

TS
bayu.indra
Animation c.A03 WALK CYCLE
serial threads sebelum nya :
Animation v.A01 Function Curve
Animation v.A02 Bouncing Ball
Animation v.A03 Follow Through n Overlapping Curve
Animation v.A04 Graph Curve Tool
Animation c.A01 PINCH
Animation c.A02 GRAB CONSTRAINT
Animation c.A03 WALK CYCLE

BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Animation c.A03 WALK CYCLE

entah siapa yang buat dan siapa yang pertama posting di dunia maya ... ?? nga tau juga ... tapi ini guidance paling banyak dipakai dan buat ane paling simple dan mewakili apa itu WALK CYCLE... tambahan dari ane cuma Switch Balance di hips nya aja yang nga ada ... akan kita bahas untuk melengkapi ...
MAIN STEP
sebelum kita mulai pastinya agan n sista perlu 1 set skeleton, yang paling nga hip ke bawah ... dengan ROLL setup untuk roll ankle to toe
just FYI 1 step everage kita perlu 14 frame, jadi kita perlu animate dengan jarak 14 frame misal dari kaki kiri ke kaki kanan ...

first step, right step ... pertama tama ... misal kita key kaki kiri di frame 10 ( biasanya kalau ane akan key di kedua kaki, kaki kiri dan kanan, supaya langsung ke lock kedua kaki nya) ... lalu tambahkan maju 14 frame (jadi di frame 24) tarik maju kaki kanan secukup nya, lalu key kaki kanan.
supaya kaki kanan terlihat terangkat ... geser mundur setengah nya (antara frame 10 dan 24, misal frame 17), angkat telapak kaki kanan sedikit, lalu key (key translate.Y)

nah hip nya sebelum kita lakukan Switch Balance kita set dulu turun naiknya hip karena jarak ketika melangkah antara kedua kaki ... simple gan n sist ... selalu turun kan hip ketika contact baik kaki kiri atau kaki kanan ...
nanti switch balance nya akan kita buat pada frame yang sama ...
ANTICIPATION

nah untuk step anticipationnya agan n sista wajib punya roll controller di bagian telapak kaki nya nih gan ... karena anticipation nya hanya pakai roll controller aja gan n sist ...
kalau agan n sista perhatikan ketika melangkah, posisi paling tinggi kaki diangkat itu ketika dari samping kedua kaki sejajar ... di saat itu agan move controller kaki ke atas (sedikit saja), lalu rotate sehingga pergelangan kaki lebih tingg dari jari kaki (perhatikan gambar gan n sist ...)
keadaan rotasi nya menjadi jari kaki lebih tinggi dari pergelangan kaki ketika posisi contact ... yang beberapa frame kemudian rotasi kembali sejajar antara jari kaki dan pergelangan kaki
SWITCH BALANCE

nah untuk switch balance yang ane bilang sebagai tambahan (tapi penting gan !!) itu simple banged gan n sist ...
kalau kita lihat dari depan ... dimana kaki kanan atau kiri yang contact position disitu kita geser hip controller nya ke arah contact position ... begitu seterus nya hip akan bolak balik selama character berjalan ...
nah sekarang kita lihat dari perspective viewport ... !!

nah agan agan n sista selamat mencoba ... ditunggu update progress nya ...
Animation v.A01 Function Curve
Animation v.A02 Bouncing Ball
Animation v.A03 Follow Through n Overlapping Curve
Animation v.A04 Graph Curve Tool
Animation c.A01 PINCH
Animation c.A02 GRAB CONSTRAINT
Animation c.A03 WALK CYCLE

BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Animation c.A03 WALK CYCLE

entah siapa yang buat dan siapa yang pertama posting di dunia maya ... ?? nga tau juga ... tapi ini guidance paling banyak dipakai dan buat ane paling simple dan mewakili apa itu WALK CYCLE... tambahan dari ane cuma Switch Balance di hips nya aja yang nga ada ... akan kita bahas untuk melengkapi ...

sebelum kita mulai pastinya agan n sista perlu 1 set skeleton, yang paling nga hip ke bawah ... dengan ROLL setup untuk roll ankle to toe
just FYI 1 step everage kita perlu 14 frame, jadi kita perlu animate dengan jarak 14 frame misal dari kaki kiri ke kaki kanan ...

first step, right step ... pertama tama ... misal kita key kaki kiri di frame 10 ( biasanya kalau ane akan key di kedua kaki, kaki kiri dan kanan, supaya langsung ke lock kedua kaki nya) ... lalu tambahkan maju 14 frame (jadi di frame 24) tarik maju kaki kanan secukup nya, lalu key kaki kanan.
supaya kaki kanan terlihat terangkat ... geser mundur setengah nya (antara frame 10 dan 24, misal frame 17), angkat telapak kaki kanan sedikit, lalu key (key translate.Y)

nah hip nya sebelum kita lakukan Switch Balance kita set dulu turun naiknya hip karena jarak ketika melangkah antara kedua kaki ... simple gan n sist ... selalu turun kan hip ketika contact baik kaki kiri atau kaki kanan ...
nanti switch balance nya akan kita buat pada frame yang sama ...


nah untuk step anticipationnya agan n sista wajib punya roll controller di bagian telapak kaki nya nih gan ... karena anticipation nya hanya pakai roll controller aja gan n sist ...
kalau agan n sista perhatikan ketika melangkah, posisi paling tinggi kaki diangkat itu ketika dari samping kedua kaki sejajar ... di saat itu agan move controller kaki ke atas (sedikit saja), lalu rotate sehingga pergelangan kaki lebih tingg dari jari kaki (perhatikan gambar gan n sist ...)
keadaan rotasi nya menjadi jari kaki lebih tinggi dari pergelangan kaki ketika posisi contact ... yang beberapa frame kemudian rotasi kembali sejajar antara jari kaki dan pergelangan kaki


nah untuk switch balance yang ane bilang sebagai tambahan (tapi penting gan !!) itu simple banged gan n sist ...
kalau kita lihat dari depan ... dimana kaki kanan atau kiri yang contact position disitu kita geser hip controller nya ke arah contact position ... begitu seterus nya hip akan bolak balik selama character berjalan ...
nah sekarang kita lihat dari perspective viewport ... !!

nah agan agan n sista selamat mencoba ... ditunggu update progress nya ...
Diubah oleh bayu.indra 13-08-2016 00:34
0
3.5K
5


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan