CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Cirebon /
[COC Cirebon] Dari Tempat Wisata Hingga Penjelajahan Gaib. Cirebon Gate Of Secret
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6ef7a64601cf0b1e4f27a6/coc-cirebon-dari-tempat-wisata-hingga-penjelajahan-gaib-cirebon-gate-of-secret

[COC Cirebon] Dari Tempat Wisata Hingga Penjelajahan Gaib. Cirebon Gate Of Secret

Assalamualaikum Agan dan Sista. Cirebon dikenal dengan julukan BERINTAN (Bersih Indah Tertib Aman). Selain itu, kota yang disebut juga sebagai kota wali ini dahulu merupakan pusat penyebaran Agama Islam di daerah Jawa Barat dengan dipimpin oleh Kanjeng Sunan Gunung Jati atau Pangeran Syarif Hidayatullah. Beliau merupakan cucu dari Prabu Siliwangi.

Tentunya kalian yang pernah jalan-jalan ke Cirebon pasti disuguhi oleh beberapa peninggalan kuno. Seperti keraton, makam para sultan dan keluarganya, serta beberapa tempat lain seperti Goa Sunyaragi.

Nah, khusus thread kali ini ane akan bahas tentang Goa Sunyaragi.

[COC Cirebon] Dari Tempat Wisata Hingga Penjelajahan Gaib. Cirebon Gate Of Secret

Goa Sunyaragi atau dikenal dengan Taman Air Goa Sunyaragi dibangun pada masa pemerintahan Pangeran Aria Cirebon.

Sesuai dengan namanya, goa yang dibangun dengan menggunakan batu karang yang diangkut dari laut itu digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Yah, bahasa kerennya villa gan.

Konon pada masa itu, dalam membangun goa ini Pangeran Aria dibantu oleh arsitek dari Tionghoa.

Hal tersebut bisa dilihat pada dinding goa, terdapat piring keramik khas Cina. Hal tersebut mengingat adanya' hubungan erat antara Keraton Cirebon dengan Kerajaan Cina pada masa pemerintahan dinasti Ming. Yaitu, salah satu istri dari Sunan Gunung Jati adalah Putri Ong Thien yang merupakan putri dari Kaisar Cina pada masa itu.

Nah, kembali lagi pada Goa Sunyaragi. Tak seperti goa pada umumnya yang terletak di bawah tanah, goa ini dibangun di atas tanah. Goa tersebut dibangun dengan menumpuk batuan karang. Tapi jangan khawatir, meskipun dipanjat sampai ke atas batu karang ini tetap kokoh pada tempatnya. Ane pernah manjat soalnya, hehehe.

Goa ini, terdiri dari kamar-kamar kecil. Nama goa ini, disesuaikan dengan fungsinya. Sebagai salah satu contoh Goa Pawon. Dalam bahasa Cirebon Pawon berarti dapur. Maka dari itu, pada jaman dahulu goa ini digunakan sebagai tempat di mana para abdi dalem menyiapkan makanan untuk keluarga kerajaan.

Lain halnya goa dengan nama Goa Peteng. Goa ini memang gelap, konon goa ini sering dipakai untuk bermeditasi. Dan masih banyak goa lainnya.

[COC Cirebon] Dari Tempat Wisata Hingga Penjelajahan Gaib. Cirebon Gate Of Secret

Sesuai dengan namanya, komplek Goa Sunyaragi ini dilengkapi dengan kolam air. Kolam yang cukup besar dengan beberapa undakan ini dahulu dipakai oleh keluarga kerjaan untuk mandi. Yah, kalau dalam bayangan ane nih kalau ke sana ketika melihat kolam itu. Para putri sedang mandi di sana
Ane ngebayangin jadi salah satu putrinya. Hehehe.

Oke lanjut. Hal yang paling ane inget dan diwanti-wanti oleh orang tua kalau ke sana yaitu 'Jangan Pegang Patung Perawan Sunti'.

[COC Cirebon] Dari Tempat Wisata Hingga Penjelajahan Gaib. Cirebon Gate Of Secret

Jadi gaes, ada semacam mitos kalau berkunjung ke sana kamo para gadis di larang memegang patung Perawan Sunti karena khawatir tak akan mendapat jodoh. Wallahu a'lam bishowab. Dan keyakinan itu sampai sekarang melekat erat.

Selain patung Perawan Sunti, konon ada salah satu goa di mana Kanjeng Sunan Gunung Jati langsung bisa pergi ke Mekah. Keren, kan? Ane diceritain sama pemandu di sana gaes. Selain itu, ada salah satu sumur kalau kalian masuk ke situ, munculnya di Laut Jawa. Entah mungkin ada saluran airnya mungkin. Tapi yang ini ada kemungkinan sih kalau di bawah tanah ada saluran yang panjang yang bisa menghubungkan sumur di Goa Sunyaragi sampai ke Pantai Ade Irma Suryani.

Nah, mantep, kan ini goa? Kalau penasaran ke Cirebon aja. Apalagi sekarang setelah dipugar tampilannya lebih cantik. Dan biasanya pada acara-acara tertentu tempat ini sering diadakan sendratari.

Cerita Goa Sunyaragi wis dikit, ya
Arep mangan docang. Assalamualaikum 😁

Cirebon 'The Gate Of Secret'.

Sumber gambar : Fanspage GOA Sunyaragi Cirebon & Dokumen Pribadi
Sumber bacaan : Buku Babad Cerbon & Cerita pemandu wisata di Taman Air Goa Sunyaragi.
profile-picture
ayahhabibi memberi reputasi
Pejwan


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di