bayu.indraAvatar border
TS
MOD
bayu.indra
Animation v.A04 Graph Curve Tool

BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Animation v.A04 Graph Curve Tool


seperti di thread sebelum nya Animation v.A02 Bouncing Ball ... sesimple atau serumit apapun animasi kita ... fcurve akan menjadi penentu sebagus apa gerakan animasi kita ... karena itu ane coba kali ni bahas beberapa graph editor tool untuk mempermudah nge bangun f-curve nya ...

DEFAULT / AUTO TANGENT


nama nya juga default ya gan n sist ... jadi setiap pertama kita keying pasti kita akan dapat auto tangent atau default, yg sepertinya kebanyakan akan di set ke flat tangent ... atau handle tangent nya akan di ratakan mendatar ... atau secara default akan di set ada percepatan dan perlambatan ...


SPLINE TANGENT
Spline Tangent itu tangent nya akan selalu mengikuti arah curve nya ... kalau curve nya menurun (negative) maka tangent nya juga akan menurun, tapi kalau curve nya naik (positive) maka tangent nya akan naik juga ... tangent nya cenderung membuat percepatan pada awal dan akhir animation, tapi tidak begitu pada keyframe keyframe ditengah nya


beberapa kondisi yg tidak bisa memakai auto itu kalau kita buat walk cycle ... ketika kita melakukan ground contact dgn kaki kanan dan kaki kiri satunya melangkah maka balance akan berada di kaki kanan ... supaya kaki nga sliding dan locked antara 2 key ya harus di flat atau linier


LINIER TANGENT


untuk LInier Tangent paling simple ane kasih sample propeller pesawat gan (baling baling) ... sebagai varian curve ane buat 2 part ... 1 bagian propeller nya, 1 lagi bagian depan machine propeller nya ... kita buat bergetar ni gan ...

01. Propeller ... kita bisa group atau parent ke satu object supaya gampang meng animate nya ya gan ... kita set dulu total frame nya 180 frame ... simple nya key 1 di frame 0 dgn 0 degree, key 2 di akhir frame di frame 180 dgn 2880 degree (atau 8 putaran).
02. lalu di graph editor agan select semua key frame nya lalu click Linier tool (seperti di gambar), kita set ke linier tangent supaya waktu kita play baling baling kelihatan tanpa jeda dan smooth terus berputer (tanpa percepatan dan perlambatan)
03.untuk Machine shaking nya kita animate cukup 3 key saja gan n sist ...
di awal key 1 kita set misal translate.Z 0,
key 2 set translate.Z -0.2,
lalu terakhir key 3 translate.Z 0 (balik seperti key 1 gan n sist)
kenapa jarak frame nya pendek ? karena kita butuh gerakan yg cepat dan bolak balik (maju mundur machine)
lalu di graph editor agan select ketiga keyframe tersebut lalu click linier tangent ...
dan supaya bergetar (bergerak maju mundur cepat) kita loop dengan /Curves /Post Infinity /Cycle


SNAP : STEP TANGENT


Step Tangent biasanya kita gunakan untuk gerakan yg menyetak atau tiba tiba ... simple nya untuk perputaran jarum jam spt gambar diatas ... atau yg sedikit menyetak gerakan memukul seperti animation di thread sebelum nya gan ... Animation v.A03 Follow Through n Overlapping Curve
sebenar nya secara manual kita bisa membuat nya sih gan ... tapi hasilnya nga akan se extreme graph editor tool punya gan ...


MIXED F-CURVE TANGENT


nah gan n sist ... di bagian akhir ni ane buat quiz kecil gan ...Cylinder Flip ini di animate dr beberapa mix f-curve tangent gan n sist ... kalau agan agan n sista ngerti tentang f-curve pasti bisa buat nya ... goodluck gan ... emoticon-thumbsup

susah susah gampang itu gan n sist ... pusing sih pasti ... huahaha ... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Bingung



emoticon-I Love IndonesiaMAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia




Diubah oleh bayu.indra 29-06-2016 18:05
0
5.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan