CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8a8aab9252334d118b4579/pengalaman-saya-bangun-rumah-pribadi--keluarga

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 36
Makasih gan udah share pengalamannya dalam membuat rumah sendiri, itu sesuatu bgt dengan rinciannya yg begitu detail, bisa jadi referensi nihemoticon-Big Grin
Di tunggu total akhirnya gan hahay
disini kenek 80rb tukang 150rb.
lengkap gan, sama harganya jg.. buat nambah referensi
total nya berapah... emoticon-Mewek
disini tukang sama kenek sepaket 300rb gan emoticon-Big Grin
kira2 totalnya di atas 100 gk gan ?
Quote:


Ulala.... makasih timpukan cendolnya gan emoticon-Recommended Seller

Quote:


Pasang sendiri gan sama tukangnya, tinggal perhitungan yang tepat, lalu beli alat bor, tinggal ngebor-bor dah emoticon-Jempol

Tapi konstruksi atapnya/ kuda-kuda jangan pake baja ringan ya biar kokoh.

Kuda-kuda wajib pke cor aja lebih meyakinkan, kalo punya dana lebih, blandar dan kuda-kudanya pke under, dijamin pengkuh tahan lama emoticon-2 Jempol

Quote:


Kalo borongan tenaga + material emg rugi byk gan.

Kecuali ente udah bikin perjanjian bahan-bahan bangunan apa aja yang digunakan, tahu dan paham kualitasnya sih gapapa, tinggal awasi pengerjaannya.

Menurut saya klo borongan tetap lebih baik diawasi, supaya gak melenceng dari konsep.

Kalo hasil akhir melenceng dari konsep, pasti nyesel dan rugi banyak akhirnya.

Quote:


Anggaran awal rumah saya awalnya cuma 150 jt udah selesai sampai finishing, termasuk pasang kramik.

Tapi berhubung rumah saya cukup luas 8x9m, ada loteng/ tingkat, cor dag yang otomatis membutuhkan banyak besi, maka target saya yang utama adalah supaya rumahnyA berdiri dulu.

Anggaran dan realita sudah pasti tidak sesuai, karena berapa pun uang yang ada, pasti habis. Kalo habis ya berhenti dulu, cari lagi wkwk. Yang utama dan paling penting dalam membangun rumah adalah rumahnya udah berdiri dulu. Gitu aja.

Untuk biaya yang membekak sudah pasti dari kualitas material bahan bangunan yang digunakan.

Sebagai contoh saya menggunakan bahan baja ringan SNI, genteng sokka kebumen yang udah terkenal kualitasnya, kayu kayu jati, kayu bangkirai.... itu kayu kayu mahal. Tapi dijamin keawetannya.

Dan masih byk lagi bahan bahan berkualitas yang lain.

Jadi kalo material bahannya standar, saya kira kalo perencanaannya matang dan tanya-tanya sama orang yang pernah bikin rumah dari awal, sedikit banyak bisa sesuai sama realita.

Nice

Tahun 2014 ane bangun rumah juga sendiri. Memang melelahkan urus tukang n belanja material sendiri disela2 kesibukan, tapi sebanding kok sama hasilnya.
Sekarang Alhamdulillah dah jadi. Bangunannya luas 6*7 m. Masih ada tanah sisa di samping. Karena ane pakai konsep rumah tumbuh. Sesuai sama tumbuhnya keluarga ane. Saat ini 2 kamar cukup. Ga menutup kemungkinan next tambah kamar kalau anak2 dah gede n tambah anak lagi.
tadinya mau nanya total, tapi udah banyak yg nanya jd itung aja sendiri dah emoticon-Hammer (S)

PENGERJAAN TAHAP 1
TOTAL : 5.020.000

PENGERJAAN TAHAP 2
TOTAL : 111.681.500

BIAYA LAIN-LAIN
TOTAL : 12.156.500

GAJI TUKANG,KENEK,DLL
TOTAL : 31.925.000

TOTAL BIAYA PEMBANGUNAN : 160.783.000


btw nabungnya brp lama gan?
ane domisili dibandung, umur msh 22 cita cita punya rumah sendiri. tapi bikin kaya agan gini gak beli doain ya gan xD
Diubah oleh admin7
Lihat 2 balasan
mesti punya tukang yg dipercaya..
ongkos tukang lumayan murah jg ente ya, ane tukang175rb,kenek120rb
Diubah oleh .abi
nyimak
Balasan post admin7
Quote:


tidak termasuk harga tanah ini ya bro emoticon-Mewek
Quote:


Kalo nabung kelamaan, sedangkan harga tanah makin lama makin naik. Apalagi kalo mau bangun sendiri.

Pengen punya rumah sendiri ga melulu mesti bangun sendiri, ambil perumahan juga oke. Walopun secara kualitas jelas jauh lebih bagus bangun dari awal.

Apalagi umur masih 22, nyicil aja dari sekarang, biar umur 40an udah lunas.
nice share gan,ane jg org magelang,lg bangun rumah juga,baru 60 % gan,tp uang dah habis,hiatus dulu
Gan, ada rumah yg langsung jadi? Jadi kita pilih modelnya terus diangkut ke tanah kosong kita emoticon-Leh Uga
ditunggu updatenya gan emoticon-linux2
mantap gan,,, ane beli d perumahan, sekarang d luar Kota,,, balik lagi k asal pasti renovasi smua,,, emoticon-Cool
sukses terus gan, semoga dilancarkan rezeki nya dan cepet jadi rumahnya emoticon-Toast
mantabbb emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Kira2 habisnya brapa juta ye gan emoticon-Bingung
Halaman 3 dari 36


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di