METODE BELAJAR YG MENARIK & MENYENANGKAN DGN MEMANFAATKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
TS
Si.G3ndut
METODE BELAJAR YG MENARIK & MENYENANGKAN DGN MEMANFAATKAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Spoiler for Double Post? No way!:
Latar Belakang :
Seiring perkembangan zaman, faktor teknologi, keluarga dan lingkungan memiliki peranan kuat dalam proses pertumbuhan anak. Maraknya berita saat ini yang berkenaan dengan anak membuat kita semakin miris sekaligus ngeri. Kebebasan media dalam memberitakan kasus-kasus narkoba, pemerkosaan, penganiayaan sampai mengakibatkan pembunuhan terhadap anak secara tidak langsung sudah memberikan contoh yang kurang baik terhadap anak, di iringi Kemajuan teknologi yang begitu pesat membuat anak semakin mudah mengakses hal-hal tersebut. Akan tetapi perkembangan teknologi juga bisa memberikan dampak positif apabila “kita” bisa mengarahkan/menggunakannya dengan benar.
Spoiler for Metode:
AUDIO & VISUAL
Beberapa penelitian membuktikan bahwa pembelajaran yang diserap melalui media penglihatan (media visual), sekaligus dengan pendengaran (media audio), dapat mempercepat daya serap anak didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan. Salah satu keuntungan penggunaan media pembelajaran audio visual adalah, tampilannya dapat dibuat semenarik mungkin, agar anak tertarik untuk mempelajarinya. Misal dengan animasi, musik, gambar, grafik, diagram, cerita bahkan video.
Quote:
TUJUAN
Media yang dipilih hendaknya menunjang tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Tujuan yang dirumuskan ini adalah kriteria yang paling cocok, sedangkan tujuan pembelajaran yang lain merupakan kelengkapan dari kriteria pertama.
Quote:
Ketepatgunaan
Jika materi yang akan dipelajari adalah bagian-bagian yang penting dari benda, maka gambar seperti bagan dan slide dapat digunakan
Apabila yang dipelajarai adalah aspek-aspek yang menyakut gerak, maka media film atau video akan lebih tepat. Wilkinsonmenyatakan bahwa penggunaan bahan-bahan yang bervariasi menghasilkan dan meningkatkan pencapain akademik.
Quote:
KEADAAN ANAK DIDIK
Media akan efektif digunakan apabila tidak tergantung dari beda interindividual antar anak. Msialnya kalau anak tergolong tipe auditif/visual maka siswa yang tergolong auditif dapat belajar dengan media visual dan siswa yang tergolong visual dapat juga belajar dengan menggunakan media auditif.
Quote:
KETERSEDIAAN
Walaupun suatu media dinilai sangat tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran, media tersebut tidak dapat digunakan jika tidak tersedia.
Menurut Wilkinson, media merupakan alat mengajar dan belajar, peralatan tersebut harus tersedia ketika dibutuhkan.
Spoiler for ALAT YANG DI BUTUHKAN:
Memang benar kita memerlukan fasilitas lebih,
tapi kita juga bisa menggunakan apa yang kita miliki
~sigendut~
Quote:
BIAYA
Biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh dan menggunakan media, hendaknya benar-benar seimbang dengan hasil yang akan dicapai.
Menurut Canei, R. Springfield, dan Clark C. (1998 : 62)dasar pemilihan alat bantu visual adalah memilih alat bantu yang sesuai dengan kematangan, minat dan kemampuan kelompok, memilih alat bantu secara tepat untuk kegiatan pembelajaran, mempertahankan keseimbangan dalam jenis alat bantu yang dipilih, menghindari alat bantu yang berelebihan, serta mempertanyakan apakah alat bantu tersebut diperlukan dan dapat mempercepat pembelajaran atau tidak.
Spoiler for PELAKSANAAN:
Tentukan terlebih dahulu materi pembelajarannya, misal :materi pembelajaran Bahasa Inggris Usia antara 12-13 tahun/Kelas 5-6 SD
Buat Konsep/rangka materinya :
Tentukan materi yang akan dipelajari yang berkenaan dengan bagian-bagian yang penting dari benda, maka gambar/animasi pada slide dapat digunakan : alphabet/Spelling, Number, Count, Vocabularies (Color, Shape, Animal, Fruit, Vegetable, classroom, House, part of the Body, Occupation)
Materi yang dipelajarai adalah aspek-aspek yang menyakut gerak, maka gunakan media film atau video : Greetings, Introduction, Conversation
Kumpulkan bahan gambar, animasi atau video yang berkenaan dengan materi
Cara mudah dan cepat bisa download langsung via google & youtube
Materi bisa dibuat dengan cara sederhana dan paling mudah yakni menggunakan PowerPoint
Hasil materi bisa di download disini : Materi Pembelajaran Metode AudioVisual
Peralatan yang TS gunakan pada saat penerapan Materi : 1 unit TV LED 22”,1 Unit Laptop, Kabel HDMI, Wireless Presenter, 1 Unit PC Speaker
Bukti hasil penerapan Materi terhadap anak, dan alhamdulillah anak-anak menyukainya : Kelas 5-6 SD