KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cita Rasa Yang Unik dan Berkualitas Dari Kopi Luwak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571f058e12e257de4a8b4567/cita-rasa-yang-unik-dan-berkualitas-dari-kopi-luwak

Cita Rasa Yang Unik dan Berkualitas Dari Kopi Luwak

Cita Rasa Yang Unik dan Berkualitas Dari Kopi Luwak

Siapa sih yang belum tau kopi luwak? Penikmat kopi yang tersebar di seluruh dunia pasti tau membedakan letak kenikmatan pada seduhan kopi yang diminum. Kopi luwak didapatkan dari biji kopi yang telah dipilih dari kotoran luwak. Kopi ini digemari karena memiliki cita rasa yang sangat unik. Berbeda dengan cita rasa kopi biasa seperti Arabika dan Robusta meskipun dihasilkan dari pohon yang sama. Produksi kopi luwak masih sangat terbatas hingga mendapat pengakuan dunia sebagai kopi ternikmat. Jadi, jangan heran ya kalau harganya bisa selangit.

Terdapat dua jenis kopi luwak, yaitu kopi dari luwak liar dan luwak ternak. Kopi luwak liar didapatkan dari kotoran luwak di alam bebas. Biasanya kotoran luwak tersebut dipungut dari hutan-hutan di sekitar perkebunan kopi. Kopi luwak liar dipercaya memiliki kualitas yang lebih baik dibanding luwak ternak. Kopi luwak ternak didapatkan dengan cara membudidayakan luwak dalam kandang. Kemudian luwak tersebut diberi makan kopi. Kotorannya ditampung dan biji kopi yang terdapat didalamnya dipilah untuk diolah lebih lanjut.


Kenapa Kopi Luwak Berbeda?

Cita Rasa Yang Unik dan Berkualitas Dari Kopi Luwak

Sebenarnya, biji kopi yang digunakan dalam kopi luwak sama dengan kopi-kopi jenis lainnya. Kopi luwak biasanya menggunakan biji kopi Arabika atau Robusta. Yang menjadikan kopi luwak lebih nikmat dibandingkan dengan kopi lainnya adalah pemilihan biji. Faktanya hewan luwak senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak. Buah kopi itu juga manis rasanya makanya kopi adalah makanannya. Luwak memiliki indera penciuman yang peka dan hanya akan memilih buah kopi yang benar-benar matang optimal untuk menjadi makanannya. Insting yang sangat tajam yang dimiliki oleh luwak mampu membuat hewan ini memilih biji kopi yang benar-benar matang dan dengan kualitas terbaik. Jadi, dari sini, kita dapat menyebut kopi luwak berasal dari biji kopi yang terbaik dan sangat berkualitas.

Biji kopi yang keluar dari anus luwak bisa utuh tanpa tercerna oleh luwak itu sendiri karena luwak memiliki sistem pencernaan yang sederhana, sehingga makanan yang keras seperti biji kopi tidak akan tercerna. Sisi hebat lainnya lagi, biji kopi yang masih berada di dalam perut hewan luwak sebelum keluar bersama kotorannya telah difermentasikan secara alami di dalam sistem pencernaan luwak. Hasilnya aroma dan rasa kopi luwak memang terasa spesial dan sempurna di kalangan para penggemar dan penikmat kopi di seluruh dunia.


Proses Pengolahan

Cita Rasa Yang Unik dan Berkualitas Dari Kopi Luwak

Proses pengolahan kopi biasa dengan kopi Luwak hampir sama. Biji kopi dipanen pada kopi biasa, sedangkan pada kopi Luwak biji kopi dipanen dengan diambil dari fermentasi Luwak. Setelah itu dicuci, dikeringkan dan siap dikemas. Namun, yang membedakan adalah proses fermentasi biji kopi. Pada kopi biasa, proses fermentasi dilakukan dengan cara menyimpannya dalam wadah kayu atau semen, dan ditutupi dengan kain goni basah. Setelah itu dibiarkan selama 12 hingga 24 jam. Namun, pada kopi Luwak, proses fermentasi terjadi pada perut Luwak. Dan, banyak enzim yang berperan disini, sehingga rasa yang didapat dari proses fermentasi alami ini menjadi unik.

Dapat dikatakkan, proses fermentasi di dalam perut Luwak ini merupakan fermentasi paling sempurna untuk biji kopi. Bahkan ada penelitian yang menemukan, proses fermentasi biji kopi di dalam perut Luwak sama dengan proses fermentasi kopi biasa yang dilakukan selama 5 hingga 8 tahun. Hal ini yang membuat kopi Luwak mempunyai aroma dan rasa yang khas. Sampai saat ini, para ahli masih meneliti bagaimana proses fermentasi di perut Luwak ini terjadi dan mengapa cara ini menimbulkan rasa dan aroma yang berkualitas pada kopi Luwak.


Harga Kopi Luwak

Cita Rasa Yang Unik dan Berkualitas Dari Kopi Luwak

Hal ini menjadi hal yang sangat membedakan kopi luwak dengan kopi biasa seperti Arabika dan Robusta. Bila dibandingkan dengan kopi biasa yang hanya sekitar Rp 100rb per-kg, kopi Luwak per-kg dapat dijual dengan harga lebih dari Rp 1jt. Proses yang lebih rumit, rasa dan aroma yang lebih dari kopi lainnya, memang harga semahal ini pantas untuk kopi Luwak.

Kita harus berbangga menjadi bangsa Indonesia yang juga menjadi salah satu penghasil kopi luwak terbesar di dunia. Begitu banyak tempat di negara kita yang menghasilkan kopi luwak, seperti Gayo (Aceh), Sidikalang, Desa Janji Maria kecamatan Barumun Tengah, dan kabupaten Padang. Begitu juga di kota Pagaralam, kota Bumi Lampung, Jawa Barat dan sungguh masih banyak lagi. Indonesia kaya akan hasil alamnya bukan? Kopi Luwak merupakan warisan nenek moyang yang mendunia, sayang sekali bila kita tidak pernah merasakan kenikmatannya.

source: Kims Coffee Indonesia

Lihat juga thread kami yang lain yaa:
- Perbedaan Biji Kopi Arabika dan Robusta
- Buah Kopi, Green Bean, Roasting dan Ground? Apa Sih Itu?
- Sudah Tau Apa Itu "Coffee Cupping"?
- Menurunkan Berat Badan? Kopi Sebagai Alternatifnya
- Manfaat Kopi Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Ayo Minum Kopi!
- Cara Seduh Kopi Menggunakan V60 Dripper
- Level Grind Kopi Yang Cocok Untuk Alat Seduh

Lihat juga lapak FJB KasKus kami disini yaa:
- Kims Coffee - Premium Sumatra Coffee (Arabica 250gr - Rp. 75.000,-)

Peluang usaha:
- Peluang Usaha "Kims Coffee" Keuntungan Maksimal Rp.5jt & Bonus Maksimal Rp.20jt
Diubah oleh kimscoffeeid
Ya iyalah unik.. Dari tai musang emoticon-Tai emoticon-kucing emoticon-Busa Cita Rasa Yang Unik dan Berkualitas Dari Kopi Luwak
ane kira sama aja, apa emang lidah ane yang pasaran yak emoticon-Leh Uga
kasian luwak nya emoticon-Frown
emoticon-Tai aja mahal ya gan... 'eeknya 2 ya gan, dibungkus emoticon-Ngacir Tubrukan
Cita Rasa Yang Unik dan Berkualitas Dari Kopi Luwak


kopi na rasa musang donkz
kalo minum tuh kopi sambil ngebayangin emoticon-Tai nya jadi gak enak emoticon-Ngakak (S)
yang penting mantap.
Geli nih liat prosesnya campur tokai emoticon-Najis
uda masuk berita di luar juga nih gan, di thailand sama tiongkok lebih gila, buat kopinya dari taik gajah sama panda emoticon-Ngakak (S)
Post ini ditandai sebagai spam
Ini kopi terbuat dari bahan emoticon-Tai:
emoticon-Busa
Tapi rasanya lumayan emoticon-coffee
Next time bakal ada kopi kunyuk kali yak..!!
Ane belon pernah coba sekali pun kopi luwak..!!
Masih belom bisa mupon dari kopi kapal selem.. emoticon-shakehand
1 jt hmmemoticon-Cool
di warung seribuan
emoticon-Cool tiada yang lain kecuali kopi item emoticon-coffee emoticon-Paw


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di