ dan IK_toe_, group keduanya, rename menjadi rot_toe_, lalu pindahkan pivot nya pas di posisi IK_toe_
select lagi rot_toe_ saja, group rot_toe_ sendirian, rename menjadi rot_ankle_, lalu pindahkan pivot nya pas di bawah posisi IK_ankle_ tapi di bawah (lihat gambar !!)


Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP FOOT ROLL SETUP

kita juga harus buat foot controller (pakai nurbs Circle, lalu rename footCtrlr_), yang nanti kita akan taruh custom attribute di transform node ctrl_root_, jadi agan n sst bisa lihat di channel box sebelah kanan dgn mudah !! lalu parent ctrl_root_ ke footCtrlr_ (jadi semua animation ada di footCtrlr_)

buat custom attribute di footCtrlr_ kasih nama ROLL_, minimum value nya -10, maximum value nya 10, default value nya 0. lalu parent IK_ankle_ ke footCtrlr_ supaya semua joint bisa ikut ke footCtrlr_.

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP

untuk FOOT ROLL SETUP kita akan menggunakan Set Driven Key juga, sama dengan REVERSE FOOT, dan sudah pasti dengan attribute yang berbeda ...

buka Set Driven Key, set footCtrlr_ sebagai Driver, lalu ctrl_ball_, ctrl_toe_, ctrl_root_ sebagai Driven

Front Roll :
Quote:

Back Roll :
Quote:

kita check hasil nya gan n sist ...

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP


nah ... itu 2 setup untuk ROLL yang banyak digunakan, agan agan n sist bisa pilih mana mana yang paling nyaman ...
walaupun ini thread yang panjang ... hv fun gan n sist ... ditunggu update progress nya ... emoticon-thumbsup



___________________________________________________________________

emoticon-I Love Indonesia- MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA - emoticon-I Love Indonesia

untuk tuts ++ bisa di click di link FB dan Youtube di bawah ini ...

Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUPAnimation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP
Diubah oleh bayu.indra 13-08-2016 02:50
0
3.8K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan