

TS
bayu.indra
Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP
check this link Treads Index SF Animation + VFX
serial threads sebelum nya :
Animation v.A01 Function Curve , Animation v.A02 Bouncing Ball , Animation v.A03 Follow Through n Overlapping Curve , Animation v.A04 Graph Curve Tool
Animation c.A01 PINCH , Animation c.A02 GRAB CONSTRAINT , Animation c.A03 WALK CYCLE

BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP additional
jujur tanpa thread ini akan susah ngikutin thread Animation c.A03 WALK CYCLE
sejauh ini untuk roll rig dan setup yang banyak dipergunakan ada 2 ... mereka nyebutnya REVERSE FOOT dan FOOT ROLL
... langsung aja gan n sist ...
REVERSE FOOT RIG

ok ... agan n sist perlu buat 5 join skeleton yang menyerupai kaki (seperti gambar diatas)
sesudah itu agan rename join name nya , menjadi dari atas ke bawah hip, knee, ankle, ball, toe
agan samakan sama gambar ya gan ...

untuk controller nya ... agan n sist buat dari bawah, lalu buat berurutan toe, ball, dan ankle ...
lalu agan n sist rename join controller nya menjadi ctrl_root, ctrl_toe, ctrl_ball, ctrl_ankle.

buat IK handle dr hip ke ankle ... lalu rename IK_ankle_
buat IK handle dr ankle ke ball ... lalu rename IK_ball_
buat IK handle dr ball ke toe ... lalu rename IK_toe_

parent dari IK_ankle ke ctrl_ankle
parent dari IK_ball ke ctrl_ball
parent dari IK_toe ke ctrl_toe
REVERSE FOOT SETUP

pertama kita harus buat foot controller (pakai nurbs Circle, lalu rename footCtrlr_), yang nanti kita akan taruh custom attribute di transform node ctrl_root_, jadi agan n sst bisa lihat di channel box sebelah kanan dgn mudah !! lalu parent ctrl_root_ ke footCtrlr_ (jadi semua animation ada di footCtrlr_)
kasih nama custom attribute nya ROLL_, minimum value nya -10, maximum value nya 10, default value nya 0.

SET DRIVEN KEY data sampling tool sebutan keren nya ... tapi simple begini gan n sist ...
suatu tool pengkondisian ... jika attribute A (driver) melakukan sesuatu, maka attribute B (driven) di kondisikan melakukan sesuatu ...
atau jika attribute A (driver) value nya sekian, maka attribute B (driven) di kondisikan value nya menjadi sekian ... dan itu fix !!
ROLLyang kita mau buat itu sebenar nya gunanya untuk membuat gerakan yang natural ketika telapak kaki mengangkat bagian depan dan bagian belakang bergantian ... banyak digunakan sebelum kaki kanan atau kiri melangkah ...
ok kita buka Set Driven Key, set footCtrlr_ sebagai Driver, lalu ctrl_ball_, ctrl_toe_, ctrl_root_ sebagai Driven
Front Roll :
Back Roll :
kita check hasil nya gan n sist ...

FOOT ROLL RIG
untuk FOOT ROLL RIG langkah awal nya sama saja dengan REVERSE FOOT RIG, benar benar sama sampai set IK handle nya ... selebihnya baru akan berbeda ... langsung yah gan n sist ...

ok ... agan n sist perlu buat 5 join skeleton yang menyerupai kaki (seperti gambar diatas)
sesudah itu agan rename join name nya , menjadi dari atas ke bawah hip, knee, ankle, ball, toe
agan samakan sama gambar ya gan ...

buat IK handle dr hip ke ankle ... lalu rename IK_ankle_
buat IK handle dr ankle ke ball ... lalu rename IK_ball_
buat IK handle dr ball ke toe ... lalu rename IK_toe_

select IK_ankle_ dan IK_ball_, group keduanya, rename menjadi rot_ball_, lalu pindahkan pivot nya pas di posisi IK_ball_
select rot_ball_ dan IK_toe_, group keduanya, rename menjadi rot_toe_, lalu pindahkan pivot nya pas di posisi IK_toe_
select lagi rot_toe_ saja, group rot_toe_ sendirian, rename menjadi rot_ankle_, lalu pindahkan pivot nya pas di bawah posisi IK_ankle_ tapi di bawah (lihat gambar !!)
FOOT ROLL SETUP
kita juga harus buat foot controller (pakai nurbs Circle, lalu rename footCtrlr_), yang nanti kita akan taruh custom attribute di transform node ctrl_root_, jadi agan n sst bisa lihat di channel box sebelah kanan dgn mudah !! lalu parent ctrl_root_ ke footCtrlr_ (jadi semua animation ada di footCtrlr_)
buat custom attribute di footCtrlr_ kasih nama ROLL_, minimum value nya -10, maximum value nya 10, default value nya 0. lalu parent IK_ankle_ ke footCtrlr_ supaya semua joint bisa ikut ke footCtrlr_.

untuk FOOT ROLL SETUP kita akan menggunakan Set Driven Key juga, sama dengan REVERSE FOOT, dan sudah pasti dengan attribute yang berbeda ...
buka Set Driven Key, set footCtrlr_ sebagai Driver, lalu ctrl_ball_, ctrl_toe_, ctrl_root_ sebagai Driven
Front Roll :
Back Roll :
kita check hasil nya gan n sist ...

nah ... itu 2 setup untuk ROLL yang banyak digunakan, agan agan n sist bisa pilih mana mana yang paling nyaman ...
walaupun ini thread yang panjang ... hv fun gan n sist ... ditunggu update progress nya ...
serial threads sebelum nya :
Animation v.A01 Function Curve , Animation v.A02 Bouncing Ball , Animation v.A03 Follow Through n Overlapping Curve , Animation v.A04 Graph Curve Tool
Animation c.A01 PINCH , Animation c.A02 GRAB CONSTRAINT , Animation c.A03 WALK CYCLE

BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Animation c.A03 WALK CYCLE - ROLL SETUP additional
jujur tanpa thread ini akan susah ngikutin thread Animation c.A03 WALK CYCLE
sejauh ini untuk roll rig dan setup yang banyak dipergunakan ada 2 ... mereka nyebutnya REVERSE FOOT dan FOOT ROLL
... langsung aja gan n sist ...


ok ... agan n sist perlu buat 5 join skeleton yang menyerupai kaki (seperti gambar diatas)
sesudah itu agan rename join name nya , menjadi dari atas ke bawah hip, knee, ankle, ball, toe
agan samakan sama gambar ya gan ...

untuk controller nya ... agan n sist buat dari bawah, lalu buat berurutan toe, ball, dan ankle ...
lalu agan n sist rename join controller nya menjadi ctrl_root, ctrl_toe, ctrl_ball, ctrl_ankle.

buat IK handle dr hip ke ankle ... lalu rename IK_ankle_
buat IK handle dr ankle ke ball ... lalu rename IK_ball_
buat IK handle dr ball ke toe ... lalu rename IK_toe_

parent dari IK_ankle ke ctrl_ankle
parent dari IK_ball ke ctrl_ball
parent dari IK_toe ke ctrl_toe


pertama kita harus buat foot controller (pakai nurbs Circle, lalu rename footCtrlr_), yang nanti kita akan taruh custom attribute di transform node ctrl_root_, jadi agan n sst bisa lihat di channel box sebelah kanan dgn mudah !! lalu parent ctrl_root_ ke footCtrlr_ (jadi semua animation ada di footCtrlr_)
kasih nama custom attribute nya ROLL_, minimum value nya -10, maximum value nya 10, default value nya 0.

SET DRIVEN KEY data sampling tool sebutan keren nya ... tapi simple begini gan n sist ...
suatu tool pengkondisian ... jika attribute A (driver) melakukan sesuatu, maka attribute B (driven) di kondisikan melakukan sesuatu ...
atau jika attribute A (driver) value nya sekian, maka attribute B (driven) di kondisikan value nya menjadi sekian ... dan itu fix !!
Quote:
ROLLyang kita mau buat itu sebenar nya gunanya untuk membuat gerakan yang natural ketika telapak kaki mengangkat bagian depan dan bagian belakang bergantian ... banyak digunakan sebelum kaki kanan atau kiri melangkah ...
ok kita buka Set Driven Key, set footCtrlr_ sebagai Driver, lalu ctrl_ball_, ctrl_toe_, ctrl_root_ sebagai Driven
Front Roll :
Quote:
Back Roll :
Quote:
kita check hasil nya gan n sist ...


untuk FOOT ROLL RIG langkah awal nya sama saja dengan REVERSE FOOT RIG, benar benar sama sampai set IK handle nya ... selebihnya baru akan berbeda ... langsung yah gan n sist ...

ok ... agan n sist perlu buat 5 join skeleton yang menyerupai kaki (seperti gambar diatas)
sesudah itu agan rename join name nya , menjadi dari atas ke bawah hip, knee, ankle, ball, toe
agan samakan sama gambar ya gan ...

buat IK handle dr hip ke ankle ... lalu rename IK_ankle_
buat IK handle dr ankle ke ball ... lalu rename IK_ball_
buat IK handle dr ball ke toe ... lalu rename IK_toe_

select IK_ankle_ dan IK_ball_, group keduanya, rename menjadi rot_ball_, lalu pindahkan pivot nya pas di posisi IK_ball_
select rot_ball_ dan IK_toe_, group keduanya, rename menjadi rot_toe_, lalu pindahkan pivot nya pas di posisi IK_toe_
select lagi rot_toe_ saja, group rot_toe_ sendirian, rename menjadi rot_ankle_, lalu pindahkan pivot nya pas di bawah posisi IK_ankle_ tapi di bawah (lihat gambar !!)

kita juga harus buat foot controller (pakai nurbs Circle, lalu rename footCtrlr_), yang nanti kita akan taruh custom attribute di transform node ctrl_root_, jadi agan n sst bisa lihat di channel box sebelah kanan dgn mudah !! lalu parent ctrl_root_ ke footCtrlr_ (jadi semua animation ada di footCtrlr_)
buat custom attribute di footCtrlr_ kasih nama ROLL_, minimum value nya -10, maximum value nya 10, default value nya 0. lalu parent IK_ankle_ ke footCtrlr_ supaya semua joint bisa ikut ke footCtrlr_.

untuk FOOT ROLL SETUP kita akan menggunakan Set Driven Key juga, sama dengan REVERSE FOOT, dan sudah pasti dengan attribute yang berbeda ...
buka Set Driven Key, set footCtrlr_ sebagai Driver, lalu ctrl_ball_, ctrl_toe_, ctrl_root_ sebagai Driven
Front Roll :
Quote:
Back Roll :
Quote:
kita check hasil nya gan n sist ...

nah ... itu 2 setup untuk ROLL yang banyak digunakan, agan agan n sist bisa pilih mana mana yang paling nyaman ...
walaupun ini thread yang panjang ... hv fun gan n sist ... ditunggu update progress nya ...

Diubah oleh bayu.indra 13-08-2016 02:50
0
3.8K
17


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan