CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2f06fd88b3cb2a2163919b/gastronom-3-jaman-di-indonesia--julie-quotnyonya-rumahquot-sutardjana

Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana

Gan n' Sis , setelah sebelumnya ane membuat thread tentang Ibu Sisca Soeditomo,
thread kali ini akan ane kupas legenda kuliner Indonesia lainnya.

emoticon-welcome

Nyonya Rumahmerupakan nama samaran dari Julie Sutarjana,
beliau masuk catatan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI)
sebagai penulis dan pencipta resep masakan tertua di Indonesia.
Lahir di Lasem Jawa Tengah pada tahun 25 Mei 1922,
anak kedua dari tujuh bersaudara anak pengusaha batik besar di Lasem.

Seorang ibu rumah tangga dengan 4 anak dan beberapa cucu serta cicit.
Hobi memasaknya telah ditekuninya sejak usia 10 tahun.

Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana


Setahun setelah menikah dan hijrah ke Bandung tahun 1951,
pertama kali menulis resep pada tahun 1951.
Bermula dari kegemarannya mengikuti resep-resep di Star Weekly,
“Karena menurut saya kurang bagus resep-resepnya, makanya saya suka ngomel-ngomel lalu suami saya menantang untuk menulis resep di Star Weekly,”
Beliau mengasuh rubrik dapur di Mingguan Star Weekly.
Saat itu beliau menerima honor Rp 75 per artikel
coba bandingkan dengan pendapatan Gan n' Sis sebagai kaskus kreator emoticon-Peace

Namun kiprah beliau di Star Weekly berhenti di tahun ke-10 karena majalah tersebut berhenti beroperasi tahun 1961,
selanjutnya menulis resep untuk  Mingguan Jaya hingga tahun 1971 kemudian mengasuh rubrik “Dapur Kita”
di Harian Kompas sejak tahun 1971 hingga sekarang.

Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana


Selain menulis resep untuk majalah, Ibu Julie juga menulis resep buku. Buku resep pertama Oma Julie berjudul Pandai Masak 1 dan Pandai Masak 2 terbitan PT Kinta  terdapat ratusan resep makanan berbeda.

Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana

Sebuah buku kumpulan resep diluncurkan pada 25 Mei 2012 lalu
bertepatan dengan ulang tahun ke-90 Oma Julie.
Buku berjudul 250 Resep Hidangan Pilihan Julie ”Nyonya Rumah” Sutarjana terbitan Gramedia Pustaka Utama tersebut berbeda dari buku-buku masak lainnya karena dilengkapi biodata Oma Julie Sutarjana.
Coba Gan n' Sis hitung sudah sudah berapa umur Oma Julie

emoticon-Wow


Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana

”Buku-buku yang lain resepnya dikembangkan dari empat buku babon itu,”

Pandai Masak 1 dan Pandai Masak 2 terbitan PT Kinta, 
Bubur Modern dan Belajar Memasak dengan Nyonya Rumah terbitan Gramedia Pustaka Utama
adalah 4 kitab pusaka darinya lahir buku-buku resep karya beliau lainnya.  


”Saya mengenal betul resep-resep saya, kata-kata yang saya pakai. Saya tidak menafikan tidak ada yang bisa menulis resep hanya dari dirinya 100 persen, tetapi jangan dicontek begitu saja,"

Sebagai penulis tentu beliau sangat terganggu dan prihatin saat mengetahui resep-resep dari buku masakannya dicopas dan diakui oleh orang lain. Pasti pernah diantara Gan n' Sis threadnya dicopas tanpa mencantumkan sumber tentu paham bagaimana rasanya, tapi belajarlah dari Oma Julie, walaupun ada kekecewaan tapi beliau tetap berkarya


”Ibu itu mengatakan, dia mendapat buku Pandai Masak 1 dari ibunya dan dia juga memakai buku itu untuk panduan memasak,”

Kekecewaan terobati saat ada tamu yang makan di rumah makannya mengatakan memiliki buku masakannya. Ada seorang ibu dari Kalimantan yang berkunjung ke restorannya sambil membawa buku Pandai Masak 1 yang halamannya sudah lepas-lepas karena sering di buka-buka.

”Saya, kan, orang Jawa,”

Tidak sekadar menulis resep, semua resep itu pasti akan beliau coba buat sampai hasilnya memuaskan. Sumber penulisan resep datang dari pengalaman, mencoba berbagai masakan dan membaca buku masakan, diolah lagi dan disesuaikan dengan cita rasanya yang cenderung manis. 


”Kalau saya sudah tidak ada, kualitas rumah makan ini akan bergantung pada anak-anak. Juga pengembangan resep-resep saya,”

Beliau ingin seperti Nyonya Meneer yang namanya terus bertahan sebagai merek jamu meskipun si pemilik nama sudah lama tiada.

Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana


Demi melestarikan resep-resepnya, Oma Julie Sutardjana membuka restoran


berlokasi di Jl Naripan, No 92C dan Jl Trunojoyo, No 29 sejak 1999.


Kerisauan beliau adalah siapa yang akan melanjutkan usaha rumah makan yang dibangunnya dari nol dn mengembangkan resep masaknya.

Masalah klasik sama seperti kuliner legendaris lainnya,

anak-anaknya belum ada yang tertarik melanjutkan.


Dari jaman cetak, layar kaca hingga jaman online-online Oma Julie tetap eksis
Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana
VIRTUAL COOKING DEMO!

4 Juli 2020 IGLive #Ngintip Kuliner bersama William Wongso

Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana

Foto: IG @william_wongso_kuliner

Lihatkah dapurnya sederhana tidak jauh berbeda dengan dapur di rumah Gan n' Sis, yang membedakan dari dapur ini ratusan percobaan resep telah dilakukan dan menghasilkan puluhan buku resep

Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana

Walaupun usia Oma Julie hampir satu abad namun tetap lincah mendemonstrasikan kepiawaiannya, mepersiapkan bahan-bahan lalu mengolah
Sup Tahu Telur yang dilakukan dari dapur rumahnya di Bandung
Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana

Semua resep-resep ditulis rapi dengan pensil dibuku bersampul hingga kini masih dokumentasinya tertata rapi dan baik

Gastronom 3 Jaman di Indonesia | Julie "Nyonya Rumah" Sutardjana


Usianya hampir satu abad dengan kemampuan fisik dan keterbatasan pendengaran, kecintaannya paad dunia kuliner membuktikan bahwa

usia bukanlah halangan untuk berkarya

Semoga dapat menginspirasi Gan n' Sis untuk terus berkarya

emoticon-terimakasih









sumur :
https://www.gpu.id/author-detail/400...ulie-sutarjana https://nasional.kompas.com/read/201...murun?page=all.
https://food.detik.com/info-kuliner/...a-di-indonesia
https://www.vantage.id/vanspiring/ju...tage-indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ngejleb dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gembelngehe
Halaman 1 dari 2
Adek mo peltamax.
emoticon-Stick Out Tongueertamaxemoticon-Stick Out Tongueertamaxemoticon-Stick Out Tongueertamax




Mamam kue punya adek di kukas ah. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
merahmetalik dan gembelngehe memberi reputasi
Diubah oleh adekgantengom
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Betty
Atas ane bayi abadi...
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
merahmetalik dan gembelngehe memberi reputasi
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 5 lainnya memberi reputasi
Resep masak legend
profile-picture
profile-picture
gembelngehe dan merahmetalik memberi reputasi
Wah semangat terus Oma Julie
Membuat resep Maknyus turun-temurun

emoticon-Bata (S) bagi BATA dong gan emoticon-Bata (S)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap, ini true living legendemoticon-2 Jempol
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
CHINA
profile-picture
profile-picture
thelastday.1998 dan giacartone memberi reputasi
Before bu Sisca was cool emoticon-Cool
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Diubah oleh giacartone
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Quote:
75 jaman dulu mungkin banyak Gan, lah aku kemarin 10k per resep, tapi lumayan, Alhamdulillah rizki, karena sering posting makanan sampe ada yang nanyain, posisi warungnya di mana, padahal masak khusus nyenengin orang-orang tercintah aja di rumah.
profile-picture
profile-picture
giacartone dan gembelngehe memberi reputasi
Nyokap ane punya buku ny, entah knp desian cover buku ny sticked to my brain
profile-picture
profile-picture
red.bezos dan gembelngehe memberi reputasi
Diubah oleh seinove
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Kue cokat om.
emoticon-Baby Boy
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Waduh ane belum lahir gan
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
wow legend si omaemoticon-Matabelo
jadi pengen icip masakan omanyaemoticon-Mewek
tapi di internet ga ada resepnyaemoticon-Turut Berduka
harus beli bukunya ya, entar deh kalo sempet ke gramedia cari2, jepret resepnyaemoticon-Big Grin
tapi udah lama ga ngemol gara2 pandemiemoticon-Frown

BATA! emoticon-Bata (S)
Diubah oleh red.bezos
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Patut diteladani,diusia senja masih terus berkarya.
Legend emoticon-Matabelo
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Salutttt...
Kereennnn
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Luar biasa sudah 98 tahun sekarang umur beliau
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Yg begini mesti nya negara kita kerap urusin drpada urusin agama.


emoticon-Traveller
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wow legend nih, ane baru tahu

emoticon-2 Jempolemoticon-Matabelo
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waa keren niih resepnya sama beratus ratus.an niih.. karya resepnyaa bakalan diingat niih
profile-picture
gembelngehe memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di