CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Benang Kusut Dunia Pendidikan Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/580a44ea5a51632a538b456f/benang-kusut-dunia-pendidikan-indonesia

Benang Kusut Dunia Pendidikan Indonesia

Pendidikan yang baik menciptakan SDM berkualitas, yang menjadi jaminan masa depan sebuah negara
Bagaimana dengan Indonesia ? Melihat kondisi pendidikan saat ini, kita sudah bisa memperkirakan masa depannya...

Beberapa Fenomena yang sering terjadi belakangan ini...

Kemiskinan, Begal dan kriminalitas - Makin parah ? atau membaik ?
Spoiler for 25 Oktober 2016:

Pengangguran - Meningkat ? atau bisa menurun ?
Spoiler for 25 Oktober 2016:


Dan tambahan efek samping berikutnya,
ketika karyawan kerja ngasal, perusahaan sulit berkembang,
padahal jika karyawan kerja maksimal, perusahaan akan punya kesempatan berkembang dan membuka lapangan kerja baru


Kekerasan di sekolah - perang dingin antara guru siswa dan orang tua
Spoiler for coming soon:


Dan jika dirangkum, maka skema permasalahan memang seperti benang kusut....
Benang Kusut Dunia Pendidikan Indonesia
Singkat cerita, secantik apa-pun kurikulum, selama masih ada kunci jawaban, tidak akan sanggup mengangkat kualitas SDM
karena Kurikulum hanya bermanfaat jika DIPELAJARI SISWA,
dan selama ada Kunci Jawaban, "Masih adakah yang mau Belajar ?" - mungkin tinggal sedikit.....

Bagian lain yang terjadi namun tidak terdeteksi :
Pemerintah tertipu oleh data manis yang dihidangkan
Spoiler for coming soon:

Kurikulum, Sekolah dan Guru - terlihat harmonis, padahal....
Spoiler for coming soon:

Kualitas Guru di masa depan - Bagaimana jika Pengguna Kunci Jawaban, menjadi guru ?
Spoiler for coming soon:

Welcome to Indonesia - Demokrasi, kebodohan dan pembodohan
Spoiler for coming soon:



Semoga bermanfaat.

thread lainnya :
Kurikulum - Bagian Terlucu dari dunia pendidikan
Luhut Minta agar koruptor tak dipenjara, Pendapat anda ?
Pentingkah Sekolah ?
Kekerasan di Sekolah, Siapa yang salah ?
Kendalikan mimpi dengan Posisi Tidur
Diubah oleh ujianjujur
Halaman 1 dari 3
Quote:


Makasih gan, ntar kalo ada "waktu" lagi, ane update dengan perspektif yg lebih lengkap.....
emoticon-Toast
Quote:


mau kunci jawaban yg taon brapa ne gan ?
Quote:


Salah ane aja dah gan, emoticon-Ngakak.
mantap gan.
Bagi kunci jawaban dong gan
ane jejak dulu
Quote:


Tepat sekali gan,
Makanya, bisa dipastikan, anak yang beneran sayang ke ortu-nya gak akan terlibat narkoba
"gak mau buat malu ortu" "gak mau buat susah ortu" itu selalu ada dalam pikiran nya...
ganti menteri ganti kebijakan
nambah kusut tu mah
Quote:


Kunci Jawaban Merusak Alat Ukur Ketercapaian Pendidikan, Semua Anak Lulus
Lulus tanpa Kemampuan -> Nganggur di saat masih banyak lowongan kerja...
Kerja tanpa kemampuan, akibatnya saling sikut, perusahaan jalan di tempat, lapangan kerja menipis
Tanpa Ilmuan, Negara tidak memiliki Teknologi yang bisa dijual ke luar negeri,
* Bandingkan dengan negara lain yang punya obat seharga emas, beli HP 1Kg seharga 10.000Kg Salak
* bandingkan nilai tenaga kerja pabrik rokok, dengan tenaga kerja "penjaga mesin" perakit HP

so, ke depan-nya ketika sumber daya alam Indonesia menipis, SDM yang tidak bisa diandalkan,
kira-kira bisa semiskin negara mana yah....

belum lagi jika ikut mempertimbangkan siklus Bonus Demografi (2030), yang pasti akan diikuti dengan Krisis Demografi (2050-2060)
Tetep aja pendidikan utama letaknya ada pada keluarga
semua salah siapa bre?
Quote:


Matematika dan Science di kedepankan dalam dunia pendidikan karena itu adalah fondasi "kemajuan negara" melalui penemuan-penemuan seperti Handphone, TV, Mobil, Mesin, bidang medis dan semua teknologi lainnya.
Saat ini indonesia lemah di bidang teknologi, dan sudah menjadi negara konsumen terbesar dunia, yang secara tidak langsung membuat negara kita semakin lama semakin miskin.

Agama dan PKN memang penting, tetapi yang menjadi permasalahan bukan karena pelajaran itu di-nomor 2 kan,
tapi masalah nyata yg terlihat di sekolah, "Kunci Jawaban" membuat siswa "TIDAK BELAJAR" apapun, sebagian siswa tidak peduli dengan apa yang diajarkan oleh gurunya, jadi bukan sekedar Agama dan PKN yang dicuekin, smua mata pelajaran terkena imbasnya....

* siswa merasa yakin akan dapat kunci jawaban, kehilangan alasan untuk belajar
* siswa tidak peduli dengan gurunya, dan cuek saat guru mengajar
* PR tidak dikerjakan
* Saat Ulangan Harian, gak belajar, nilai jelek, guru dibilang pelit nilai

jadi bukan pelajaran agamanya yang tidak berhasil, tp sehebat apapun materinya, kalau anak2 tidak mau belajar, yah percuma juga
apalagi sekarang UN tidak menjadi syarat kelulusan (semua anak lulus)

emoticon-No Hope

nilai agama dan PKN harus diwajibkan, jgn cuma mtk, ipa, b.indo doang. Sekarang makin banyak penyimpangan agama & negara nih
Quote:


Daripada yang di bawah jadi menteri,
jauh lebih cepat jika menterinya melihat-lihat kenyataan yang di bawah,

Permasalahan yang terjadi di Indonesia,
Yang di ATAS gak pernah taw realita yang di BAWAH, Cuma dapat laporan manis dari yang di TENGAH
Yang di TENGAH, laporin yang di BAWAH selalu aman, supaya yang di ATAS gak marah-marah, dan gak kasih kerja tambahan
akibatnya yang di BAWAH, tetap aja berantakan dan tidak pernah diatur.....

seperti dunia kedokteran, sekarang dunia Pendidikan sudah mulai kehilangan kepercayaan dari masyarakat....
banyak orang kabur ke luar negeri untuk berobat, banyak juga orang yang beranggapan sekolah itu gak ada gunanya

banyak yang menyalahkan dokter, banyak juga yang menyalahkan guru
Quote:


emoticon-Ngakak
gak marah gan, emang dikutip dari judul lagu....
Quote:


Bener banget gan,
Sekolah adalah pusat penularan karakter negatif,
dalam 1 kelas, yang berisi 30 siswa, ada karakter 60 orang tua, yang jelas, tidak semuanya sama
jika kita tidak pernah mengajarkan kata-kata kasar, sementara guru juga tidak mungkin mengajarkannya, darimana anak kita bisa mendapatkan kata-kata kasar tersebut ?

jika guru tidak tegas, maka penularan karakter negatif akan sangat cepat.
ketika ada 1 anak di-marahin guru, berarti guru telah menyelamatkan 29 lainnya,
dalam perspektif ortu ? "wah gurunya galak, kita demo saja ramai-ramai sebelum anak kita kena marah juga"

akibatnya ? guru jadi cuek, "bukan anak saya, masa bodo lah"
bersambung.....

* tidak ada habisnya, hingga pendidikan itu hancur dengan sendirinya
lg bener2 di angkat nih isu kualitas pendidikan indonesia... apalagi setelah ada anak bocah yg ngelawan kemarin....
yah tp skrg byk orang tua yg menurut gw terlalu manjain anak sih... anak salah jg tetep di belain.... mental lemah

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
jangan marah
benang kusut?? kayak judul laguu
Belajar yang pinter biar jadi mentri gan trus lurusin
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di