i.am.legend.Avatar border
TS
i.am.legend.
Jenazah Positif Corona Ditolak Dimakamkan di Serpong, Warga Takut Tertular


Jenazah Positif Corona Ditolak Dimakamkan di Serpong, Warga Takut Tertular

SuaraBanten.id - Sekelompok warga menolak jenazah pasien positif virus corona dimakamkan di sekitaran pemakaman Bingbin, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Penolakan ini terjadi, Senin (23/3/2020) malam. Penolakan tersebut lantaran warga khawatir tertular virus corona meski sudah dikubur.

Kiki, salah seorang warga di Kavling, RT 01/04, Serpong mengatakan warga menolak korban meninggal akibat positif virus Corona dimakamkan di area pemakaman Bingbin yang dekat lingkungan rumah tinggalnya.

“Tadi itu ada 30 orang yang kumpul. Mereka takut tertular virus corona dari yang dikubur itu,” kata Kiki di TPU Bingbin, Senin (23/3/2020) malam.

Warga cemas jika virus corona dari jenazah yang dimakamkan akan menular. Warga akhirnya berkerumun.

Aksi warga ini sempat menimbulkan kecemasan, apalagi sempat beredar pesan berantai.

“Ya, tadi kami memang melihat ada pesan berantai yang mengatasnamakan Lurah Serpong Iing Solihin. Pesan itu bertuliskan, bahwa TPU di kawasan itu dijadikan tempat pemakaman pasien Corona,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengaku pihaknya masih belum mendapatkan laporan terkait aksi penolakan warga Serpong dari jajarannya.

Dia pun berharap, warga dapat mengerti hal ini. Karena wabah virus ini sudah meluas, dan jenazah yang telah dikubur tidak akan menularkan warga lain dan menimbulkan wabah corona baru di lingkungan makam itu.

“Saya belum dapat info itu, tapi saya berharap tidak terjadi seperti itu. Saya sampaikan kepada warga bahwa pasien yang dimakamkan aman buat lingkungan, tidak akan menularkan wabah ke warga,” tandasnya.
sumber

******

Nah, muncul lagi sebuah masalah. Selalu aja ada masalah di masyarakat Indonesia.
Biasanya hal-hal seperti ini dimulai dari group WA. 1 orang memprovokasi dengan bumbu-bumbu kebodohan, dan tak lama berselang virus kebodohan menjangkiti yang lain secepat kilat. Tak perlu waktu inkubasi hingga 14 hari seperti Corona.

Padahal, kalau kita ikuti kata-kata ustadz sebelah, mereka yang meninggal karena Corona adalah syahid. Dan meninggal dalam kesyahidan pastinya berjihad di jalan Allah. Lantas mengapa masyarakat ini justru menolak orang yang mati syahid dikubur di wilayahnya? Apa mereka tak pernah mendengar ceramah? Tak ada koneksi internet? Tak punya HP?

Ini jadi seperti jenazah teroris. Mereka dibilang mati syahid, tapi ditolak dikuburkan di wilayah tertentu oleh masyarakat setempat. Lantas apa yang mereka takutkan? Takut terjangkit virus juga?

Sebenarnya masalah-masalah seperti ini adalah karena kurangnya literasi masyarakat. Bukan karena kurangnya edukasi. Sebanyak apapun edukasi kalau masyarakatnya kurang literasi nya akan tetap seperti ini.

Padahal jenazah yang meninggal karena Corona, itu benar-benar diperlakukan dengan sangat aman dan hati-hati. Ibarat kita ingin mengirim paket berisi barang pecah belah atau elektronik. Bedanya cuma gak pakai styrofoam atau buble wrap. Aman sampai tak ada tetesan cairan tubuh yang keluar.

Dan pastinya masyarakat seperti ini tak akan paham juga dengan cara penyebaran Corona yang sesungguhnya, bahkan tak akan paham juga dengan yang namanya aerosol.

Tahukah mereka betapa menyakitkan nya ditinggal mati orang tercinta? Bagaimana jika yang mati karena Corona itu justru orang-orang yang mereka cintai? Bagaimana jika yang mati itu adalah mereka-mereka yang berjuang digaris terdepan menghadapi wabah Corona ini? Akankah mereka tolak juga?

Terkadang kebodohan itu sangat menjengkelkan. Tapi kita yang tahu justru kadang bingung untuk menjelaskan. Sudah lelah lebih dulu. Apalagi kalau yang mau dijelaskan lebih nyolot dan merasa paling tahu.

Begitulah.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh i.am.legend. 24-03-2020 15:07
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 23 lainnya memberi reputasi
24
8.7K
167
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan