CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8a8aab9252334d118b4579/pengalaman-saya-bangun-rumah-pribadi--keluarga

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Saya ingin berbagi pengalaman membangun rumah pribadi/ rumah keluarga kami yang berukuran 8mx9m dan total keseluruhan bangunannya adalah 137 meter persegi. Denah rumah kami terdiri dari:

Quote:


Berikut tahap pengerjaan dan rincian biayanya:

Pengerjaan Tahap l:

Quote:


Enam bulan kemudian, tepatnya pertengahan bulan maret tahun 2018, pembangunan rumah dimulai. Saya mulai sibuk menginvasi toko-toko bangunan di sekitar Secang, Magelang kota, bahkan sampai kota Temanggung, demi mendapatkan bahan-bahan dengan harga termurah tapi kualitas sama bagus. Sampai akhirnya ada beberapa toko bangunan yang mau diajak "kompromi", karena saya akan berbelanja di toko-toko itu dalam jumlah yang lumayan besar dan terus-menerus sampai project rumah selesai. Bukannya sombong, tapi saya pribadi memang pandai bernegosiasi, gak kalah sama emak-emak di pasar tradisional. Mungkin karena saya tamvan kali ya emoticon-Cool

Satu hal yang selalu saya garisbawahi sejak awal bahwa bahan-bahan bangunan yang saya butuhkan adalah bahan-bahan berkualitas baik, menengah ke atas, karena saya selalu berpikir tentang kekokohan dan keawetan bangunan rumah saya. Lebih baik mengorbankan uang sedikit lebih banyak demi barang berkualitas baik daripada beli barang murah yang kualitas abal-abal cepat rusak, karena saya berpendapat bahwa biaya perbaikan itu selalu lebih mahal daripada biaya membangun dari awal.

Pengerjaan Tahap ll:

Quote:


Pengerjaan Tahap lll

Quote:


Biaya lain-lain:

Quote:


Pasaran gaji tukang & kenek di wilayah saya sekitar 75.000 & 65.000 bersih. Jam kerja 08.00-16.00. Awal pembangunan, dari membuat pondasi sampai rumah berdiri, ada 4 tukang + 2 kenek aktif + 2 kenek pasif (saya dan ayah saya). Kemudian, setelah rumah berdiri, 2 kenek aktif saya berhentikan. Tahap mempercantik desain interior, hanya tinggal 2 tukang saja; ,plester, acian, membuat pintu, jendela, plafon. Terakhir, tahap finishing, masih berjalan hingga saat ini tinggal 1 tukang saja, karena dana mulai menipis emoticon-Cape d... (S)

Quote:


Tips:

Quote:


Galeri Foto
Quote:


Sampai di sini dulu sharingnya, insyallah jika ada umur panjang dan rejeki lancar, nanti saya update lagi.

Semoga thread saya bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.

Quote:


★ Tambahan dari Kaskuser ★

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anonymcoy02 dan 54 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh luca.erillia.27
Halaman 1 dari 36
agan2 ada yang bisa kasih share, ane ada rumah (tipe kontrakan 3 petak),3.5x 10,ane mau naikin lantai di bawah dibikin los di atas 2KT 1KM,kira2 abis sekitar brp yah?
Quote:


Jombang mana gan? Jatim atau bukan?
Thanks sharingnya, gan. Anda teliti sekali. Luar biasa inspirasinya 😊[Bemoticon-thumbsup ][/B]
maantap semuanya gan, semoga lancar ya. btw...itu lotengnya di cor beton atau pake kayu gan? ane pengen juga memanfaatin loteng, tp msh blm ngerti gmn bagusnya
Balasan post dhunkz.arie
Quote:


jombang gan
Wah rinci bgt gan gimana2 emang enak bangun sendiri drpada beli jadi ya gan
Quote:


daerah mana gan
Lihat 1 balasan
trit bermutu..
lagi bangun rumah di daerah,
tukang disini 120k, kuli 90k
Makasih treadnya, untuk masukan buat rumah..
Izin Up dengan Tips dari TS emoticon-Toast

1. Belilah bahan bangunan yang "khusus" atau "spesialis" menjual bahan bangunan. seperti spesialis kayu, besi, baja ringan, kaca, genteng, dan lain-lain, karena biasanya harga relatif lebih murah daripada beli di toko bangunan.

2. Proses membangun rumah baru itu lumayan lama dan gak bisa langsung jadi. meskipun tersedia dana tak terbatas sekalipun. Semua butuh proses dan bertahap. Barang-barang dan bahan-bahan bangunan yang masuk cukup banyak. Selalu awasi dan cek-ricek setiap hari. Pasti ada yang namanya musibah, kecelakaan, kekurangan material, kelebihan material, bahkan kehilangan material. Selalu hitung atau cek dan ricek jumlah barang yang dibeli. Jangan lupa juga selalu simpan nota-nota anda dan pelajari lagi di rumah, karena terkadang ada saja kasir yang teledor menghitung transaksi daftar beli kita.

3. Jika teman-teman ingin membangun rumah, JANGAN PERNAH MAU BORONGAN MATERIAL DAN BAHAN. karena kita tidak akan tahu kualitas bahan yang digunakan nantinya. Borongan pun boleh, dengan catatan hanya tenaganya saja. Saran saya kalau pun mau borongan, carilah kontraktor resmi yang memiliki kantor resmi dan biasa membangun perumahan elit di kota-kota. Karena biasanya standar kontraktor resmi itu tinggi, mereka hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas SNI.

4. Jika ingin membeli bahan-bahan bangunan sendiri, pastikan selalu bertransaksi dengan owner/ bos toko bangunan langganan anda. Hindari transaksi dengan karyawan/ kuli-kulinya, karena, terkadang karyawan di toko bangunan suka "nakal" cari untung sendiri dengan menaikan harga dari harga normal. Tapi, terkadang karyawan toko bangunan juga bisa menguntungkan pembeli dengan cara "transaksi gelap" khusus pembelian bahan bangunan dalam jumlah besar.

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

emoticon-Wow emoticon-Ultah emoticon-Wow emoticon-Ultah emoticon-Wow emoticon-Ultah
Quote:


Halo, maaf sudah lama tidak aktif.

Iya, saya mandorin sendiri, beli bahan sendiri, pokoknya kalo bingung konsultasi aja sama tukang kepercayaannya.

Hm, bingung juga ya mandorin kalo sambil kerja. Jadi, saya kan dagang di pasar pagi, jam 8 pagi udah pulang, lalu saya langsung pergi ke tempat pembangunan rumah.

Saran sih, cari tukang kepercayaan, kasih bayaran lebih untuk jagain tukang tukang lain. Dan diawal buat perjanjian harus selesai tepat waktu.

Iya betul, beli bahan bangunan pertahap, gak mungkin juga gan beli langsung semuanya, ntar dicuri orang lewat lagi, hehe.

Saya gak pke RAB RAB segala, ilmu ngawur saya, Gan!

emoticon-Ngakak

Quote:


Bukan 2.8 jt per meter, lebih murah lagi malah, ahaha.

Quote:


Udah ada fotonya di depan, silahkan dilihat lagi, Gan!

Quote:


Betul, Gan... hampir 1 tahun, hahaha.

UNTUK PERTANYAAN FAST RESPON, FOLLOW INSTAGRAM: @BEAUTYCAMPDIARY

DM saya di IG ya, makasih 😊
Diubah oleh luca.erillia.27
Quote:


durasi pembangunan sampai 1 tahun gan?
Untuk menghemat biaya penggunaan pondasi batu kali atau batu belah bisa menggunakan pondasi Borpile & Strauspile. Penggunaan pondasi Borpile lebih kokoh, terbukti sekarang gedung-gedung pencakar langit menggunakan pondasi Borpile/Strauspile. Untuk tenaga pondasi Borpile/Strauspile bisa hubungi 0852-8074-9218 https://wa.me/6285280749218
Quote:


Bekasi mana gan kalau boleh tau, itu 2,8 juta udah material apa jasanya doang, kalau material kualitas nya bagaimana, soalnya ada rencana mau renov rumah di Jatiasih.
Balasan post luca.erillia.27
Gan, foto dong penampakan hasil akhir rumahnya. Ane jadi penasaran buat bangun rumah sendiri drpd beli hehe. Modelnya gabisa sesuka kita soalnya kan emoticon-Malu (S)
Balasan post efrimidori
Murah amat ya gan 2.8 jt per meter, daerah jkt sy tanya 4.5jt per meter
Gaan..Terima kasih banyak, nggak sengaja ketemu thread ini. Mencerahkan sekali...

Ada bbrp pertanyaan mudahan dibalas ma agan yak. Ini agan mandorin sendiri? kalau ane dalam kondisi kerja kantoran gimana mandorinnya? emoticon-Sorry
Terus RAB agan bikin sendiri? Ajarin cara bikinnya Gan emoticon-Smilie

Pembelian bahan2 bangunannya, belinya pertahap ya? Maap nanyanya kebanyakan ane mo ngerombak rumah yang udah ada soalnya, tapi masih nyari dananya emoticon-Ngakak (S)
29 April 2019, akhirnya rumah keluarga kami selesai juga, meski tidak benar-benar selesai hingga 100%. Tanggungjawabku berbagi pengalaman di Kaskus juga sudah selesai. Terima kasih bagi teman-teman di Kaskus yang sudah mengikuti pembangunan rumah ini sejak awal 🙂

Ketika semua ini sudah selesai, sedih rasanya harus berpisah dengan pak Tukang yang telah menemani hari-hariku selama 1 tahun terakhir ini. Rasa-rasanya aku akan merindukan hari-hari itu, khususnya awal pembangunan rumah ini. Setiap hari, saat istirahat, selalu ada perdebatan sengit tentang Jokowi VS Prabowo, TV Oon atau Metro Tivu, PDI atau Gerindra. Kemudian, bacotan berlanjut sambil memasang bata 🤣
profile-picture
profile-picture
tandaseru dan rizkygmahdi memberi reputasi
Lihat 1 balasan


Quote:


Semoga cepat terealisasi rencananya gan.

Quote:


Semoga pilihan ente yang terbaik gan. Jangan lupa bagi pengalaman berharga ente ini ke publik, supaya orang makin banyak yang tahu dan mengerti, sehingga tidak ada korban penipuan lagi dari tukang atau kontraktor nakal.

Quote:


Monggo.

jejak om
Halaman 1 dari 36


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di