alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / ... / Online Games /
5 alasan online gaming tidak terelakkan
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b34f051c1d770f1708b4567/5-alasan-online-gaming-tidak-terelakkan

5 alasan online gaming tidak terelakkan

5 alasan online gaming tidak terelakkan


Halo agan semua, ane mau bahas kenapa game-game sekarang rata-rata perlu koneksi online. Ane bahas dari dua aspek, kekurangan (dari sudut pandang developer) dan kelebihannya (sebagai pengguna).

5 alasan online gaming tidak terelakkan

Kekurangan online gaming

(dari sudut pandang developer/publisher)

5 alasan online gaming tidak terelakkan


1. DRM


5 alasan online gaming tidak terelakkan


Ini imbas piracy gan, dimana sekarang developer rata-rata emoh bikin game singleplayer apalagi offline. Bahkan beberapa game singleplayer pun sekarang harus online, walaupun cepat atau lambat ada cr*cknya. Dua offender terberat buat kasus ini, Ubisoft waktu rilis Assasins Creed II dan EA dengan Sim City reboot.

Diluar itu, offline multiplayer sekarang udah musnah kayaknya. AAA udah ga ada lagi yang sediain LAN multiplayer. Bisa sebutin game keluaran tahun lalu yang bisa buat main LAN/hotseat? Kemungkinan cuma game indie atau game fighting. Split screen apalagi.

Sekarang kalo PC gamer minimal (kalo mau legit) harus pake Steam untuk main game baik online maupun offline. Offline pun harus setidaknya pernah login sebelumnya, baru bisa masuk ke Steam agan.

Semua game multiplayer only juga ga ada yang sediain LAN. Jadi kalo servernya udah dimatiin, game itu bakal jadi mubazir, ga bisa dimainin lagi sama sekali.

Kalo bisa pilih ane memang milih game-game offline gan, tapi game keluaran baru (baik mobile maupun PC) biasanya minta online.
5 alasan online gaming tidak terelakkan

2. Microtransactions


5 alasan online gaming tidak terelakkan


Dulu download 1 gb aja bisa berhari-hari. Sekarang ane pribadi download 100 gb bisa dalam sehari. Sebenernya emang ini bukan alasan utama, karena masih banyak yang enjoy dengan singleplayer offline dan hal ini masih bisa dinikmati sama console gamer secara penuh. Kalangan umum yang pakai smartphone juga udah mesti ngerti pake internet, minimal social media.

Tapi emang demikian adanya perkembangan teknologi dan industri game. Apalagi sekarang kalangan umum, (rata-rata anak warnet) mainnya game online semua kan gan. Begitu juga game mobile, kalo engga nampilin ads atau microtransactions mereka hidup darimana, sebab semua game di appstore rata-rata free semua. Yang mana menurut ane microtransactions itu sendiri pun menurut ane termasuk DRM.

Dengan semakin cepatnya internet, developer ga pake mikir 2 kali buat implementasiin "fitur" online di game mereka. Bahkan untuk game-game yang casual sekalipun. Lagipula, profit dari microtransactions (freemium) jauh lebih besar dan kontinu dibandingkan dengan game yang sekali bayar (premium).

Pasti udah denger dong kasus microtransaction (loot box) di Battlefront II dari EA?

Microtransaction bisa aja dicheat, tapi biasanya aplikasinya bakal ngecek ulang ke server lagi, sesuai dengan record agan disana atau engga.
5 alasan online gaming tidak terelakkan

Kelebihan online gaming

(dari sudut pandang konsumen/gamer)

5 alasan online gaming tidak terelakkan

3. Lawan manusia lain lebih seru


5 alasan online gaming tidak terelakkan


Sejago-jagonya AI, lama-lama bakal ketebak polanya mereka. Tapi kalo lawan manusia, lawan bisa adaptasi tergantung dari tindakan/keputusan agan.

Dan jujur aja emang ada kebanggaan tersendiri waktu, misalnya dapet ranking 1 di mode solo deathmatch di game-game FPS, atau jadi pemenang di mode permainan Battle Royale emoticon-Cool

Mungkin itu juga kenapa tipe permainan Battle Royale itu sekarang populer banget. Bayangin agan menang lawan ratusan pemain lain, kepuasannya emang ga ada duanya.

5 alasan online gaming tidak terelakkan

4. Social feature


5 alasan online gaming tidak terelakkan


Fitur online game sekarang minimal ada fasilitas socialnya gan. Bisa nambah temen, pamer achievement/trophy atau stats. Semua ini masuk ke server, jadi kalo agan main di tempat lain stats dan friend list ini bisa agan bawa kesitu juga.

Sekarang semua platform, Steam, Origin, Uplay dan terakhir ane baru nyadar GOG udah sediain social feature ini gan.  Steam sendiri jadi mirip Facebook, ada newsfeed dari temen-temen agan disitu.

Ane pribadi sih social featurenya Steam malah bikin risih, apalagi kalo pas beli game baru, semuanya ditampilin di newsfeed emoticon-Big Grin.  Entah bisa dihide atau engga. Dan lagipula rata-rata pada pake nickname yang aneh-aneh buat online persona mereka, jadi ane juga bingung ini siapa itu siape  emoticon-Gila

Cukuplah ane pake sosmed biasa aja. Kalo buat gaming itu waktunya me time (ini menurut ane loh ya emoticon-Malu)

5 alasan online gaming tidak terelakkan


5. Cheater jauh berkurang


5 alasan online gaming tidak terelakkan


Kayak yang udah disebutkan sebelumnya, internet semakin jadi hal yang kita take for granted istilahnya. Dimana-mana harus ada internet.

Paling ga enak itu main lawan cheater gan emoticon-Tai. Entah napa kok ada aja orang demen ngecheat di multiplayer. Nah karena sekarang rata-rata game online semua, teknologi anti cheat juga harus diperkuat. Dulu yang paling populer itu Punkbuster, tapi sekarang udah ga dikembangin lagi.

Kalo yang paling sadis dan masih bertahan sampe sekarang itu VAC punya Valve. Bayangin kalo agan udah koleksi ratusan game di Steam agan, tapi ngecheat dan kepergok sama VAC.

Agan bakal ditandain dengan tulisan merah "x VAC ban on record(s)". Dan ini agan mau appeal atau nangis-nangis sekalipun ke supportnya, ban ga akan diangkat emoticon-norose

Sayang anti cheat ga bisa dipilih, ini musti developernya sendiri yang milih mau implementasikan anti cheat yang mana. Tapi dengan sadisnya anti cheat, dan kencengnya internet sekarang, seengganya agan ya mesti cobain satu dua game multiplayer.

5 alasan online gaming tidak terelakkan


Nah itu 5 alasan kenapa online gaming ga terelakkan gan, ane cuma kepikiran segitu. Imbas kekurangan dari online game khususnya menurut ane DRMnya itu gan. Kalo bukan ngejer multiplayer ane sekarang lebih suka beli game ori dari gog.com dibandingin di Steam. Dan walaupun sekarang GOG Galaxy juga ada social featurenya kayak Steam, game-gamenya tetap bisa dimainin tanpa Galaxy client.


Agan bisa nambahin lagi poin-poin diatas? emoticon-Toast




Spoiler for Bonus ::


Halaman 1 dari 3


Spoiler for TESTIMONIAL:
Diubah oleh exorio
emoticon-Teparemoticon-gagalpaham ggl pertamax
Quote:


Ente belum beruntung

Silakan coba lagi lain waktu gan emoticon-Cool
karena sekarang budget buat bikin single player dengan grafis, gameplay dan storyline yg wah itu kadang nggak sebanding dengan hasilnya. Atau balik modalnya lama.
Sedangkan para pemegang saham dari sang developer ini pasti pengennya cepet balik modal, yg ada game direlease setengah jadi, dan disusul expansion, microtransaksi dan DLC yang dijual nggak jauh beda harganya dari gamenya sendiri. hal ini juga yang bikin user rata2 males beli.

Kalo soal piracy, ini udah masalah dari jaman jadul. Tapi mau gk mau dev juga harus sadar, ada game yg popularitas/ratingnya naek, justru setelah itu game bisa dibajak.
Quote:


Exactly. Dan ditambah lagi kalo online masih bisa ngandalin microtransactions.

Quote:


Piracy jaman dulu masih gampang, karena bisa dibypass pake metode offline (misalnya CD check). Internet jaman dulu ga sekenceng sekarang. Developer bisa ngerugi kalo masukin fitur online jadi fitur wajib.

Game-game steam juga sepertinya masih sangat mudah dibajak. Tapi kalo ngeliat tendensi AAA, online itu udah ga terelakkan, dengan alasan yang udah elo sebutkan diatas.

Plus "fitur" online only bakal ngepush customer ngebeli orinya, karena kalo engga, user ga mendapatkan full experience dari game yang mereka beli.

Beberapa contoh fitur online itu kayak leaderboards, achievements, daily challenge, dsb. Ini yang masih "ringan" yah. Biasanya masih game-game indie yang implementasiin fitur kayak begini.

Kalo yang udah kelas berat, liat aja Destiny. Game ini big budget, dan gameplay-wise kalo mau dimainin solo sebenernya bisa. Kalo ngomongin resiko, ya sama aja resikonya kayak develop single player.
Hmm gtu ya bre

emoticon-Betty
Kesulitan game online tuh gak gitu" aja

Pasti terus"an berubah

Itu yang buat ane tertarik

emoticon-Cool
Multiplayer for life emoticon-Leh Uga
yampoon pejuwan
Nimprung di pejwanemoticon-Matabelo
Main game juga seru
Quote:


game apa nih gan ? yang ente minatin emoticon-Matabelo
Kalo kata ane mah, semua karen bete di dunia nyata. makanya pelarian ke dunia maya di game online. whakakakakakakaka
Quote:


mobile legends jos
Diubah oleh nia509
gitu ye gan
boneng jg sih
Ngonline di pejwan dolo emoticon-Games
hail online
Game online rame2 seru juga
Gemboked ramaikan game online emoticon-Hansip
battleroyal lg booming gan emoticon-Leh Uga
paling ngeselin microtransaction, udah beli game bayar masih minta duit lagi..emoticon-Blue Guy Bata (L)
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di