alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58bce331ded77043298b4567/penyakit-mematikan-yang-menyerang-astronout-di-ruang-angkasa
Sedih 
Penyakit mematikan yang kerap diderita astronout di ruang angkasa

Spoiler for intro:

emoticon-Salam Kenal Halo gan, selamat datang di thread bikinan ane emoticon-Salam Kenal

Kita pasti paling waspada sama penyakit atau hal menyebabkan sakit kan gan? Secara, kesehatan itu hal yang harus dijaga. Tapi
gimana kalo ancaman kesehatan yang dateng ini bukan dari bumi alias dari ruang angkasa gan. Ini penyakit yang kerap di derita sama astronout, parahnya bisa menyebabkan kematian gan. emoticon-Bingung (S)emoticon-Takut (S)

Oke langsung kita kepoin aja gan!

Quote:

Spoiler for astronout:


Eksplorasi ke Planet Mars memang menarik dan tengah ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Namun semua mesti dipersiapkan dengan matang dan hati-hati karena berbagai penyakit berbahaya dapat membunuh manusia khususnya para astronaut.

Baru-baru ini, dilansir Nature World News, Selasa (11/10/2016), seorang peneliti dari University of California, Irvine (UCI) dalam jurnalnya mempresentasikan efek potensial dari paparan sinar kosmik dan radiasi. Fenomena ini disebut dengan "Space Brain" dan dapat menyebabkan gangguan pada sistem kognitif manusia seperti demensia, paranoia, depresi, dan rasa cemas.

"Ini bukan berita positif bagi astronaut, apalagi bagi astronaut yang melakukan perjalanan 2-3 tahun ke Mars. Lingkungan ruang angkasa menimbulkan bahaya yang unik bagi astronaut," ujar Limoli. "Paparan partikel-partikel ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi sistem saraf pusat, yang dapat terjadi selama dan bertahan setelah perjalanan ruang angkasa yang sebenarnya."

Kesimpulan itu disampaikan ilmuwan setelah percobaan pada seekor tikus. Uji coba dilakukan oleh para ilmuwan terhadap tikus yang dipapari radiasi partikel bermuatan. Menurut Wired (10/10), selama enam bulan percobaan, tikus tersebut mengalami kerusakan saraf yang mengakibatkan cacat otak jangka panjang.

Hal inilah yang memicu penyakit kardiovaskular pada manusia, hingga akhirnya menyebabkan kematian.

The Guardian pernah menuliskan 3 dari 7 astronaut Apollo, dilaporkan meninggal dunia akibat penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Risiko ini utamanya disebabkan karena paparan sinar radiasi ruang angkasa yang berpotensi besar merusak sistem kardiovaskular tubuh. Menurut penelitian tersebut, astronaut yang terbang lebih tinggi dari orbit bumi, berisiko 4-5 kali lebih tinggi ketimbang astronaut yang terbang di orbit yang lebih rendah dari bumi.

Dengan kata lain, Profesor Michael Delp, peneliti dari Florida State University, menyatakan semakin tinggi Anda terbang dan meninggalkan orbit bumi, maka akan semakin besar pula peluang Anda untuk menderita masalah kardiovaskular.

Selain penyakit penyakit-penyakit di atas, misi luar angkasa ke Mars juga bisa mengakibatkan kanker yang diakibatkan dari meningkatnya radiasi.

Diketahui, NASA berambisi mengirimkan astronaut ke Mars pada akhir 2030-an. Mereka diperkirakan akan terbang selama delapan sampai sembilan bulan untuk sampai di planet tetangga Bumi itu.

Guna menyiapkan misi tersebut, NASA ingin memahami bagaimana dampak perjalanan yang panjang tersebut terhadap fisik manusia. Sejauh ini, para ilmuwan telah mengetahui misi jangka panjang akan menimbulkan terhentinya pertumbuhan otot, kehilangan tulang, dan problem penglihatan pada astronaut.

Ilmuwan harus melakukan penelitian lagi untuk menemukan cara agar bisa melindungi astronaut dari sinar kosmik yang fatal agar rangka misi berawak ke Mars bisa berhasil. Selain itu, NASA juga akan siapkan tempat tinggal untuk para astronaut di Mars dan menemukan cara untuk bisa memproduksi makanan di Planet Merah itu.



__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Ga di bumi aja ternyata orang bisa sakit, tapi di ruang angkasa juga gan. walaupun sakit bukan disebabkan oleh bakteri atau virus, tapi ini lebih mematikan gan karena paparan sinar kosmik dan radiasi yang besar. Tapi potensi penyakit ini bisa nyerang kita juga loh gan, apalagi kalo kita pengguna ponsel dimana itu sumber radiasi yang paling sering berinteraksi dengan kita. ya tinggal gimana kita menggunakan teknologi yang canggih dengan baik dan sehat.


emoticon-Blue Guy Cendol (S) Sekian dan terima kasih dari ane gan, semoga bermanfaat buat kita semua emoticon-Blue Guy Cendol (S)


Quote:emoticon-Hot News Buat liat infografik lengkapnya seperti yang di gambar bisa liat disini gan emoticon-cystg
Jangan lupa rate bintang 5, tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane dan ane doain agan makin ganteng deh emoticon-Malu (S)


Sumur:
Beritagar.id


Jangan lupa kunjungi thread ane yang lain gan emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:
Manusia Super Pertama Bakal Lahir di Tiongkok, Gan!
Solusi dari Peserta Kontes Buang Air Kecil di Ruang Angkasa
Trik Mencuci Pakaian ini gak semua orang tau gan
Jangan sekali kali kabur dari Razia kalo gak mau kayak gini gan
Terungkap 5 Provinsi di Indonesia Yang Suka BAB Sembarangan, Cek Gan!
5 kata bahasa Indonesia yang selama ini sering salah digunakan
8 fakta pacaran masa kini yang bikin agan-agan kecewa
Kenapa Indonesia masih terus berhutang?
Sedih gan, orang-orang ini ga dikasih main Facebook gara-gara namanya emoticon-Berduka (S)
Pemandangan sungai di Jakarta yang sempet bikin heboh nih gan! (FOTO) emoticon-I Love Indonesia (S)
5 tips hemat BBM emoticon-Blue Guy Peace
Serba paling di Hari Film Nasional emoticon-televisi
Salahkah jika perempuan bekerja dan laki-laki menjadi ayah rumah tangga?
Keahlian khusus yang dicari perusahaan tahun 2021 nanti
Cara mencegah obesitas sejak masih kecil
Bincang eksklusif dengan Anies Baswedan: Saya tidak mengira akan diganti emoticon-Salam Kenal
8 fakta pacaran masa kini yang bisa bikin agan-agan kecewa :(
Hati-hati, hal ini bisa bikin agan gak subur
Mengenal enam istilah soal kedaluwarsa makanan dan minuman
Saudara kembar Mirna: Sudah jelas kok siapa pembunuhnya! emoticon-Belo
Fakta, hubungan Fantastic Beasts dengan Harry Potter emoticon-rainbow



Penyakit mematikan yang menyerang astronout di ruang angkasa
Untung ane ga jd astronot..
horor bgt yah
jadi astronot gajinya berapa ya emoticon-Bingung
kapan ye gw bisa ke plutoemoticon-Cool
serem braaaaay
lha kebulan lagi kapan?
Quote:Original Posted By antrasit
kapan ye gw bisa ke plutoemoticon-Cool


kerumah pacar trus ngadepin ortu nya lu aja masih ngeri
pake mikir ke pluto
jauh amat mikir luemoticon-Betty
serem juga disana. pesawat yang secepat cahaya ga ada ya ?emoticon-Bingung