alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternak Ikan Cupang - Hobi Yang Diremehkan Dapat Menjadi Profesi Menjanjikan
4.63 stars - based on 19 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3c7904dad7700d428b456c/ternak-ikan-cupang---hobi-yang-diremehkan-dapat-menjadi-profesi-menjanjikan

Ternak Ikan Cupang - Hobi Yang Diremehkan Dapat Menjadi Profesi Menjanjikan

Ternak Ikan Cupang - Hobi Yang Diremehkan Dapat Menjadi Profesi Menjanjikan

SelamatDatang Gan!


Beternak ikan cupang adalah sebuah hobi yang sering diremehkan oleh sebagian orang, itu karena mereka hanya melihat tukang ikan cupang yang jualan ikan cupang dengan harga Rp. 2.000,- sampai Rp. 5.000,- perekornya. Tapi menurut ane pribadi, hobi apapun itu jika ditekuni dapat menjadi profesi yang menjanjikan gan. Termasuk beternak ikan cupang ini. Sebelumnya ane akan menjelaskan sedikit tentang ikan cupang.

Ternak Ikan Cupang - Hobi Yang Diremehkan Dapat Menjadi Profesi Menjanjikan

gambar diambil dari galeri TS


Mengenal Ikan Cupang
Ikan cupang atau betta splendens merupakan ikan air tawar yang berasal dari negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan lain-lain. Ikan cupang memiliki daya tarik khusus yang membuat orang-orang menggemari ikan ini yaitu agresifitasnya yang tinggi dan keindahan bentuk tubuh serta siripnya ketika sedang mengembang. Ikan cupang sendiri merupakan ikan yang memiliki umur panjang dan dapat hidup meskipun dalam kondisi air yang kotor dan sangat sedikit sekalipun. Ikan ini juga dapat bertahan lebih dari seminggu tanpa makanan sama sekali.
Spoiler for Sumber:

Jenis Ikan Cupang
Pada dasarnya ikan cupang ini dapat dibagi menjadi 3 jenis gan (menurut ane sih), yaitu ikan cupang liar, ikan cupang aduan, dan ikan cupang hias. Ikan cupang liar adalah ikan cupang yang dapat ditemui diperairan alami indonesia seperti sungai atau danau, bahkan agan dan sista bisa menemukan ikan cupang liar ini di sawah. Namun kekurangan ikan cupang jenis ini adalah warna dan bentuk tubuhnya yang tidak menarik gansis.
Spoiler for Ikan Cupang Liar:

Sedangkan Ikan Cupang aduan adalah ikan cupang yang memiliki tubuh lebih "kekar" dan warna yang lebih gelap dari ikan cupang liar. Untuk agresifitas bisa dibilang ikan cupang aduan lebih agresif dari ikan cupang liar dan ikan cupang hias.Mungkin itu sebabnya cupang jenis ini disebut ikan cupang aduan.
Spoiler for Ikan Cupang Aduan:

Yang terakhir adalah ikan cupang hias. Ikan ini memiliki bentuk tubuh dan sirip serta warna yang lebih indah daripada ikan cupang liar dan ikan cupang aduan. Meskipun tidak segalak ikan cupang aduan, tetapi sebagaimana kodrat ikan cupang sebagai ikan petarung ia juga akan mempertahankan wilayahnya mati-matian gan. Jadi jangan coba-coba menempatkan dua ikan cupang hias dalam satu wadah yah gansis.
Spoiler for Ikan Cupang Hias:

Spoiler for Sumber II:

Pengalaman Ane
Nah ane pribadi adalah orang yang hobi dengan ikan cupang gansis, dan sekitar tahun 2012 sampai tahun 2015 ane menjadi peternak ikan cupang. Ane yang suka dengan yang indah-indah pun memutuskan untuk fokus di ikan cupang hias, tepatnya ikan cupang hias jenis giant. FYI ikan cupang giant adalah ikan cupang yang ukurannya jauh lebih besar dari ikan cupang pada umumnya. Harganya pun relatif lebih mahal (menurut ane sih).

Meskipun pada awalnya banyak yang nyinyir dengan kegiatan ane karena merasa ternak ikan cupang itu nggak ada masa depannya. Tapi ane akhirnya berhasil menjawab keraguan mereka gansis. Yup kalo agan dan sista pernah beli ikan cupang di depan SD dengan harga Rp.2.000,- sampai Rp. 5.000,- maka ane menjual ikan cupang ane dengan kisaran paling murah 25 ribu sampai 500 ribu rupiah perekornya (sekitar tahun 2012 - 2015). Harga itu harga standar yah, banyak orang lain yang menjual dengan harga lebih tinggi dari itu, tentunya itu juga tergantung dari kualitas ikan cupang bersangkutan.
Spoiler for Video Ikan Cupang eM Hidayat:

Yup, harganya bergantung pada jenis ikan, panjang tubuh, bukaan sirip dan ekor, warna, bahkan jenis kelaminnya. Yang paling murah itu biasanya baby giant jantan yang baru berumur sekitar 4 bulan, panjang tubuh biasanya sekitar 4 cm (tubuhnya aja yah). Semakin panjang tubuhnya dan semakin sempurna bukaannya harga ikan juga bisa lebih mahal lagi. Jenis kelamin juga menjadi salah satu faktor penting karena biasanya ikan cupang betina ane kasih harga yang lebih mahal daripada jantannya.

Marketing yang ane lakukan adalah dengan bergabung di komunitas pecinta ikan cupang hias secara online, biasanya (baca: dulu) ane ngelapak di komunitas ikan cupang hias yang ada di Facebook (Komunitas Cupang Hias Indonesia aka KCHI) disitu agan dan sista bisa buktiin bahwa harga ikan cupang nggak cuma puluhan ribu, tapi bisa ratusan ribu bahkan jutaan gansis. Ikan bisa dijual dengan cara langsung menawarkan harga yang diinginkan atau dengan cara lelang untuk mendapatkan harga terbaik.

Oh iya, ane juga sempet promosi via youtube dan blog pribadi ane yang khusus ngebahas ikan cupang. Sebagian artikel disini bahkan ane ambil dari tulisan ane 4 tahun silam. Profesi ini menurut ane cukup menjanjikan karena dari situ ane bisa menafkahi anak dan istri ane di Kota Depok. Sayang di tahun 2015 ane harus pindah ke Bogor Barat dan beralih profesi sebagai bankir, dengan berbagai pertimbangan akhirnya ane obral semua ikan dan peralatan tempur ane.

Spoiler for My Small Lab:


BTW ane masih punya keinginan untuk ternak cupang lagi, next time dengan kualitas yang lebih premium. BTW sperti kata ane tadi, hobi apapun itu jika ditekuni dapat menjadi profesi yang menjanjikan gan, termasuk ikan cupang

Referensinya adalah pengalaman ane pribadi dan artikel diblog ane yang ane tulis sendiri gan, bukan copy paste yak
Biodata Ikan Cupang
Berbagai Jenis Ikan Cupang
Video Ikan Cupang

Lihat juga gan:
Makanan Terbaik Untuk Ikan Cupang Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Ikan

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star


Spoiler for :
Diubah oleh eMHidayats
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 19
Diubah oleh eMHidayats
Ternak cupang di leher gan emoticon-Cool
mau dong di cupang emoticon-Matabelo
Semua bisa jadi duit asal tekun aja.. emoticon-Big Grin



wih.. jaman tk suka main nih adu cupang emoticon-Malu (S)
Quote:

Quote:


sini cyiinemoticon-Bettyemoticon-Betty
bener banget tuhh bre ane mau budi daya ikan cupang ahh biar banyak duit
emoticon-Leh Uga
Quote:


Quote:


Kok ada link d kuotanku.. emoticon-EEK!
Ane tahun 16 sempat pelihara cupang gan,ane ada 10 biji,mbuh laki mana perempuan mana,tolong buat agan nya di kasih tau cara membedakan jenis kelamin ikan cupang,ane dulu pelihara nya di gabung jadi 1 tempat di bak kamar mandi dapur soalnya pembantu lagi kosong emoticon-Leh Uga
Sekarang ga pernah piara lagi. Kalau pelihara takut dikobok kobok kucing


Quote:

Astaga. Bisa orgy itu braaayy emoticon-Takut

Kalau mau tau paling gampang liat KTP nya braaayy kolom jenis kelamin emoticon-Leh Uga
Diubah oleh antimunzir.noir
Quote:

KTP aja blm jadi bree mereka ane selundupkan dari toko ikan ke rumah ane emoticon-Leh Uga bisa Berjam" ane pantengin itu ikan,mana nurut banget tuh ikan emoticon-Leh Uga


Quote:

Yang bener Nurut? Ente latih? emoticon-Wow
apapun usahanya jika ditekunin dgn baik, pasti hasilnya baik emoticon-2 Jempol
akuarium cupang dirumah ada 4 nganggur hahaha.. apa ane isi lagi aja apa ya? emoticon-Cool
bentar gan, ane nyari cupang dolo ke doi emoticon-Ngacir
Quote:


Quote:


Mungkin agan berdua bisa saling cupang, eh...jangan deh
emoticon-Hammer2
Quote:


Oh tidak LGBT emoticon-DP
nyimak dulu dah
Halaman 1 dari 19


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di