CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Perlawanan Pangeran Diponegoro Melawan Belanda dan Pribumi Pro Belanda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60d03efaca606e253e704e54/perlawanan-pangeran-diponegoro-melawan-belanda-dan-pribumi-pro-belanda

Perlawanan Pangeran Diponegoro Melawan Belanda dan Pribumi Pro Belanda

Perlawanan Pangeran Diponegoro Melawan Belanda dan Pribumi Pro Belanda
Perlawanan yang dilakukan oleh Pangeran Diponegoro terhadap Belanda disebabkan oleh tiga hal.

Pertama, kekuatan kolonial sejak awal 1800-an berusaha menanamkan pengaruh di Jawa, khususnya pada pemerintahan kerajaan yang ada. Kebanyakan perilaku orang barat yang berusaha mengubah peraturan-peraturan yang berlaku di keraton mendapat banyak tentangan dari bangsawan istana. Selain itu, kekuasaaan para pangeran dan bangsawan administratif pribumi dikurangi dengan berbagai kebijakan yang tidak menguntungkan.


Kedua, pertentangan politik yang dilandasi kepentingan pribadi dalam keraton semakin lama semakin meruncing. Pengangkatan Hamengkubuwono V yang masih kecil membawa banyak kepentingan pribadi dari Dewan Perwalian yang dibentuk. Pada tahun 1822 mulai terlihat dua kelompok dalam istana, kelompok pertama terdiri dari Ratu Ibu (ibunda Hamengkubuwono IV), ratu Kencono (ibunda Hamengkubuwono V), dan Patih Danuredja IV. Sedangkan kelompok kedua terdiri dari Pangeran Diponegoro dan pamannya, Pangeran Mangkubumi.


Ketiga, beban rakyat akibat pemberlakuan pajak yang berlebihan mengakibatkan keadaan masyarakat semakin tertekan. Misalnya, pintu rumah dikenakan bea pacumpleng, pekarangan rumah dikenakan bea pengawang-awang, bahkan pajak jalan pun dikenakan bagi tiap orang yang melintas, termasuk barang bawaannya. Hal ini mengakibatkan Pangeran Diponegoro mendapat dukungan tidak hanya dari elit istana, tetapi juga dari kalangan masyarakat pedesaan dan elit agama yang dirugikan dengan kebijakan kolonial.



Kronologi


Spoiler for Kronologi:





Kerugian dan Korban


Spoiler for spoiler:





Lokasi Perang
Perlawanan Pangeran Diponegoro Melawan Belanda dan Pribumi Pro Belanda


Spoiler for Lokasi Perang:



Tentang Raden Adipati Cokronegoro Yang Pro Belanda
Perlawanan Pangeran Diponegoro Melawan Belanda dan Pribumi Pro Belanda


Spoiler for Adipati Cokronegoro:


Sumber :
Perlawanan Pangeran Diponegoro Melawan Belanda dan Pribumi Pro Belanda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greatryder dan 42 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lebihbebas
Halaman 1 dari 2
salah satu Pahlawan perang paling keren menusut gue. Yang bikin belanda babak belur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Dendam pribadi atau gimana ini? Karena tanahnya diserobot, berapa banyak orang yg dikorbankan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atamlee dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dxbike
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Ts mencoba memanipulasi dengan ke-3 alasan di atas

Pertanyaannya kalau hal ini tidak terjadi
Quote:

Belanda tidak menyerobot tanahnya si dipo apakah, diponegoro akan menyerang belanda ?


Belanda penjajah ???
Atas dasar apa ?
Bukannya tanah jawa (eks kekuasaan mataram) diberikan kepada belanda, karena mataram minta bantuan belanda, dan itu sebagai imbalan

Memang loe mau disuruh bantu perang tanpa diberi imbalan ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
when2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Hmmmm jujur rasanya lebih keren sodara jauhnya.... pangeran sambernyowo...

Kalo ditilik dari garis2 silsilah perang diponegoro lebih kliatan buruknya karena cuma rebutan tahta....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atamlee dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Kalo gak salah alasan utama pangeran Diponegoro memerangi belanda itu karena belanda ingin membuat jalan melalui pemakaman leluhurnya. Soal ini ada pada saat gue ikut UMB dulu, makanya gui ingat banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sampai sekarang kesultanan yogyakarta belum merehabilitasi nama beliau. artinya bagi kraton beliau masih pemberontak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
when2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Liat lukisan ini jdi inget komenginfo yg berkunjung ke museum 😁
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan anfa.h memberi reputasi
Jawa emang gituemoticon-Big Grin

Cuma aceh sih yang jiwa satrianya tinggiemoticon-Coblos

Aceh itu wilayah yang paling sebentar dijaamjah belanda emoticon-Coblos.

Bukan SARA tapi fakta sejarah....

# haricutnyakdienemoticon-Coblos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jangan.lupa dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Perlawanan beliau yg sngt gigih dlm melawan kolonialisme belanda, sayang nya krn mrasa di atas angin jd lupa daratan jk pihak musuh pny cara licik tuk menangkap ybs di saat lg lengah.....
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
kalo pangeran diponegoro beroperasi di daerah serang banten, mungkin keluarga kakek ku bisa jadi sasaran tembak 😂 yap trek record keluarga kakekku emang antek belanda sampe indo merdeka 😂
profile-picture
profile-picture
bam09 dan johanbaikatos memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Post ini telah dihapus
Babadnya lumayan komplit
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
info bermanfaat seperti ini harus diketahui anak sekolah dasar, agar tertanam rasa nasionalisme yang ane alami saat usia sekolah tahun 80an.
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Dipa Nusantara
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Dari komen komen kakuser kok banyak versi yak emoticon-Ngakak
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
pribumi pro penjajah, selalu ada setiap zaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bam09 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nyangkut di beranda emoticon-Big Grin

tapi keren, suka ama sejarah dan gambar ilustrasinya sih, ngebayangin kalo hidup di era itu gmn ya emoticon-Big Grin
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
KASIH dari Belanda

Jajah, tindas, siksa, perkosa emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
makeiteasy69 dan 3 lainnya memberi reputasi
rumus jaman kolonial :

Kepentingan kolonial terganggu = perang

Kepentingan elite pribumi (apapun afiliasinya) terganggu = perang

Kepemtingan rakyat tergangu = ya udah lah, biasa aja...

Perhatiin aja semua konflik masa kolonial, semuanya begitu kok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
basssso dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di