CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tragedi August Landmesser, Pria Yang Menentang Hitler
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9808949a972e13a515b0dd/tragedi-august-landmesser-pria-yang-menentang-hitler

Tragedi August Landmesser, Pria Yang Menentang Hitler

Tragedi August Landmesser, Pria Yang Menentang Hitler
Ratusan pria dan wanita memberi hormat kepada Der Führer dengan cara terbaik yang mereka lakukan untuk memberikan salam hormat Sieg Heil. Kecuali ada satu orang yang menunjukkan wajah yang datar dengan tangan disilangkan. Menandakan sebuah protes terhadap rezim Hitler. Foto yang diambil pada saat peresmian kapal tentara Jerman pada tahun 1936, yang acara tersebut dihadiri oleh Adolf Hitler. Apa yang membuat foto ini unik adalah bahwa dia mewakili protes dari satu orang, dalam bentuknya yang paling tulus dan murni.  Tapi siapa pria pemberani ini? Namanya August Landmesser. Dia adalah seorang yang menjadi anggota Partai Nazi dari tahun 1931.

Tragedi August Landmesser, Pria Yang Menentang Hitler

Pada tahun 1934, Landmesser bertemu dengan Irma Eckler, seorang wanita Yahudi. Dan keduanya jatuh cinta. Cinta August kepada seorang wanita Yahudi membuat dirinya dikeluarkan dari partai Nazi. Pada tahun 1935 pengajuan pernikahan mereka ditolak berdasarkan Undang-Undang rasial Nuremberg. Serangkaian undang-undang yang mengatur pengecualian terhadap kaum Yahudi dan pembatasan terhadap hak-hak kaum Yahudi.
Ketahui! Bagaimana Hutan Amazon Mendapatkan Namanya
Pada Oktober 1935, Landmesser dan Eckler mempunyai buah hati, seorang gadis kecil yang diberi nama Ingrid. Landmesser melihat bahwa kondisi Jerman pada waktu itu mulai memburuk, yang diperlukan untuk keluarga kecilnya melarikan diri dari Nazi Jerman. Dia berusaha untuk melarikan diri ke Denmark dengan istri beserta anaknya. Namun mereka kebergok oleh petugas berbatasan dan dihentikan, yang kemudian membuat diri mereka ditahan di perbatasan. Seluruh keluarga mereka dituduh tidak menghormati undang-undang ras dan melanggar peraturan rasial.

Tragedi August Landmesser, Pria Yang Menentang Hitler

Landmesser diperintahkan untuk mengakhiri hubungannya dengan istri yang dicintainya. Tidak mau meninggalkan istrinya, August sekali lagi berani menentang rezim Nazi. Ini menyebabkan dia dipenjara pada tahun 1938. Dan menjalani hukuman tiga tahun di kamp konsentrasi. August Landmesser tidak akan pernah melihat istrinya lagi.
Melihat Sisi Lain Dari Kemegahan Arc de Triomphe
Eckler yang sedang hamil ditangkap dan dijebloskan ke kamp konsentrasi. Di sana dia melahirkan putri kedua mereka yang diberi nama Irene. Setelah itu Eckler kemudian dipindahkan ke salah satu kamp kematian Nazi dimana dia dibunuh dengan 14.000 tahanan lainnya. Kedua putrinya lalu ditempatkan ke sebuah yayasan anak yatim piatu.

Tragedi August Landmesser, Pria Yang Menentang Hitler

Setelah menyelesaikan masa tahanannya Landmesser kemudian dipaksa untuk bergabung dengan angkatan darat pada tahun 1944. Dua bulan kemudian dia dikabarkan hilang dalam sebuah pertempuran. Beberapa tahun kemudian putri bungsu Landmesser, Irene Eckler menulis sebuah buku, didedikasikan untuk kisah keluarganya yang menyedihkan dan sebagai sebuah penghormatan terhadap ayahnya yang sangat berani.



KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prabas dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ashibnu


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di