CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air Kepada Anak TK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5015fca2d1950a210de243/menanamkan-sikap-cinta-tanah-air-kepada-anak-tk

Anak TK yang Cinta Indonesia




Hai Gan/Sist, apa kabar? Semoga kalian sukses dan sehat selalu ya, sehingga bisa beraktivitas dan berkreativitas seperti yang diinginkan.

Jumpa lagi dengan thread saya, Gan/Sist. Kali ini saya menulis tentang kebanggaan saya menjadi warga negara Indonesia. Saya bangga juga terhadap anak TK yang sudah diajarkan sikap cinta tanah air oleh gurunya di sekolah. Kebetulan anak saya sekarang usia 5 tahun dan sekolah Taman Kanak-kanak (TK). Di sekolah, anak saya sudah mulai diajarkan tentang cinta tanah air dan saya sangat setuju.

Menurut saya, sikap cinta tanah air itu perlu ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. Tujuannya adalah supaya sejak usia dini pula anak-anak mulai memiliki rasa bangga, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas terhadap Negara Kesatuan Repubilk Indonesia (NKRI).



Lalu, apa saja yang dilakukan oleh guru TK untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para muridnya? Berikut yang dilakukan oleh guru di TK tempat anak saya sekolah :


1. Upacara Bendera



Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Upacara yang dilakukan anak TK setiap hari Senin tersebut sangat sederhana. Tetapi tetap tegap hormat kepada bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu wajib Nasional lainnya serta mengucapkan Pancasila.


2. Belajar Tarian Daerah


Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Salah satu tarian daerah yang diajarkan adalah tarian Manuk Dadali yang berasal dari Provinsi Jawa Barat. Tetapi hanya murid perempuan yang menari, sedangkan murid laki-laki hanya menyimak dan memperhatikan saja. Tentu Bu Guru harus ekstra sabar mengajari, makhlum masih anak TK yang kadang bersikap lucu dan menggemaskan.


3. Memperingati Hari Kartini




Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Saat mpetingati hari Kartini, anak-anak TK mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia dan ada juga yang mengenakan pakaian profesi di Indonesia.

Ibu Guru juga menceritakan biografi singkat tentang R.A Kartini. Dengan seksama, anak-anak menyimak Ibu Guru. Ada juga yang banyak bertanya karena belum paham betul tentang pahlawan R.A Kartini. Tapi dimaklumi kok kalau mereka belum paham, karena usia meraka anak-anak.


4. Menceritakan Sejarah dan Tokoh Pahlawan di Indonesia

Dengan sabar dan telaten, Ibu Guru menceritakan sosok pahlawan Indonesia satu persatu dengan bahasa yang bisa dimengerti oleh anak-anak usia TK. Sungguh mulia ya, guru TK yang bisa dengan sabar bercerita dan melayani pertanyaan anak satu persatu. Saya mengerti tentang sejarah beberapa pahlawan, tapi kalau untuk menjelaskan kepada anak-anak TK belum tentu saya bisa. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada guru TK anak saya, yang telah sabar dan telaten mengajari anak saya.


5. Mengajarkan untuk Saling Menghormati Teman


Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Anak TK, tentu masih memiliki sikap egois yang tinggi. Semuanya ingin menjadi pemenang, baik dalam bermain maupun berteman. Tetapi dengan sabar guru mengajarkan anak untuk saling menghormati dan menghargai teman, sesama teman tidak boleh saling menyakiti. Waupun teman berbeda, baik suku, agama maupun jenis kelamin tetapi semua adalah makhluk ciptaan Tuhan.


Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi


Nah itulah Gan/Sist, beberapa hal yang dilakukan guru di TK tempat anak saya belajar, untuk menumbuhkan sikap cinta tanah air kepada murid-muridnya. Anak-anak itu unik dengan berbagai macam perilakunya. Tetapi mereka masih sangat mudah untuk menyerap informasi dan peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Tetapi harus tetap sabar menghadapi perilaku/tingkah anak ya, Gan/Sist. Serta ajarkan mereka tentang Cinta Tanah Air. Karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa.

Terima kasih Gan/Sist, sudah mampir di thread saya. Semoga Indonesia semakin jaya. I ❤ Indonesia. 🇮🇩

profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh

Bermain, Salah Satu Kebutuhan Primer Anak


Sumber gambar : dokpri


Moms,bermain itu adalah salah satu kebutuhan primer anak-anak.


What?Iya, Moms! Karena dengan bermain, sisi ego anak akan terpenuhi. Anak-anak bebas mengatur mainannya, bebas menggerakkan mainannya dan bebas memfungsikan mainannya.


Bermain dengan orang tua, itu salah satu hal yang dinanti anak. So, luangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk bermain bersama anak, ya Moms. Selain anak yang bahagia, Moms pasti juga bahagia.


Be happy, Moms.


emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
makola dan embunsuci memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di