CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8a8aab9252334d118b4579/pengalaman-saya-bangun-rumah-pribadi--keluarga

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Tampilkan isi Thread
Halaman 29 dari 36
Itu yang desain rumahnya siapa gan? Ente sndiri kah atau spesialiss. Keren desainnya.
Quote:


Iya benar gan....

1 titik itu 1 saklar buat lampu (termasuk dudukan lampu/ fitting), itu dihitung 1.

1 colokan steker/ terminal, itu dihitung 1.

Rumah saya ada 9 saklar lampu dan 10 colokan steker, total 19 titik.

1 titik harganya 45.000, tidak termasuk material alat alat instalasi listrik.

Kemudian, sewaktu pasang listrik dari PLN, ada bonus 2 titik. Jadi total seluruhnya ada 21 titik.

Instalasi listrik kalo dari PLN sedikit mahal, harganya 350 per 3 titik, udah termasuk bahannya, standar PLN.

Quote:


Nggak ada bre, ini coret coret sendiri denahnya. Keterangan ada di awal trit.

Quote:


Iya rumah saya besar, 8x9, itu masih ada loteng 1/3 bagian luas interior.

Lalu ada halaman belakang juga, bisa buat dapur kedua, atau dapur kotor.

Quote:


Tanah gerak harus paku bumi atau cakar ayam ukuran besi 16 om biar mantep gak goyang emoticon-Traveller
Quote:


Faktor biaya lah.... 2 lantai sangat mahal pastinya.

Loteng aja udah cukup luas bagi kami sekeluarga, biar kayak rumah rumah menengah ke bawah di Amerika.

Quote:


Bener bgt gan, soalnya saya udah tahu kualitas bahan bangunannya.

Adukan aja banyak semennya, tanpa mil, kapur, gamping!

Quote:


Jelas dong, bangun sendiri juga lebih murah kok. Percaya sama saya emoticon-Jempol

Quote:


Main ke subforum desain & arsitektur lebih lengkap bre.... di sana lulusan teknik sipil semua.

Saya minder klo main ke sana, soalnya gelarnya beda, cuma warga sipil, pake biasa lagi emoticon-Nohope

Quote:


Nggak dong gan.... desainnya cukup ribet sebenernya. Karena ngedesain sambil mengerjakan rumahnya.

Nanti rencana mau ada kolam ikan hias di halaman belakang / dapur kotor.

Quote:


Iya gan seru bgt deh. Khususnya waktu belanja, saya paling suka, sambil modusin karyawan cewek toko bangunan besar gan, tiap hari ketemu.... cantiknya gak kalah sama SPG mall emoticon-Big Kiss

Quote:


Bener juga sih sebenarnya tak sedikit tetangga yang iri kalo kita bisa bangun rumah.

Misal kita ngontrak terus, gak bisa bikin rumah, ada aja hinaan dari mereka.

Maunya apa coba tetangga kyak gitu emoticon-Lempar Bata

Quote:


Hehe, makasih gan.

Iya tujuan saya bukan untuk pamer, bukan pula pengen dpt pujian, tapi saya ingin supaya orang-orang yang punya niatan bangun rumah secara mandiri, bisa mengimplementasikannya dan gak usah takut habis dana banyak.

Dan yang terpenting supaya orang orang tidak tertipu pemborong abal abal. Pokoknya hindari deh borongan tenaga + material.... keenakan pemborongnya bisa untung banyak. Saya beritahu keuntungan pemborong itu sama aja bisa beli tanah satu kotak kavling.

Justru beli perumahan jadi itu jatuhnya lebih mahal, dengan bahan yang, mungkin, biasa saja kalo menurut saya.

Bangun dari 0, kita tentukan spek sendiri, jauh lebih mantap, puas, dan berkualitas.

Quote:


Iya gan.... mending harian daripada borongan. Tapi klo terpaksa borongan karena sibuk dg kerjaan, lebih baik borongan tenaganya aja. Agan tinggal cari orang yg pinter mengatur keuangan dan bisa dipercaya jika diberi amanat.

Quote:


Ahahaha.... gak bisa gan. Otak saya gak bisa jauh-jauh dari cewek & seks.

Otak saya udah dirusak pornstar sialan dari Br*zzers, Digital Pl*ygroud, Tush*, dan kawan-kawannya.

Bangciatttt lah mereka sudah berhasil merusak generasi muda negara kita emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh luca.erillia.27
bermanfaat nih.. rencana mau renov rumah warisan ortu
mantabb gan

isnyallah ane juga mau bangun dari awal..

nabuuuung gan.
mantap...thx atas gambarannya ya gan ... emoticon-thumbsup
Quote:


Kasih contoh dong gan
manteb gan, enak ya kalau di daerah masih bisa nih bangun rumah kayak gini. doain ane pindah kerja ke daerah asal supaya bisa bangun rumah diawasin & ikut kerja bantuin sendiri ya gan. semoga rumah agan juga cepet beres... lancar
Wah bisa jadi referensi sih neh
ntaaapp gan, kebetulan ane juga lagi bangun rumah ya walaupun minimalis tapi puas dibandingin beli jadi yang kadang belom 5 tahun tapi udah perlu renovemoticon-Shakehand2
Luar biasa,, Melihat dari budget memang lebih mahal buat sendiri daripada perum 🤔🤔🤔
Balasan post luca.erillia.27
ya udah sebutin lah kisarannya..biar gak bikin penasaran.. kalo lebih murah dari rumah jadi cash, mau ikutan, tapi kalo lebih mahal.. males juga..


Quote:


keren gann, detail lengkap, bisa buat inspirasi yg mo bikin rumah.
selamat ya gan rumah e keren..
Quote:


Lotengnya sih mirip mirip model rumah amerika klasik. Lantainya nanti pke papan kayu suren tebal 3 cm, tangganya juga tebal 3 cm.

Akses tangga ke loteng ada 2, dari kamar ke 2 dan ke 3. Di loteng ada ruang tengahnya juga 3mx6m.

Interior belum rapi, plasang plafon, bikin kitchen set dulu nanti. Masih lama emoticon-Hansip

Quote:


Jadi saya melanggar peraturan ya...

Sanksinya apa gan jika ketahuan?

Quote:


Mangstab cendolnya emoticon-Keep Posting Gan

Quote:


Sumatera lagi ya gan?

Coba nanti saya googling dulu, gak paham pondasi pke trucuk itu strukturnya kayak gmn....?

Kalo pondasi rumah saya cuma habis sekitar 10 jt an aja, udah termasuk cakar ayam.
Quote:


Betul gan.... untung aja saya pke tukang daerah setempat, kerjanya juga lumayan bagus, karena ada yg ngarahin yaitu paman saya. Jadi gak ada gangguan macam macam dr warga sekitar.

Quote:


kecamatan Secang bre.

Quote:


Mantap banyak juga kaskuser Magelang ternyata emoticon-Shakehand2
Kaga sanggup gw baca rincian nya.
Quote:


Enggak dong, kan sirkulasi udara udah ada banyak loster sekitar 90 an pcs.

Quote:


Mindset yang berbeda ya gan...

Saya kalo borongan malah takut kerjanya cepet cepet jadi gak rapi, jadi saya lebih yakin harian. Udah banyak kasus pemborong bikin galian pondasi aja cuma 10-15 cm emoticon-Mad (S) dan masalah lain lagi pokoknya.

Borongan pun sebenarnya harus sering sering diawasi juga biar desain rumahnya gak melenceng dr konsep.

Quote:


Males ah, gak ada janda bohay di sini emoticon-Mad

Mending pasang aplikasi toktik, liat cabe cabean pada bugil emoticon-Lempar Bata
Diubah oleh luca.erillia.27
mantap gan catatannya lengkap, mudah2an lancar sampai benar-benar selesai :terimakasih
Keren ente gan
Masih inget pembukuan pengeluaran buat bangun rumah nya
amanin dulu di trit bagus....biar pinter bisa bangun rumah jg, hbs ini dibaca gan emoticon-Ultah
Halaman 29 dari 36


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di