CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
30 Tahun Pengabdian C-17 Globemaster III, Pesawat Angkut yang Berbadan Tambun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/614f3a4e6666501fb2399e64/30-tahun-pengabdian-c-17-globemaster-iii-pesawat-angkut-yang-berbadan-tambun

30 Tahun Pengabdian C-17 Globemaster III, Pesawat Angkut yang Berbadan Tambun

Pada thread sebelumnya TS sudah membuat ulasan mengenai dua alutsista buata AS yang memasuki masa pengabdian lebih dari 50 tahun, yang pertama ada pesawat C-130 Herculesyang mengabdi selama 67 tahun serta helikopter angkut berat CH-47 Chinook yang sudah mengabdi selama 60 tahun. Sedikit terlupakan dari ingatan TS sendiri, masih dari segmen angkut-mengangkut ternyata C-17 Globemaster III pada tahun ini juga merayakan usia pengabdiannya yang ke-30 tahun. Menariknya pencapaian 30 tahun C-17 kali ini diwarnai dengan aksi heroik mengevakuasi warga Afghanistan dari Kabul setelah negara itu dikuasai oleh Taliban.

Selain jadi bulan bersejarah bagi CH-47 Chinook, bulan September juga menjadi bulan yang spesial bagi C-17, pasalnya pada tanggal 15 September 1991 pesawat angkut strategis bermesin jet ini berhasil melakukan penerbangan perdananya. Sementara pada 21 September 1961 helikopter CH-47 Chinook menjalani penerbangan pertamanya.

Pada tahun 1980-an USAF (Angkatan Udara AS) sedang mencari pesawat angkut taktis baru, beberapa manufaktur pun menawarkan desainnya, mulai dari Lockheed Martin, Boeing, serta McDonnell Douglass. Dan pada tanggal 28 Agustus 1981, McDonnell Douglas dipilih untuk membangun pesawat yang diusulkan, dan kemudian disebut sebagai C-17. Sempat mengalami beberapa kendala dalam masa produksi awal, pesawat pun pada akhirnya tetap bisa diproduksi. Pada perkembangannya, di tahun 1997 Boeing turut bergabung dalam proses pembuatan pesawat. Selanjutnya kedua perusahaan merger dan produksi dilakukan oleh Boeing.



Quote:



C-17 bisa melakukan beberapa misi pengangkutan udara taktis dan strategis, mulai dari mengangkut pasukan dan kargo ke seluruh dunia, peran tambahan termasuk evakuasi medis serta tugas airdrop. Selain misi militer pesawat ini juga digunakan untuk misi kemanusiaan, salah satunya saat digunakan untuk mengevakuasi warga Afghanistan dari bandara Kabul beberapa bulan lalu. Serta sempat ditugaskan mengevakuasi warga Filipina yang terkena topan pada tahun 2013. C-17 dirancang untuk menggantikan Lockheed C-141 Starlifter, selain itu pesawat juga bisa memenuhi beberapa tugas dari Lockheed C-5 Galaxy.

Pesawat yang didesain McDonnell Douglas ini mendapatkan nama Globemaster III, di mana namanya diambil dari julukan pesawat angkut militer bermesin piston milik USAF sebelumnya, yakni Douglas C-74 Globemaster dan Douglas C-124 Globemaster II. FYI C-17 mulai memasuki layanan USAF pada 17 Januari 1995.

Pesawat diawaki oleh tiga kru yang terdiri dari 2 pilot serta 1 loadmaster. Kapsiatas angkut penumpang standar C-17 adalah 80 orang di atas 8 palet, ditambah dengan 54 penumpang di kursi dinding samping. Total penumpang yang dibawa adalah 134 orang. Sementara untuk operasi terjun payung, pesawat mampu membawa 150 pasukan dengan konfigurasi palet dan sidewall seats.

Pada evakuasi warga Afghanistan di Kabul pada 15 Agustus 2021 lalu, C-17 total membawa 820 penumpang (termasuk anak-anak), sementara saat evakuasi warga Filipina pesawat membawa 670 orang. Jika membawa muatan barang, lambung perutnya dapat membawa satu MBT M1 Abrams, dua ranpur M2 Bradley, atau tiga ranpur beroda ban Stryker.


Quote:



Meskipun punya badan tambun dan berbobot berat yakni mencapai 128,140 kg, C-17 dapat dioperasikan dari landas pacu yang buruk layaknya pesawat angkut C-130 Hercules yang spesifikasinya berada di bawahnya. C-17 Globemaster III ditenagai 4 mesin turbofan Pratt & Whitney F117-PW-100, berdaya masing-masing 179,9 kN.

Pesawat mampu digeber sampai kecepatan maksimum Mach 0,875 (1.080 km/jam). Punya ketinggian terbang hingga 14.000 m, jangkauan operasi sejauh 4.480 km, dengan payload maksimum 77,5 ton. Pesawat punya panjang 53 m, tinggi 16.79 m, serta rentang sayap 51.75 m. Kompartemen kargo pesawat memiliki ukuran panjang 26.82 meter, lebar 5.48 meter,m serta tinggi 3.76 meter.

Selain digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, C-17 juga digunakan oleh India, Inggris, Australia, Kanada, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan organisasi multilateral Heavy Airlift Wing yang berbasis di Eropa. Total ada 279 unit yang dibuat dari tahun 1991-2015. Sayangnya pesawat ini tak lagi diproduksi, produksi terakhir C-17 dilakukan tahun 2015. Pesawat produksi terakhir tersebut keluar dari pabrik Boeing di Long Beach, California pada 29 November 2015.

Dengan pengabdian yang memasuki 30 tahun, pesawat ini sukses menjadi kuli panggul guna mendukung operasi militer AS di seluruh dunia. Terutama misi militer di Irak, Iran serta Afghanistan. Dan pada tanggal 15 Agustus 2021menjelang usia pengabdiannya yang ke-30 tahun, C-17 yang mengevakuasi 820 orang dari Kabul. Dia menjadi saksi bisa sekaligus penutup perang terpanjang dan termaal yang pernah dijalani Amerika di Afghanistan.

Berbeda dengan dua seniornya yakni Hercules dan Chinook yang masih akan terus diproduksi, C-17 sudah tidak lagi diproduksi. Entah sampai kapan C-17 nanti akan digunakan ? Sampai saat ini belum ada rencana mencari penggantinya, dengan pengalaman melakukan berbagai misi bukan tidak mungkin jalur produksi C-17 bisa dibuka kembali di masa depan. Long Live Globemaster III emoticon-Cendol (S)


Quote:




Demikian sedikit informasi yang bisa TS sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk agan dan sista. Tetap semangat dan jaga kesehatan. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer



Referensi Tulisan: 1& 2
Ilustrasi Foto: Boeing & USAF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 26 lainnya memberi reputasi
Hercules mengabdi 67 tahun.

30 Tahun Pengabdian C-17 Globemaster III, Pesawat Angkut yang Berbadan Tambun


Chinook mengabdi 60 tahun.

30 Tahun Pengabdian C-17 Globemaster III, Pesawat Angkut yang Berbadan Tambun

C-5 Galaxy mengabdi 53 tahun.

30 Tahun Pengabdian C-17 Globemaster III, Pesawat Angkut yang Berbadan Tambun

Globemaster III mengabdi 30 tahun.

30 Tahun Pengabdian C-17 Globemaster III, Pesawat Angkut yang Berbadan Tambun


Eksistensi para kuli panggul yang jadi andalan Paman Sam emoticon-Cool

Silakan mampir juga di thread ane yang lainnya:

67 Tahun Hercules

60 Tahun CH-47 Chinook


Komentar Kaskuser emoticon-Toast



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Muatan "aneh" si Globemaster ini salah satunya adalah Keiko , killer whale yang jadi bintang film Free Willy. Itu tuh film jaman agan masih bocil dulu. Nah si Keiko ini pas mudik ke iceland juga numpang pesawat ini..
30 Tahun Pengabdian C-17 Globemaster III, Pesawat Angkut yang Berbadan Tambun

30 Tahun Pengabdian C-17 Globemaster III, Pesawat Angkut yang Berbadan Tambun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Keren ya, pengabdiannya lama banget, kalo disini mungkin susah...

Btw forum militer threadnya rata2 dikuasai agan tsemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Perawatan dan pemeliharaan oleh USAF selama puluhan tahun, atas pesawat2 kargo militer nya mmg luar biasa..... Msh bs terus berdinas spt biasa nya tuh c17 GM..... Gan.....

Omong2, itu pesawat hny bs angkut 1 mbt abrams saja ya...... tp, ya setidaknya bs angkut sebanyak 640 orang, secara maximal.....

ini, penerus nya pesawat angkut ini, apa saja sih, gan.....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Keren lah ni si C17 GM, semua bs diangkutin mulai dr yg ringan mpe berat. Terakhir ngangkutin pengungsi Afghanistan dan pernah ngangkut paus juga ternyata. Key nya bakal panjang masa dinasnya nih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
bingung mau komen apa, soalnya blom lama bahas C-17 juga...emoticon-Peace

dijejelin 4 humvee + pasukan...


pernah nyungsep tahun 2010 di Alaska
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Sangar emang nih si Globe master bentuknya.. ndut ndut berotot emoticon-Ngakak

Seneng banget pernah liat waktu KTT di Bali , ada 5-6 ekor parkir, sampek gak kedip gw melototin tuh pesawat emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


nggak kedip berapa lama itu om ? emoticon-Hammer (S)



Quote:


brand AS itu gan, Boeing bikin badan prsawat, rata2 mesin pesawat AS tidak dibuat langsung oleh manufaktur pesawatnya.


jelas gedean Globemaster gan emoticon-Hammer (S)



Quote:


pernah nyungsep juga ternyata, terimakasih tambahannya gan emoticon-Nyepi


Quote:


sayangnya sudah tidak diproduksi gan emoticon-Ngacir


Quote:


siap gan, kapan2 ane coba ulas. terimakasih sarannya emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:


untungnya masih laku di pasar ekspor gan emoticon-Big Grin



Quote:


maksud gan varian gunship ? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
69banditos dan 2 lainnya memberi reputasi
Dah kaya kapa feri itu isinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Y-20 Kunpeng made in China ?



Quote:


buat misi pengintaian dan tempur pakai drone ok, buat misi angkut2 tetap pakai prsawat berawak gan emoticon-Ngacir


Quote:


wahh rumahnya dekat Halim ternyata gan emoticon-Big Grin


Quote:


tahun 2040 banyak pesawat yang pensiin ya om, termasuk B-52 emoticon-Ngacir



Quote:


menutup operasi militer AS di Afghanistan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
69banditos dan gonugraha76 memberi reputasi


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di