CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Bagaimana Jika Anak Tantrum?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db4715109b5ca4742273883/bagaimana-jika-anak-tantrum

Bagaimana Jika Anak Tantrum?

Bagaimana Jika Anak Tantrum?

Sumber gambar : di sini


Hai Moms,pernahkan mengalami anak tantrum di tempat umum? Bagaimana perasaan Moms saat itu? Marah, malu atau santai? Jujur Moms, anak balita saya pernah mengalami tantrum beberapa kali di tempat umum. Malu, itu pasti! Tetapi saya lebih menjaga perasaan anak, Moms! Jadi saya lebih memilih santai, karena jika Moms marah atau panik anak pasti semakin menjadi tantrumnya.


Tantrum merupan luapan kemarahan anak. Anak tidak bisa mengungkapkan keinginannya, sehingga hanya menangis atau tantrum. Layaknya orang mengamuk, tantrum biasanya terdiri dari gabungan tingkah laku menjerit, berteriak melengking, melempar barang, menangis, memukul atau berguling-guling di lantai.


Apa yang menyebabkan anak tantrum?


Banyak, Moms!Tantrum pada umumnya merupakan ekspresi kekecewaan anak karena ketidakmampuan anak untuk melakukan aktivitas yang dicoba, seperti membuka pintu yang terkunci atau mengambil mainan di tempat yang sulit dijangkau anak.


Tantrum juga bisa merupakan ekspresi kekecewaan anak jika keinginannya tidak terpenuhi. Misalnya anak masih ingin bermain, tetapi Momsmeminta anak untuk tidur. Anak meminta makan dengan lauk ikan, tetapi Moms memberi lauk daging.




Tantrum juga bisa menjadi ekspresi jika anak panik. Misalnya sedang antri memilih mainan yang hendak dibeli, tetapi ternyata mainan pilihan anak lebih dulu dibeli orang lain dan tidak ada stok lagi di toko tersebut.


Tantrum juga bisa terjadi karena anak sedang ingin diperhatikan. Sehingga sengaja menangis atau tantrum jika Momsdan keluarga besar sedang berkumpul.


Lalu, bagaimana menghadapi anak yang sedang tantrum?


Abaikan tangisan atau tantrumnya, Moms!Biarkan tantrum reda dengan sendirinya. Tapi, Moms harus pastikan anak aman. Tetap mengawasi anak dan segera mengambil tindakan yang diperlukan bila ada resiko bahaya terjadi saat anak sedang tantrum. Misalnya, anak menyakiti diri sendiri atau melempar barang.


Lupakan rasa malu, ya Moms!Tetap jaga perasan anak. Jangan membentak atau memukul, apalagi jika anak tantrum di depan umum. Bila perlu ajak anak di tempat yang sepi dan biarkan anak menyelesaikan tantrumnya hingga reda dengan sendirinya. Ingat Moms, anak harus tetap dalam pengawasan.


Quote:

Sumber : di sini


Kadang saya merekam diam-diam saat anak tantrum. Tujuan saya, untuk dokumentasi dan kenang-kenangan anak saat mereka dewasa nanti. Be happy, Moms!Jangan dibuat pusing jika anak tantrum. Seiring bertambah usia, anak juga akan semakin paham saat diberi pengertian.


Referensi :

1. Opini pribadi




emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sakiem dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
45
harus sabar dan tidak ikutan terpancing emosi kalo tau anak sedang tantrum spt ini
profile-picture
alva610 memberi reputasi
profile picture
alva610
kaskus addict
yoi, sist. adakalanya perlu cuek juga sama omongan orang.
profile picture
mamabraddox
kaskus addict
@alva610 betul banget gan. setuju ane
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di