CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Arsitektur /
All About KPR - Please Read Page 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013965906/all-about-kpr---please-read-page-1

All About KPR - Please Read Page 1

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 442 dari 501
gan, ceritanya ane udah dpt surat pemesanan rumah dari booking fee yg udah di setor. Pihak developer sih bisa bantu untuk submit2 aplikasi ke bank2 yg sudah kerjasama dgn mereka (BCA, BII, BRI, NISP, Mandiri, dkk total 10 bank).

Saran dong, lebih baik saya kasih aplikasi lgs ke sales KPR bank atau ttp nunggu dari developer ya?
atau ada agan2 sales KPR daerah bandung?
Quote:


Promo BTN expo ini berlaku untuk BTN Syariah ga ya?
Met pagi agan2 semua
kebetulan ane juga mau urus KPR rumah 2nd di Bekasi.
Begitu ane mau urus ke Bank, rupa-rupanya ditolak soalnya sertifikat rumahnya masih keluaran DDN, sehingga disaranin "upgrade" sertifikatnya ke BPN. Sekalian balik nama, karena sertifikatnya masih atas nama alm. suami, yg diwariskan ke istri (yang jadi pihak penjual)

Singkat cerita, ane make "perantara" (soalnya ane ga ada waktu ngurusin) dan ternyata biaya yg keluar, entah resmi ato ngga, lumayan banyak, padahal hasil yang ane terima cuma surat yang dicap "Sudah balik nama" dari BPN (ga pake ganti blanko dan balik nama) dan keluar duit sampe 6 juta emoticon-Hammer
Katanya malah kalo ganti blanko nambah lagi 1 jt emoticon-Hammer

Dan setelah ane proses lagi, sampe di analis kredit malah ditolak dengan alasan nama yang di sertifikat masih atas nama alm. suami penjual, belom dibalik nama dan cuman sekedar cap aja ga cukup buat bank.

Ane bingung dah. Apa BPN Bekasi seribet itu kah sampe ngurus surat rumah aja begini?
Quote:


Gan kalau agan mau beli rumah. Soal balik nama dari suami penjual ke istrinya itu urusan penjual (termasuk biaya2nya) bukan tanggungan pembeli. Biar penjual urus sertipikatnya dulu sampai beres, baru agan ajuin ke Bank.
Quote:


Enak urus sendiri gan, jadi tahu dan pengalaman bagaimana proses KPR itu. Dan yg lebih penting agan bisa mengotrol terus sampai dimana proses KPR nya.
Quote:


Sang penjual itu ibu ane sendiri gan emoticon-Ngakak
Singkatnya beliau bilang daripada ini rumah ntar jadi rebutan anak2nya, mending siapa cepat dia dapat aja.
Jadi ane yg sambut gayungnya.
Sertifikat masih atas nama bokap.

Dulu ane urus ke Bank P***ata ga bisa soalnya pernah ada kasus jual beli 1 keluarga
Ane urus ke B*A baru bisa
Eh kena ginian

Masalah surat2an, emang mau ga mau ane yg urus juga ujung2nya gan
Kalopun ntar yang beli orang lain, ujung2nya juga pasti ane juga yg urusin emoticon-Hammer
Quote:


tgl rubah nama ente aja gan pk notaris klo gk mw ribet
Quote:


ga bisa gan. Pas Akad Kredit, nama yang penjual katanya harus sama dengan nama yang tercantum di sertifikat.
Karena penjualnya nyokap, sertifikatnya harus balik nama dulu ke nyokap, baru setelah akad kredit, balik namanya ke ane.

Soalnya nyokap ga mau ribet2an sama warisan. Yang pengen rumahnya ya bayarin, gituh.
gan nanya donk.. ane dh di approved dr 2 minggu lalu, tp belum akad2..
karena bentrok antara developer dan bank..
dikarenakan bank mau akad + AJB langsung.. tapi developer mau pelunasan dulu lalu AJB nanti..
yang bener yang mana ya gan???
AJB dlu apa akad dlu??
apa dilakukan bersama2???
help bgt gan..
thx
Quote:


Wah kalau begitu mesti ke notaris dulu gan untuk balik nama atas barang warisan dari suami ke istri, nanti balik nama ke BPN nya diurusin sama notaris, seharusnya ga mahal paling sejutaan.
Quote:


Bank tidak mau mencairkan dananya sebelum AJB gan.
Quote:



sedangkan developer harus pencairan dlu baru AJB...
gimana ya gan solusinya.??
ane bener2 bingung dah.. krna developer dan bank tdk krja sama..
Quote:


Kan setelah AJB semua surat2 masih dipegang Notaris. Setelah semua pembayaran ke penjual lunas dan clear baru pihak bank mendapat surat2 AJB + pengakuan hutang , hak tanggungan (sertipikat klo ada) dll. Jadi developer ga perlu khawatir seharusnya. Dalam hal ini Notaris adalah pihak yang netral PPAT sebagai pejabat yg ditunjuk negara.
bunga floating bca 11,75% emoticon-Hammerhammeremoticon-Hammer2
barusan liat tagihan kpr setelah masa honeymoon nya selesai.
Quote:


itu udah bunga floating terkecil loh gan. emoticon-Ngakak (S)

dibandingkan bank lainnya yg berkisar 13-14% floatingnya.
Quote:



nih developer ane aneh bener..
mw ajb kalo udah pencairan dana, trus itu jg skitar 1 bulan bru ajb..
gimana ya gan ane bingung bgt....?
ada solusi gk utk developer macem bgini?? emoticon-Mewek
msalah nya developer gk krja sma dgn bank ini... hanya notaris nya ja krja sma dgn bank dan developer ...
help bgt gan..
halo gan nanya urgent ni, jadi saya mau beli rumah 2nd, tp pemiliknya belum balik nama sertipikat, cuma ada Perjanjian jual beli gtu (belum AJB), si pemilik lama yg ada di sertipikat ini udah mau sih transaksi nanti langsung ke saya. Karena saya mau KPR, ada yg mau saya tanyain:
1. bank mau ga ya proses KPR macem gini?
2. Dana KPR itu cair lgsg ke penjual apa pembeli? klo penjualnya (yg namanya ada di sertipikat) minta di cairin ke rekening selain nama dia apakah bisa?

pening ni, penjualnya ga mau dananya lewat pemilik terdahulu dulu soalnya.. sementara dari tanya2 ada kemungkinan dana kpr cairnya ke pemilik lama yg namanya tercantum di AJB
Quote:


1. Share dikit gan, kemaren ane juga proses KPR dengan kondisi seperti agan... setelah cari sana sini, ternyata gak semua bank mau terima kondisi jual beli seperti kita ini... tapi akhirnya udah kelar proses KPR nya...

Ane udah coba cari beberapa bank yang bisa untuk proses KPR dengan kondisi seperti ini, diantaranya BTN, BSM, DKIS, Muamalat, UOB masih ada kemungkinan bs... ini yang udah ane cari dan apply dan yang memungkinkan untuk bs proses KPR dengan kondisi kita..

2. Dana KPR langsung cair ke pemilik lama yang tertera di sertifikat, untuk pencairan ke rekening lain selain nama yang tercantum di sertifikat biasanya diluar proses KPR, aka urusan pemilik yang di sertifikat dengan penjual yang sekarang.. (CMIIW)
Agan-agan, sorry newbie mau nanya nih, bisa agak kita ngajukan dan ngurusin KPR di Bank yang bukan daerah dimana kita membeli rumah, misal kita kerja di Jakarta tapi pengen beli rumah di Tasikmalaya, berhubung gak ada waktu buat ngurus langsung di sana jadi ane pengen ngurusnya di jakarta.

Kalau bisa, apa saja dokumen yang harus disiapkan (selain dari dokumen persyaratan umum untuk KPR),?

Terimakasih.
Quote:


makasih infonya gan.. klo agan jadinya PPJB nya dibatalin gan?
Halaman 442 dari 501
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di