CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Tangan Suka Kebas ? Ini Penyebab dan Cara Untuk Mengatasi nya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5df36397751369753a2f01/tangan-suka-kebas--ini-penyebab-dan-cara-untuk-mengatasi-nya

Tangan Suka Kebas ? Ini Penyebab dan Cara Untuk Mengatasi nya

Tangan Suka Kebas ? Ini Penyebab dan Cara Untuk Mengatasi nya

(kompas.com)

Dikutip dari kompas.com (13/9/2020), Kemajuan teknologi tidak cuma membantu mempermudah aktifitas manusia, namun ada hal lain yang juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, salah satunya adalah dalam hal kesehatan. Salah satu hal yang sangat terasa efeknya adalah pada tangan yang kerap merasakan kebas. Rasa nyeri di jari tangan, rasa panas, sering kesemutan atau pun tangan terasa kebas merupakan gejala-gejala dari yang dinamakan sindrom carpal tunnel. Sindrom ini kerap muncul menyerang mereka yang begitu sering menggunakan pergerakan tangan secara terus menerus dan berlebihan, Dalam istilah medis, cedera urat jempol ini dinamakan de quervain tenosynovitis. Nyeri biasanya terasa di antara pangkal jempol dan pergelangan tangan, dan rasa-rasanya hal ini juga yang kerap ane rasakan belakangan ini.


Salah satu penyebabnya adalah karena jari kita begitu berlebihan melakukan aktifitasnya, tau sendiri kan dijaman sekarang Handphone merupakan barang yang begitu sering kita pegang. Mulai dari membalas chat, Mabar Game, mencari hiburan, semuanya kita lakukan setiap hari. Dan ternyata ini membuahkan hasil yang kurang baik lho buat kesehatan, terlebih bagi tangan dan jari.

Tangan Suka Kebas ? Ini Penyebab dan Cara Untuk Mengatasi nya

(gambar.co.id)


Ada beberapa tips yang bisa dilakukan jika masalah itu mulai menyerang tangan kita. Misalnya, ketika jari sudah berasa nyeri dan gemetar alangkah baiknya kita menghentikan dulu aktifitas jari kita dalam menggunakan handphone, yah kira-kira 5-10 menitan. Jika jari sudah merasakan mati rasa atau terjadi pembengkakan maka kita bisa merilekskan tangan kita dengan memasukkannya kedalam air hangat sekitar 10 menitan.


(Nyeri di sekitar pergelangan tangan jangan diabaikan. Karena nyeri yang terlalu lama bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri pun harus dihentikan, agar peradangan tidak meluas.
Langkah kedua adalah dengan melakukan stretching terhadap tangan kita dengan melakukan pergerakan-pergerakan tertentu untuk menghilangkan rasa nyeri yang menghantui tangan kita. Gerakan-gerakan yang bisa dicoba antara lain seperti berikut.

VIDEO: Gerakan Streatching Tangan




Youtube: Yoga With Akbar

Ane sempat mencoba melakukan streatching dengan gerakan-gerakan streatching diatas, dan hasilnya cukup berasa sekali. Tangan ane serasa normal seperti sedia kala. Yah walaupun akhirnya rasa kebas itu kembali datang, mungkin karena ane begitu intennsya memainkan hp dan ngetik setiap hari. Atau jika kita benar-benar sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi jari tangan kita, maka kita bisa pergi ke tempat Terapi dan ditangani oleh para instruktur handal.
BACA JUGA: Jangan Suka Nyinyirin Polantas Gan, Ntar Kayak Pemuda Sulsel Ini, Kapok! Dibikin Malu
Video: Fisioterapi Tangan




Youtube: Windy Mayang

Namun jika sudah melakukan itu semua, rendam air hangat udah, streatching udah, fisioterapi udah, namun tangan kita masih terasa sakit. Maka kita perlu datang ke dokter untuk diperiksa secara medis. Gaya hidup keseringan memegang handphone juga perlu di kuyrangi intensitasnya agar masalah-masalah serupa tidak begitu sering menyerang tangan kita.

Sumber: Kompas, Yoga With Akbar, Windy Mayang, 13/9/2020

===================================================

Ane rasa ini merupakan sesuatu yang dirasakan banyak orang, jika dulu tangan kita tidak begitu intens mengetik, namun setelah munculnya Handphone aktifitas jari tangan sangat sering sekali bergerak. Nampaknya solusinya cuma satu, yakni mengatur ritme menggunakan handphone yang sewajarnya saja.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Toastemoticon-Om Telolet Om!


Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
pertamax
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan embunsuci memberi reputasi
Kalo kebasnya di akhir bulan, normal nggak gan? 😵
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo ane biasanya di kaki sih gan. Ngapain dikit gitu kebas
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Saya biasa di kaki kebasnya
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Untuk kesemutan treatment ini bisa juga kak?
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Biasanya di tangan kanan nih suka kebas kalau habis nyetir jarak jauh.
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
ini dia..ane nummpang jejak deh, tangan ane lagi kesemutan sampe terasa nyeri sekali..nice thread nih
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan adnanami memberi reputasi
dompet ane kebas gan, ane pegang ga ada rasanyaaa gitu gmn
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan adnanami memberi reputasi
Kebas gak kelar2 di tangan/jari biasanya ada urusan sama jantung atau bisa juga cts.
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Diubah oleh andre-123
vitamin B1 sokusinya
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
g usah repot repot cari air anget buat ngrendem tangan, pake handgrip 15rb-an aja lah gan cuma ditekan2 doang langsung ilang kebasnya. Udah pengalaman ane hehehe
profile-picture
profile-picture
seojoon dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane malah nyeri kaku dekat jempol, pegang sesuatu yg membutuhkan sedikit beban rasanya kadang susah klo kakunya kambuh
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
kebanyakan maenin hp sih... emoticon-Ngakak
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lumayan berpengaruh sih,
Sering sering aja latihan buat ngapalin gerakan
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Ane kena cts taunan cukup lama, dulu sih ga ngeh, sampe mulai ngeganggu banget, di musim dingin kebangun tiap setengah jam karena tangan sakit ampe ke jari, dah lewat kebas malah.

Baca2 penyebab ama akibat, ama senam tangan, ga cukup menolong, ada beberapa gerakan malah bikin parah wkwkwk.
Dah mau nyerah kudu dioperasi, walaupun bakalan balik lagi, ada temen kerja ane juga gitu, dah dioperasi 2 taun berasa lagi.

Ane baca lebih dalem lagi aja dasar2 penyebabnya, sampe nemuin beberapa sumber yg klop dan mudah dicerna, eh malah nemuin latihan pake karet di jari. Ane jadi keinget jaman dulu sering maen gitar suka dibilangin latihan karet diiket di jari, posisi jari kuncup, terus dimekarin, kalau dah kuat tambah karet biar lebih berat. Katanya dulu selain biar ningkat kekuatan jari, juga ngilangin resiko kena penyakit, ga disebutin penyakit apa, sama kayak push up pake kepalan tangan.

Ya udah, ane mulai latihan karet, posisi saat itu, cts ane dah parah banget, maen gitar pake gitar listrik aja paling lama 5 menit, tangan dah sakit banget.

Jarak 3 bulan, kebangun malem dah jarang banget, rasa kesetrum parah ampir tiap pagi dah jarang, dah 2 taunan lebih ane jalanin ampir tiap hari latihan karet jari, selain gampang, ga berbiaya, ngurangin cts, ane bisa maen gitar jauh lebih lama.

Inti dari cts sendiri yg ane rangkum, otot bagian atas lengan dari siku ke pergelangan tangan itu lemah kurang terlatih dibanding otot bagian samping dan bawah, bikin otot lengan lebih banyak di bagian bawah dan samping dan di bagian telapak tangan tengah terjadi penyempitan oleh otot yg neken syaraf di bagian tengah. Latihan2 yg awal2 ane lakuin gunanya buat narik otot di telapak tangan biar penyempitan ruang syaraf berkurang, cuman ya itu solusi sementara.

Latihan jari pake karet dan latihan lainnya yg memperkuat otot lengan bagian atas bikin otot lengan atas menguat dan sedikit menarik jaringan otot di telapak tangan penyebab penyempitan ke arah atas.Intinya sih gitu.
Coba disilangin sist klo di kaki.
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Oh jadi itu penyebab dan cara untuk mengatasi tangan yang suka kebas
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Thank's tipsnya yaa
sip dah tar coba dipraktekkan emoticon-thumbsup
Kalo ane gegara tiap hari pp rumah kantor pake motor. Jadi kaya tremor kadang2. Saraf, otot sakit dan kaku. Kurang strechung sama olah raga bagian itu mungkin. Btw jarak rumah kantor 42 km.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di