CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Peristiwa Mandor: Pembantaian Massal Tanpa Batas Etnis dan Ras
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f100108fddfa64ee6e9ee1/peristiwa-mandor-pembantaian-massal-tanpa-batas-etnis-dan-ras

Peristiwa Mandor: Pembantaian Massal Tanpa Batas Etnis dan Ras


Spoiler for Selamat Datang:



Peristiwa Mandor pada 28 Juni 1944 yang terjadi di Kalimantan Barat pada masa pendudukan Jepang merupakan bagian dari sejarah kelam bangsa ini, dimana ribuan rakyat tidak berdosa dibantai secara keji oleh tentara Dai Nippon. Pembantaian ini menyisir seluruh lapisan masyarakat mulai dari keluarga kesultanan, kaum cerdik pandai, hingga rakyat biasa.

Spoiler for Peristiwa Mandor:



Kronologinya adalah seperti berikut:

Tentara Jepang mulai memasuki Pontianak pada 2 Februari 1942 dan disambut dengan baik. Jepang melakukan mobilisasi terhadap rakyat untuk kepentingan perang mereka, seperti pengerahan pemuda, pengenalan budaya Jepang dan kewajiban kerja bakti. Akan tetapi semakin lama rakyat merasa antipati karena sikap kejam tentara Jepang, serta kondisi hidup yang semakin sulit pada waktu itu.

Peristiwa Mandor terjadi karena kecurigaan dan kekhawatiran Jepang akan adanya aksi perlawanan rakyat. Kabar ini hanyalah isu dan seakan dibuat-dibuat. Jepang melakukan pembersihan sebagai upaya pencegahan mulai dari Oktober 1943 hingga 28 Juni 1944. Jumlah korban secara resmi menurut pemerintah Kalimantan Barat ialah 21.037 jiwa.

Dampak Peristiwa Mandor antara lain hilangnya generasi cerdik pandai, terpelajar, hingga tokoh politik yang dapat menjadi modal untuk membangun Kalimantan Barat. Selain itu dua belas pemimpin swapraja/kesultanan juga gugur dan menyebabkan keguncangan pemerintahannya.

Kekejaman Jepang terhadap rakyat juga memantik perlawanan etno-gerilya Suku Dayak di seluruh penjuru Kalimantan Barat.


Spoiler for Peristiwa Mandor:



Peristiwa Mandor adalah sebuah peristiwa kelam yang pernah terjadi di Kalimantan Barat, peristiwa ini terjadi pada tahun 1943-1944 di daerah Mandor, Kabupaten Landak.

Sewaktu itu, pihak Jepang sudah mencurigai bahwa di Kalimantan Barat dan Selatan terdapat komplotan-komplotan yang terdiri atas feodal lokal, cendikiawan, ambtenar, politisi, tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga rakyat jelata, dari berbagai etnik, suku maupun agama. Sehingga komplotan-komplotan tersebut diatasi dengan aksi kekerasan. Penangkapan-penangkapan yang pernah terjadi antara September 1943 hingga awal 1944.

Menurut data yang ada, jumlah korban dari peristiwa Mandor tersebut adalah ± 21.037 orang. Akan tetapi pihak dari Jepang menolak pernyataan tersebut dan menganggap hanya ada 1.000 korban saja. Peristiwa Mandor terjadi akibat ketidaksukaan pihak Jepang waktu itu terhadap para pemberontak yang ada di Kalimantan Barat dikarena ketika itu Jepang ingin menguasai sumber daya alam yang ada di bumi Kalimantan Barat. Sebelum terjadi peristiwa Mandor, juga terdapat peristiwa Cap Kapak dimana kala itu tentara – tentara Jepang secara paksa mendobrak pintu – pintu rumah masyarakat dikarenakan mereka ingin menakut-nakuti masyarakat agar tidak berani untuk melakukan pemberontakan. Meskipun demikian, ternyata menurut sejarah yang dibunuh bukan hanya kaum cendekiawan maupun feodal namun rakyat biasa juga tidak luput dari pandangan mereka.

Jepang telah menyusun rencana genosida untuk memberangus semangat perlawanan rakyat Kalimantan Barat kala itu. Di sebuah koran harian Jepang yang berjudul “ボルネオ新聞 (Boruneo Shinbun)”, surat kabar yang terbit pada masa itu, mengungkapkan rencana tentara Negeri Matahari Terbit tersebut untuk membungkam kelompok pembangkang kebijakan politik perang Jepang yang ada di Kalimantan Barat.

Tanggal 28 Juni diyakini sebagai hari pengeksekusian ribuan tokoh-tokoh penting masyarakat pada masa itu.

Untuk mengenang tragedi ini, setiap tanggal 28 Juni diperingati Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Hal ini didasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2007 tentang Peristiwa Mandor.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
greatryder dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
- Jepang membantai sendirian atau ada gabungan dengan peta ?

- 21 ribuan mati itu ada bukti tengkorak 💀 yang ditemukan dan dihitung, atau klaim semata ?

- bagaimana pendapat Sukarno waktu itu ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orderic dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 36 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 36 balasan
Mandor disini nama tempat ya, kirain peristiwa seorang mandor emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
klonenganjembud dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh songosongo
pernah baca di arsip ... rakyat Kalimantan Barat termasuk Suku Dayak nya sangat gigih melawan Jepang ... bahkan sampe stress berat karena kegigihan Rakyat Borneo ... (salute to Borneo People)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Pada saat itu trjd, apa warga lokal, secara rame2 tak melakukan perlawanan sengit, semisal make senjata tajam thd pasukan dai nippon, gan......
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Kehidupan di masa perang itu sangat tidak enak, tapi ko skrng banyak buzzer2 yang pengen membawa indonesia ke masa masa itu lagi dengan banyak mengadu domba.

Semoga korban diterima amalnya oleh Allah SWT dan di tempatkan di tempat yang terbaik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tokoalshop dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Menarik sekali
21 ribu itu jumlah yang sangat banyak.

Bagaimana cara hitungnya ya?
Ada bukti apa aja untuk klaim angka ini?

Lalu apa pandangan orang sana sekarang terhadap Jepang? Mengingat kalau di China dan Korea peringatan pembantaian Jepang bikin mereka punya semangat benci Jepang.

Sekiranya bisa melengkapi info sejarahnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Apakah dari pihak pemerintah Jepang secara resmi pernah meminta maaf dan mengakui pembantaian tersebut ?
jepang era perang dunia 2 memang gila(adik alm.kakek ane juga dibunuh jepang), makanya amerika membom atom Hiroshima Nagasaki, sehingga jepang berhenti

sekarang juga ada pembantaian masal kok, manusia terus2an menjadi korban covid, sang pembantai gila, tanpa memandang ras dan etnik, semua kena
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atarack dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ushirota
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane malah baru ngeh peristiwa mandor
Kejem bner vroh. Rip utk para korban emoticon-Turut Berduka
dan kenapa pas itu dayak ga ngirim mandau terbang buat nippon? kesaktiannya ga mempan?
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan introvertpsycho memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Dulu menjajah, sekarang mudahnya negeri tersebut Ber - investasi di negara berflower ini.. Sungguh sebuah pilu yakk.. Bahkan keseharian Setiap individual disini tak juga luput dari Jepang, mulai dr sandang, pangan sampai papan... Warr biazah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
....di sini orang cuma melawan kalau udah dibantai, selain itu ya sante2 aja emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kaiharis memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jepang jahat emoticon-Mad (S)
Masuk kurikulum di sekolah tidak peristiwa ini. Perasaan ane belum pernah dengar atau ane yg lupa
gile banyak bener emoticon-Berduka (S)
jepang yg dulu tdk seperti jepang sekarang..

nekko nekko nee~
o arigatou nee san~ T_T
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Untungnya jepang di bom amerika kl ngga makin abis rakyat borneo dibantai...21ribu kebayang gimana sepinya kalbar waktu itu abis pembantaian
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Sepertinya dibom atom pada waktu itu adalah solusi yg mantap. Harusnya rata semua wilayah jepang di bom atom jgn dua tempat aja padahal.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di