CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cher Ami, Burung Merpati Yang Menyelamatkan 194 Nyawa Manusia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f59d171263772750a1ae67f/cher-ami-burung-merpati-yang-menyelamatkan-194-nyawa-manusia

Cher Ami, Burung Merpati Yang Menyelamatkan 194 Nyawa Manusia

Cher Ami, Burung Merpati Yang Menyelamatkan 194 Nyawa Manusia

Selama Perang Dunia I, Batalion Divisi Infanteri ke-77 Amerika secara tidak sengaja masuk ke wilayah musuh dan terkepung. Untungnya, mereka telah melatih merpati pos yang berguna dalam komunikasi agar bantuan dikirim untuk menyelamatkan mereka. Di tengah tembakan musuh, hanya satu merpati yang muncul sebagai penyelamat yang dilatih oleh tentara Inggris.


Seekor merpati dengan heroik menyelamatkan 194 tentara selama Perang Dunia I. Namanya adalah Cher Ami dan dia adalah salah satu dari 600 merpati pos di Korps Sinyal Angkatan Darat AS. Selama Perang Dunia I, Cher Ami bergabung ke Prancis untuk membantu tentara pembawa pesan.

Cher Ami, Burung Merpati Yang Menyelamatkan 194 Nyawa Manusia

Merpati pos adalah cara komunikasi paling andal selama masa Perang Dunia I. Radio yang berukuran besar dan juga perlu diikat oleh kabel adalah alat yang berbahaya untuk dipasang selama masa Perang Dunia I. Merpati pos dapat terbang sekitar 90 km per jam dan menempuh jarak hingga 1.100 km. Tetapi merpati adalah sasaran empuk bagi tentara Jerman yang terlatih untuk melihat dan membunuh burung-burung itu. Ketika seekor merpati pos terbunuh, pasukan Jerman dapat dengan mudah mencegat pesan yang dia bawa.

Jose Arredondo, Ayah dari Bintang K-Pop Kim Samuel Menjadi Korban Pembunuhan

Pada tanggal 2 Oktober 1918, Divisi ke-77 Amerika terjebak di belakang garis pertahanan Jerman di Hutan Argonne. Lebih dari 194 tentara Amerika terputus dari perbekalan dan bala bantuan. Selain serangan Jerman, Divisi tersebut juga menerima tembakan dari artileri berat pasukan Amerika. Masalahnya mereka hanya tidak mengetahui lokasi Divisi ke-77. Satu-satunya cara untuk berkomunikasi dengan Pasukan Artileri tersebut adalah melalui merpati pos.

Cher Ami, Burung Merpati Yang Menyelamatkan 194 Nyawa Manusia

Burung demi burung dikirim untuk menyampaikan pesan tetapi semuanya dibunuh oleh pasukan musuh. Banyak tentara dari Divisi ke-77 yang terluka dan mereka tidak bisa bergerak dan menghindar. Mereka hanya berharap pada merpati pos agar segera bisa sampai ke pasukan artileri. Satu-satunya merpati yang tersisa ketika itu adalah Cher Ami. Sebuah pesan singkat dikaitkan pada kaki kirinya. Posisi dan kondisi mereka sudah tercatat pada lembaran pesan tersebut. Mereka menginginkan agar tembakan dari Pasukan Artileri dihentikan.


Cher Ami adalah harapan terakhir bagi Divisi tersebut untuk diselamatkan dan pelepasan merpati terakhir tidaklah mudah. Jerman melihat burung itu dan mulai menembak untuk membunuh Cher Ami. Cher Ami mendapatkan luka di dada tepat setelah lepas landas. Namun merpati itu bangkit dan berhasil melanjutkan penerbangannya. Cher Ami menempuh hampir 40 km hanya dalam waktu 25 menit dan berhasil tiba kembali ke pangkalan. Dia terluka di dada, kehilangan satu mata dan satu kaki. Tapi 194 tentara diselamatkan.

Cher Ami, Burung Merpati Yang Menyelamatkan 194 Nyawa Manusia

Pasukan Artileri berhenti menembaki Divisi ke-77 dan mengambil posisi baru mendekati garis musuh. Jerman kehilangan posisi mereka dan pertempuran itu menguntungkan Amerika. Pada 8 Oktober Divisi ke-77 bergabung dengan garis Pasukan Artileri Amerika. Cher Ami disembuhkan oleh petugas medis Angkatan Darat dan hidupnya diselamatkan. Mereka harus mengamputasi kaki kanannya dan memasang kaki palsu yang terbuat dari kayu.


Setelah kondisinya pulih dan membaik. Cher Ami dibawa kembali ke AS. Cher Ami dianugerahi Croix de Guerre penghargaan militer tertinggi di Prancis. Angkatan Bersenjata Amerika Serikat menganugerahi merpati tersebut dengan Palm Oak Leaf Cluster. Dan pelatihnya juga diberi penghargaan atas jasanya. Cher Ami meninggal di Fort Monmouth, New Jersey pada 13 Juni 1919. Dia diterima di Racing Pigeon Hall of Fame pada tahun 1931.Tubuhnya awetkan oleh ahli binatang dan sekarang bisa dilihat di Museum Nasional Sejarah Amerika. Cher Ami dihormati sebagai pahlawan dalam Perang Dunia I.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:

Diubah oleh ashibnu


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di