CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jenazah Positif Corona Ditolak Dimakamkan di Serpong, Warga Takut Tertular
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7a0398a2d1956cff43aa40/jenazah-positif-corona-ditolak-dimakamkan-di-serpong-warga-takut-tertular

Jenazah Positif Corona Ditolak Dimakamkan di Serpong, Warga Takut Tertular

Jenazah Positif Corona Ditolak Dimakamkan di Serpong, Warga Takut Tertular

Jenazah Positif Corona Ditolak Dimakamkan di Serpong, Warga Takut Tertular

SuaraBanten.id - Sekelompok warga menolak jenazah pasien positif virus corona dimakamkan di sekitaran pemakaman Bingbin, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Penolakan ini terjadi, Senin (23/3/2020) malam. Penolakan tersebut lantaran warga khawatir tertular virus corona meski sudah dikubur.

Kiki, salah seorang warga di Kavling, RT 01/04, Serpong mengatakan warga menolak korban meninggal akibat positif virus Corona dimakamkan di area pemakaman Bingbin yang dekat lingkungan rumah tinggalnya.

“Tadi itu ada 30 orang yang kumpul. Mereka takut tertular virus corona dari yang dikubur itu,” kata Kiki di TPU Bingbin, Senin (23/3/2020) malam.

Warga cemas jika virus corona dari jenazah yang dimakamkan akan menular. Warga akhirnya berkerumun.

Aksi warga ini sempat menimbulkan kecemasan, apalagi sempat beredar pesan berantai.

“Ya, tadi kami memang melihat ada pesan berantai yang mengatasnamakan Lurah Serpong Iing Solihin. Pesan itu bertuliskan, bahwa TPU di kawasan itu dijadikan tempat pemakaman pasien Corona,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengaku pihaknya masih belum mendapatkan laporan terkait aksi penolakan warga Serpong dari jajarannya.

Dia pun berharap, warga dapat mengerti hal ini. Karena wabah virus ini sudah meluas, dan jenazah yang telah dikubur tidak akan menularkan warga lain dan menimbulkan wabah corona baru di lingkungan makam itu.

“Saya belum dapat info itu, tapi saya berharap tidak terjadi seperti itu. Saya sampaikan kepada warga bahwa pasien yang dimakamkan aman buat lingkungan, tidak akan menularkan wabah ke warga,” tandasnya.
sumber

******

Nah, muncul lagi sebuah masalah. Selalu aja ada masalah di masyarakat Indonesia.
Biasanya hal-hal seperti ini dimulai dari group WA. 1 orang memprovokasi dengan bumbu-bumbu kebodohan, dan tak lama berselang virus kebodohan menjangkiti yang lain secepat kilat. Tak perlu waktu inkubasi hingga 14 hari seperti Corona.

Padahal, kalau kita ikuti kata-kata ustadz sebelah, mereka yang meninggal karena Corona adalah syahid. Dan meninggal dalam kesyahidan pastinya berjihad di jalan Allah. Lantas mengapa masyarakat ini justru menolak orang yang mati syahid dikubur di wilayahnya? Apa mereka tak pernah mendengar ceramah? Tak ada koneksi internet? Tak punya HP?

Ini jadi seperti jenazah teroris. Mereka dibilang mati syahid, tapi ditolak dikuburkan di wilayah tertentu oleh masyarakat setempat. Lantas apa yang mereka takutkan? Takut terjangkit virus juga?

Sebenarnya masalah-masalah seperti ini adalah karena kurangnya literasi masyarakat. Bukan karena kurangnya edukasi. Sebanyak apapun edukasi kalau masyarakatnya kurang literasi nya akan tetap seperti ini.

Padahal jenazah yang meninggal karena Corona, itu benar-benar diperlakukan dengan sangat aman dan hati-hati. Ibarat kita ingin mengirim paket berisi barang pecah belah atau elektronik. Bedanya cuma gak pakai styrofoam atau buble wrap. Aman sampai tak ada tetesan cairan tubuh yang keluar.

Dan pastinya masyarakat seperti ini tak akan paham juga dengan cara penyebaran Corona yang sesungguhnya, bahkan tak akan paham juga dengan yang namanya aerosol.

Tahukah mereka betapa menyakitkan nya ditinggal mati orang tercinta? Bagaimana jika yang mati karena Corona itu justru orang-orang yang mereka cintai? Bagaimana jika yang mati itu adalah mereka-mereka yang berjuang digaris terdepan menghadapi wabah Corona ini? Akankah mereka tolak juga?

Terkadang kebodohan itu sangat menjengkelkan. Tapi kita yang tahu justru kadang bingung untuk menjelaskan. Sudah lelah lebih dulu. Apalagi kalau yang mau dijelaskan lebih nyolot dan merasa paling tahu.

Begitulah.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh i.am.legend.
Halaman 1 dari 7
Jenazah Positif Corona Ditolak Dimakamkan di Serpong, Warga Takut Tertular
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Udah mulai pada Gila nih emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 4 lainnya memberi reputasi
Orang Indonesia kan emang jago bikin masalah, bertumpuk-tumpuk, orang bego satu aja bikin repot apa lagi bergerombol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 15 lainnya memberi reputasi
TS udah mengatakan apa yang mau gw katakan....terkadang kebodohan kita membuat rasa takut yang berlebihan dan membuat kita melakukan tindakan irasional yang sama sekali tidak kita sadari bahwa itu irasional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kebodohan memang meresahkan



emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leh..uga dan 7 lainnya memberi reputasi
Cari selamet sendiri2 ini namanya
Gak mikir panjang
Justru bikin tambah ruwet
Gak heran mereka yg berani dukung sistem yg baik di tengah wabah seperti ini adalah mujahid sejati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 7 lainnya memberi reputasi
Jenazah Positif Corona Ditolak Dimakamkan di Serpong, Warga Takut Tertular
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abau. dan 6 lainnya memberi reputasi
nah jadi ngerti kan gimana depresinya orang yg udah divonis positif corona...

mereka pulang ke rumahnya dibenci sama masyarakatnya kayak apa. hukum sosial ketika dituduh membawa petaka ke masyarakat sekitar itu parah loh...

klo masyarakat ndak suka si ybs bisa terpaksa pindah rumah loh
diusir secara gak langsung

kejadian kan ke perawat yg diusir dari kosan

ini lebih keji sih... yg udah almarhum emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewakere dan 11 lainnya memberi reputasi
coba tanya WHO mending di kremasi ato dikubur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Bego massal.... emoticon-Busa

wong jenazah dah di plastikin,... dan di tanem...
kecuali klo tanah yang di pake nguburnya batuk2 atau bersin2 baru dah silahkan pada parno.... emoticon-Nohope emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
komentar dari wawali tangsel sudah baik, semoga warga bisa paham
profile-picture
profile-picture
profile-picture
l.kripac98 dan 3 lainnya memberi reputasi
jaman sudah modern,pendidikan udah maju pula tapi pola pikir masih tertinggal di jaman kerajaan itulah kebanyakan warga +62.

Mudah di adu domba,mudah di pecah belah,mudah di provokasi walaupun pendidikanya sudah strata 1 sekalipun....emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 10 lainnya memberi reputasi
Corona adalah tentara owwoh, yg mati kena corona mati syahid, tapi kalo mati jangan dimakam dekat tempat tinggal kami.....

Kebodohan tak pernah lekang dari kadrun
emoticon-Wakakaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
self distance efektif, sebagai contoh kasus rapat presiden dengan menhub, walaupun rapat, jarak antara presiden dan menhub berjauhan, kemudian presiden dinyatakan negatif coronavirus

dengan logika yang sama,
seharusnya aman, jika sudah dikubur, virusnya tidak akan tersebar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
Bau2 bakal kek resident evil nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ueki19
Lihat 1 balasan
Tampaknya rasa kemanusiaan sudah mulai hilang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bukannya dibakar dulu tuh jenazah harusnya trus dikubur sisanya?
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan i.am.legend. memberi reputasi
orang bodoh kek gini pantas dapet seleksi alam
corona datanglah emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 3 lainnya memberi reputasi
Stigma2 goblok yg disebarkan lwt grup2 wa yg ditangkap secara mentah sama masyarakat2 minim pendidikan.

Akhirnya dipercaya dan diamini banyak orang dg tdk peduli kebenarannya.

Banyak = auto benar.

Serem bener bangsa ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunyimembara dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di