CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jalan-jalan ke Yogya Jangan Lupa Nyobain Bir Jawa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5eee06c0337f936178230f91/jalan-jalan-ke-yogya-jangan-lupa-nyobain-bir-jawa

Jalan-jalan ke Yogya Jangan Lupa Nyobain Bir Jawa

Jalan-jalan ke Yogya Jangan Lupa Nyobain Bir Jawa

Halo para kaskuser, jumpa lagi sama ane. Setelah sekian lama gak nulis akhirnya ane dapet kesempatan buat nulis lagi. Masih di dunia seputar bir dari thread sebelumnya. Kali ini ane mau ngebahas bir lokal. Sebelumnya ane mau ngebahas bir pletok yang udah beken, tapi itu udah terlalu mainstream dan banyak yang tahu. Maka dari itu ane bahas Bir Jawa aja, dan emang masih asing di kuping ane, hehehe. Jadi kalo jalan-jalan ke Yogya ada pilihan lagi yang harus ane nikmati selain gudeg dan kue bakpia.


Spoiler for Sri Sultan Hamengku Buwono VIII:




Bir jawa merupakan bir lokal yang berasal dari Yogyakarta, pada awalnya ini minuman cuma bisa diminum ama kalangan keraton, sudah ada sejak sultan Hamengku Buwono VIII karena sering nemenin meneer meneer kolonial belanda bahkan sultan sendiri yang meracik bir ini, keren kan. Tapi sekarang gak hanya orang keraton atawa kaum ningrat aja yang bisa minum ini bir, kita-kita juga bisa. Tampilan bir ini mirip dengan bir pada umumnya berwarna kuning keemasan dan berbusa-busa kaya mulut kalian kalo lagi gosok gigi serta disajikan di gelas gede, cuma bir ini ga beralkohol cocok buat kalian yang gak suka mengonsumsi minuman beralkohol.

Spoiler for Bir jawa dan bahan-bahan pembuatnya:


Bir jawa terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia seperti jahe, serai, kayu manis, gula manis, dan jeruk nipis. Wow, jadi ada asem-asemnya gitu. Seluruh jenis rempah tersebut direbus secara bersamaan dan diambil airnya. Saat penyajian, air hasil rebusan ditakar dalam sebuah gelas. Lalu dibubuhi jeruk nipis dan dikocok. Nah menurut para penjualnya juga bir ini meyehatkan dan menghangatkan lho, lumayan buat ngilangin capek dan masuk angin. Selain itu bir jawa harganya juga cuma Rp 8000 segelas, cukup menyehatkan di kala dompet kita cekak tapi pengen ngebir. Penggemarnya juga banyak lho mulai dari anak-anak sampe bapack-bapack.

Spoiler for Penjual bir jawa di Malang:


Bir jawa gak cuma terkenal di Yogya doang gan, tapi bisa di temukan di Jawa tengah dan Jawa Timur. Di Yogya sendiri agan bisa cari di Pasar Kangen, Taman Budaya Yogyakarta. Sedangkan di  Jawa Timur agan bisa temun di Malang tepatnya Kedai Lembusuro di Jalan Dr Soetomo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Kalo di Jawa Tengah ane belum dapet info, barangkali agan yang tahu bir jawa di Jawa Tengah bisa komen.

Nah kalau pandemi ini udah kelar, agan-agan yang suka traveling dan suka nyobain minuman khas dari derah yang agan kunjungi, bir jawa menjadi minuman yang sangat direkomendasikan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Mudah-mudahan bir jawa ini bisa hadir juga di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten bahkan seluruh Indonesia, biar semua bisa merasakan betapa nikmatnya bir jawa ini, hehehe

Sekian


sumber:
Quote:


Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain

Quote:

Diubah oleh Ekozord
bolehnih masuk list di akhir tahun
Mengandung alkohol juga ngga nih? kalo ngga boleh nih dicoba ehehe
Lihat 1 balasan
rasanya gimanah nih... bersoda kah ?
wahh coba kalo gak lagi pandemi, wahhh udah cusss ke jogja nyari ini
emoticon-Jempol emoticon-Jempol


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di