KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Nicholas Winton dan Misinya Menyelamatkan 600 Anak Yahudi Dari Holocaust
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608b64ea9a90296e0431427d/nicholas-winton-dan-misinya-menyelamatkan-600-anak-yahudi-dari-holocaust

Nicholas Winton dan Misinya Menyelamatkan 600 Anak Yahudi Dari Holocaust

Nicholas Winton dan Misinya Menyelamatkan 600 Anak Yahudi Dari Holocaust
Sir Nicholas Winton bukan hanya ikon Inggris, tetapi dia juga ikon negara Ceko yang juga dikenal di seluruh dunia atas penyelamatannya terhadap 669 nyawa anak-anak Yahudi dari Cekoslowakia sebelum pecahnya Perang Dunia II.

The Witcher Serial Baru Netflix Yang Layak Untuk Ditonton

Kisah penyelamatannya disembunyikan selama bertahun-tahun sampai istrinya menemukan sebuah buku catatan. Pria ini menyelamatkan nyawa 669 anak Yahudi sebelum pecahnya Perang Dunia II. Namanya adalah Nicholas Winton.
Nicholas Winton dan Misinya Menyelamatkan 600 Anak Yahudi Dari Holocaust
Winton lahir di London dalam keluarga Yahudi Jerman. Nama keluarga mereka yang sebenarnya adalah Wertheimer, tetapi keluarga mengubahnya menjadi bagian dari masyarakat Inggris. Pada tanggal 1 Oktober 1938, pasukan Nazi menduduki bagian barat Cekoslowakia. Nicholas sangat menyadari peristiwa yang akan selanjutnya terjadi di benua itu.


Seorang teman mengundangnya ke Praha untuk membantu Komite Pengungsi Inggris dari Cekoslowakia. Hal itu mengubah segalanya. Dalam perjalanan kali ini, Winton mengunjungi kamp pengungsi dimana orang-orang Yahudi tinggal. Menurutnya, perang sudah hampir di depan mata. Jadi, Winton memutuskan untuk bertindak.
Nicholas Winton dan Misinya Menyelamatkan 600 Anak Yahudi Dari Holocaust
Rencananya dia berusaha untuk mengevakuasi sebanyak mungkin anak-anak ke Inggris. Program semacam itu sudah ada di Jerman dan Austria, tetapi belum ada di Cekoslowakia. Banyak orang tua yang ingin mengirimkan anak-anak mereka ke tempat yang lebih aman. Tetapi masalahnya adalah Inggris tidak siap menerima semua anak-anak itu. Para orang tua harus mencari keluarga angkat dan membayar 50 pound sterling untuk setiap anak.


Nicholas Winton memasang iklan dikoran dan banyak keluarga yang berdatangan. Dia menggunakan foto anak-anak pengungsi. Masalah lainnya adalah visa masuk ke Inggris. Pejabat berwenang bekerja sangat lambat dalam mengurus permintaan visa. Banyak yang segera mendatangi mereka untuk mengurus visa. Namun petugas mengira tidak akan ada perang di Eropa.
Nicholas Winton dan Misinya Menyelamatkan 600 Anak Yahudi Dari Holocaust
Pengangkutan anak pertama yang berhasil dilakukan pada tanggal 14 Maret 1939. Ada 8 kereta dengan total 669 anak, yang sebagian besar adalah orang Yahudi. Kereta yang dipenuhi anak-anak Yahudi harus melewati jantung Nazi Jerman. Keluarga angkat menunggu anak-anak di stasiun kereta di London. Kereta terakhir yang membawa anak-anak meninggalkan Praha pada 2 Agustus 1939.


Kelompok terbesar pengungsi anak-anak diangkut pada tanggal 1 September 1939. Ada 250 anak di dalamnya. Tetapi itu adalah hari ketika Hitler menginvasi Polandia, jadi semua perbatasan Jerman ditutup dan perang telah dimulai. Sedikit dari 250 anak tersebut yang selamat, kebanyakan dari mereka meninggal di kamp konsentrasi.
Nicholas Winton dan Misinya Menyelamatkan 600 Anak Yahudi Dari Holocaust
Operasi penyelamatan Nicholas Winton bahkan tidak diketahui sampai seusai perang. Baru pada tahun 1988, istrinya menemukan lembaran buku dengan foto anak-anak yang disimpan rapi. Ada juga catatan lengkap identitas mereka. Winton menjadi pahlawan nasional. Tahun itu dia bertemu dengan anak-anak yang dia selamatkan di sebuah acara Televisi. Beberapa dari mereka tidak mengenal Nicholas Winton.


Di Inggris dia dikenal sebagai British Schindler orang paling terkenal yang menyelamatkan orang-orang Yahudi dari Nazi. Dia bekerja dengan sebuah motto bahwa jika sesuatu sangat tidak mungkin pasti selalu ada cara untuk melakukannya. Pada tahun 2002 Nicholas Winton menerima gelar ksatria dari Ratu Elizabeth II. Dia meninggal pada usia 106 pada tanggal 1 Juli 2015.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryar02410820 dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ashibnu
Halaman 1 dari 3
Umurnya seabad lebih emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bdgkotakembang dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
D tunggu winston winston lainnya

Bosen bumi isinya org2 jahat maniak perang semuanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 4 lainnya memberi reputasi
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang sosok pahlawan penyelamat Holocaust, Nicholas Winton.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan serapionIeo memberi reputasi
beneer bener orang baik yang kagak diketahui oleh dunia tanpa bantuan sang istri ya kan gansis, mantap memang ini,, anak anak tetap selaamat bersama dengan orang tua angkat mereka... semoga semuanya menjadi anggota keluarga yang baik dan tidak disiia-siakan ya gansiss. aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 3 lainnya memberi reputasi
luar biasaa ini gansiss.. berani sekali mengambil tindakan yang tentu dan jelas akan sangat amat berisiko, tetapi demi nyawa 669 anak , eyang ini bener beener berjuang dan tanpa meminta balasan atau imbalan. down to earth sekali. bahkan usianya adalah 108 tahun .. top!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 2 lainnya memberi reputasi
Winston? Sepertinya pernah dengar bre nama keluarga ini
profile-picture
profile-picture
laposeh dan serapionIeo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sesuatu yg langka sih ada orang yg semulia beliau rela menyelamatkan ratusan anak dari pembantaian massal di tengah situasi perang begitu.. orang biasa mah mikir hidup sendiri udah berat, ini beliau malah siap membebani diri sendiri dengan hambatan dan tantangan yg ada kala itu.. luar biasa sih..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 2 lainnya memberi reputasi
Cerita yang luarbiasa!!!
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
cucu dan cicit yang diselamatkan tsb saat ini nyaris merajai bisnis dunia.
Steve Ballmere - microsoft
Sergey Brin n Larry Page - google & android
Michael Dell - dell computer
Lawrence Allison - oracle & clouds
Mark Zuckerberg - facebook, instagram, whatsapp dll
Calvin Klein - CK Fashion
Ralph Laurent - POLO
Donna Karan - DKNY Fashion
Sheldon Adeson - SANDS
Michael Bloomberg - Bloomberg LP
Gerald Lavin - AOL, Warner Bros
Michael D Eisner - Walt Disney & ESPN
Rupert Murdoch - Fox
Ronald Lauder - Estee Lauder Cosmetic
dll dll dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh enrique.goen
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Definisi. Kebaikan yng dilakukan tangan kanan,tak diketahui tangan kiri. Itu dipublikasikan setelah ketauan istrinya kan. Wahh baiiikk bgt yaaaa astaga..

Semoga akan ada banyak orang orang protagonis didunia ini. Jangan antagonis mulu..
Go to hell lah ya yg antagonis.


Kita mau hidup damai didunia ini baik..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh penyukabiru
inspiring nih ceritanya, coba dibuat film drama

nice trit btw ...emoticon-Ngacir
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
Orang kayak gini pasti masuk neraka...





















Kata kadrun dan ulamak keparat mereka...
emoticon-Ketupat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mojang.sunda dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jadi sejarah ini orang... emoticon-Matabelo
Nice story
Dpt pejwan
Hebat banget.....
105 tahun emoticon-Belo panjang juga umurnya
Panjang umur ya
Sungguh pahlawan kemanusiaanemoticon-Mewek
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Bnr bnr luar biasa mau susah demi org lain, dan tanpa pamrih.. sangat jarang org seperti ini.

profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di