CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sengkubak, Micin Alami Dari Kalimantan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da66819facb95689051a24f/sengkubak-micin-alami-dari-kalimantan

Sengkubak, Micin Alami Dari Kalimantan

Sengkubak, Micin Alami Dari Kalimantan
Penyedap rasa, selalu ada di setiap masakan yang kita makan. Memasak tanpa diberi penyedap rasa, ibarat sayur tanpa garam, tidak ada cita rasanya sebuah makanan tanpa adanya penyedap rasa. Penyedap rasa atau yang biasa disebut micin oleh para generasi milenial, memang membuat makanan menjadi enak dan sedap untuk dinikmati. Meskipun banyak yang menganggap bahwa micin bisa membuat seseorang mengalami penurunan kecerdasan, toh banyak juga penggemarnya.


Media sosial membuat micin terkenal dikalangan banyak orang. Postingan seorang anak milenial yang melakukan kekonyolan di media sosial dikomentari oleh netizen dengan selipan kata-kata “generasi micin”. Hal itu membuat banyak orang yang penasaran tentang bubuk penyedap rasa tersebut. Tak jarang mereka yang berkomentar di media sosial dengan generasi micin juga ikut latah di dunia nyata dengan lontaran kata-kata tersebut untuk seseorang yang dianggap bodoh.


Beberapa orang menganggap bahwa micin dibuat dengan menggunakan zat kimia berbahaya, mereka mengira bahwa micin mempunyai banyak efek negatif yang akan ditimbulkan oleh seseorang yang mengkonsumsinya, salah satunya ya melakukan hal-hal yang gila dan konyol. Micin atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Sodium Glutamat merupakan salah satu bentuk garam yang mempunyai fungsi sebagai penyedap masakan.


Sengkubak, Micin Alami Dari Kalimantan

Tetapi bagaimana kalau alam sudah menyediakan micin alami sebagai penyedap rasa untuk makanan. Di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat tepatnya di desa Tembak dari dulu penduduk daerah tersebut sudah mengenal micin alami yang digunakan sebagai penyedap rasa dalam makanan. Micin alami tersebut berasal dari daun yang bernama Sengkubak yang bisa dicampur sebagai penambah cita rasa dalam masakan.


Untuk meramu daun Sengkubak sebagai campuran dalam masakan, biasanya penduduk sekitar menumbuk atau memotong kecil-kecil dan kemudian mencampurnya dengan berbagai bahan makanan yang akan dimasak. Ternyata, daun Sengkubak mempunyai kandungan Asam Glutamat yang berfungsi sebagai penyedap rasa alami berbeda dengan Sodium Glutamat yang mengandung unsur garam yang tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi.

Sengkubak, Micin Alami Dari Kalimantan

Warga kampung Tembak Kabupaten Sintang sudah turun temurun menggunakan daun Sengkubak sebagai penyedap rasa dalam makanan sejak dari nenek moyang mereka dahulu. Untuk membuat penyedap rasa alami tersebut dengan agar tahan lama masyarakat kampung Tembak biasanya akan mengeringkan dan mengolahnya menjadi serbuk. Alam memang sudah menyediakan semua kebutuhan manusia untuk bertahan hidup, hanya saja manusia sering tidak mengetahui akan adanya sesuatu diluar sana yang bermanfaat bagi dirinya.




KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ashibnu
Halaman 1 dari 5
akhirnya aku tahu
profile-picture
profile-picture
h.ariel dan ashibnu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mitcin adjalah koentji soedap nja makjanan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:

Semoga bermanfaat ganemoticon-Ultah
Quote:

generasi micin ganemoticon-Leh Uga
Quote:


Sa aee ente kumis kuda emoticon-Ngakak
walah walah

micin emang gada matinya emoticon-Ultah
profile-picture
ashibnu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Boleh juga dicoba, tapi hanya ada di Kalimantan. Mungkin dijual di toko online? emoticon-Matabelo
profile-picture
ashibnu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sama2 glutamat...
Emangnya micin biasa gak dari bahan alami?

emoticon-Traveller
waah baru tau nihh , semoga inovasi ini bisa menggantikan micin yang ada sekarangg wkw
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makasih gaan infonyaa, bermanfaat banget nih buat anee
wah mau dong nyobain..
profile-picture
mulivw memberi reputasi
wah ora micin ora penak
kalo orang dayak ma'anyan,kalteng kaya ane bilangnya daun sungkai mmg enak kok buat masak khususnya buat sayut tumbuk daun singkong emoticon-Cool
profile-picture
mulivw memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
iniiii hampir2 sama kaya totole berarti ya gann jatohnya?
bahan alami gini efeknya kaya micin jaman sekarang gak gan?
berarti sekarang bukan generasi micin gan
generasi sengkubak
hahaha lol
wow cara pengolahannya sendiri kaya gimana nih gan kalo boleh tau??
terus cara pemakaiannya juga gimana gan? soalnya kan masih dlm bentuk daun ya ini... jd rada repot juga kalo emang harus diolah dulu sebelum akhirnya bisa digunakan / difungsikan sebagai micin
Hmmmm ini dia bahan masakkan yang selalu di salah salahin padahal kita nya aja yg males belajar wkwkwk well kalo emang ada yg alaminkeren juga sih dan helpfull sepertinha
Tq banget gan infonya. Cuss buka shopee toped BL, nyari bibit sengkubak. emoticon-2 Jempol

Makan tanpa mecin, kaya pacaran tanpa disakiti. Ambyar.
micin alami yaaa... wahhh ini kekuatannya dibandingkan micin sachet gimana yaaa...
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di