CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
Vaksinasi HPV (Kanker Leher Rahim)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a233f65a51632d4b8b456f/vaksinasi-hpv-kanker-leher-rahim

Vaksinasi HPV (Kanker Leher Rahim)

Halloooooo sista emoticon-Hai

Vaksinasi HPV (Kanker Leher Rahim)

Udah pernah denger tentang HPV belum? Bisa dibaca di trit ini HPV
Trit ini tidak menjelaskan virusnya, tapi vaksinnya. Sekedar berbagi pengalaman emoticon-Kiss (S)

1. Apa itu kanker serviks dan apa itu HPV?
Kanker servik adalah salah satu jenis kanker yang terjadi pada bagian mulut rahim atau sering disebut kanker leher rahim Yang disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV) tipe 16 dsb 18.
Human papillomavirus (HPV) adalah sekelompok virus yang terdiri lebih dari 150 tipe virus yang berhubungan. Mereka disebut papillomaviruses karena jenis tertentu juga dapat menyebabkan kutil kelamin, atau papillomas. Penyakit ini bisa dicegah dengan vaksinasi.
2. Dua macam vaksin HPV
Vaksinasi HPV (Kanker Leher Rahim)

A. Vaksin HPV Gardasil
Vaksin Gardasil juga disebut Quadrivalent yang berfungsi untuk melindungi terhadap empat jenis tipe HPV yaitu 6, 11, 16,dan 18. FDA telah menyetujui Gardasil untuk digunakan pada perempuan untuk pencegahan kanker seviks, vulva dan kanker vagina yang disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18.
Selain pada wanita Vaksin ini juga di anjurkan untuk digunakan pada laki-laki untuk pencegahan kanker dubur dan lesi prakanker dubur yang disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18. Selain itu Gardasil juga terbukti untuk pencegahan kutil kelamin yang disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. Vaksin ini lebih efektif di berikan usia 9 sampai 26 tahun.
B. Vaksin Cervarix
Vaksin Cervarix juga disebut bivalen vaksin karena target vaksin hanya dua jenis HPV yaitu tipe 16 dan 18. Cervarix diberikan pada usia perempuan 9 - 25 tahun hanya untuk pencegahan kanker serviks disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18.

> Kalo saya sendiri pakai Cervarix karena bu dokter menganjurkan gitu. Sepertinya Gardasil lebih baik daripada Cervarix, melihat dari banyaknya tipe HPV yang bisa dicegah dan tentunya juga memiliki harga yang lebih mahal.
> Untuk biaya, saya mengeluarkan sekitar Rp 700.000
> Injeksi dilakukan tiga kali dengan jarak satu bulan dan enam bulan. Efek samping injeksi hanya nyeri di bagian otot. Kalo saya sih sampe susah mandi dan beraktifitas, tapi cuma sehari kok emoticon-Malu (S) sisanya kayak nyeri habis olahraga sampe seminggu emoticon-Ngakak (S)
> Kalo masih gadis, vaksinasi dilakukan tanpa pap smear. Tapi jika sudah aktif secara seksual (menikah) maka WAJIB pap smear.
> Kalo orang udah aktif secara seksual sebelum menikah gimana? Saya rasa juga termasuk wajib pap smear karena sudah ada kontak dengan luar. Ga usah malu sis, dokter tidak akan pernah melanggar sumpahnya kok emoticon-Cool

Yuuk sista kalo punya cukup dana, sisihkan demi masa depan kita sendiri dan orang sekitar yang kelak akan butuh kehadiran kita emoticon-Kiss (S)

Credit to: idmedis
Halaman 1 dari 2
vaksin di RS mana sis?
Kalo vaksin HPV gardasil biayanya brp?
Sebelum vaksin kita harus konsultasi dl sm dokter kandungan ya?
Vaksin ini sekali seumur hidup kah? Atau hrs rutin?
Katanya kl mau vaksinnya ampuh tuh harusnya sebelum hubungan seks pertama x ya? Bener ga sih?
Sis mau nanya dong,
Efek vaksinnya se nyeri itu kah di otot sampai sulit aktifitas?
Terus pengulangan inject vaksinnya sampai tiga kali ya?
Quote:


Bantu jawab aj cmiiw
Vaksin itu kalo ga salah di berikan 3x suntik dlm 6 bulan cm range brp lamanya lupa
Kl suntik di otot memang nyeri , pegel dan lemes, tp biasanya ga sampe 3 hari kok.. Suntik vitamin neurobion atau vit c aja kl di otot sakit bgt nd lemes tangannya tp gak sampai berhari hari
sis. sorry nih awam bgt.
rencananya ane mau pap smear.
apakah setiap pap smear itu harus vaksin ?
atau tergantung dana ?
Kalo mau vaksinan gimana sist bilang nya?
KIra-kira untuk dana berapa ya?
Post ini telah dihapus
ikut bantu jawab yak

Quote:

ane gatau harga masing2. dulu tuh 280rb per suntik. iya konsul dulu lebih baik. yg ane tau sekali aja kok. cmiiw.

Quote:

iya. soalnya stlh coitus (penetrasi) itu lah kemungkinan kena ca servix nya jauh lebih besar.

Quote:

tergantung dana aja. pap smear itu kan sebuah screening atau pemeriksaan. setau ane bakal beda tindakan utk vaksin atau ngga, ketika pap smear positif dan negatif. vaksin kan pencegahan. kalo udh positif ya tindakannya diobati.

Quote:

dulu ane pernah tau 280rb per suntik. jd tiga kali suntik 280*3= 840rb. itu dulu di kampus harga mahasiswa keknya. mending coba deh tanya bidan atau puskesmas.

Quote:

hehe iyah. maka dr itu pencegahan lebih baik dr pd pengobatan.
Quote:


Brarti sebelum kita menikah/berhubungan seks utk pertama kali selain suntik tetanus bagusnya juga vaksin HPV toh..
Mkasih infonya. Smoga kita slalu sehat 😎 Aamiin
Quote:



iya bettul.
selain itu periksa TORCH juga sis. ini terutama buat yg mau hamil.
yup aamiin
Quote:


TORCH apaan tuh? Biayanya brp? Fungsinya biar cepat hamil? Gitu kah?
Maaf banyak nanya. Hehe
Quote:



torch itu singkatan. ane gatau berapaan.
jd itu pemeriksaan utk infeksi2 tertentu yg bisa mengganggu pertumbuhan janin. bisa bikin janin lahir cacat atau keguguran. pernah denger keguguran krn sering mainan kucing? nah pemeriksaannya termasuk dalam torch ini.
Tetanus
Other
Rubella, Rubeola
Herpes virus
sekian.
emoticon-Malu

btw skrg beken virus Zika. ditularin lewat nyamuk. nyebabin kepala bayi kecil. blm tau ada vaksinnya jg apa ngga.

maaf ya ts kalo ane oot dari hpv.

edited:
T yg benar adalah Toxoplasmosis
tp tetanus jg perlu diwaspadai kok.
Diubah oleh rannacap
Quote:


Gapapa sis malah makasih udh ngasih info 😊
Yg TORCH itu bagusnya juga dilakukan sebelum menikah/sebelum berhubungan seks utk pertama kali ya sist?
Quote:



iya sama sama sis.
torch nya saat berencana punya momongan. sebab bukan penyakit yg dipicu oleh kegiatan seks. tp penyakit yg mengganggu pertumbuhan janin.
misalnya mau punya anak nih. sblm itu screening torch dulu baru berhubungan. bs aja pas lagi mau anak kedua ketiga dst.
Quote:


oke. Makasih yaa infonya 😊
Quote:



wah ane salah tuh huruf T nya. harusnya toxoplasmosis. bisa dibaca di trit torch. di forum ini.
Jadi gini sis baik ny kita cek kesehatan rahim, vaksin, pemeriksaan torch dll , sebelum nikah atau setelah nikah (untk yg blom aktif seksual ny). Ga nyaman aja kalo mesti periksa ke dokter, walau dokter ny perempuan skalipun.
sis itu biaya 700rb 1x vaksin nya atau 3x vaksin ya?
Lalu stlh 3x vaksin itu pengulangannya after brp taon lagi?
wow so sorryyyy tidak menyadari kalo trit nya lumayan rame

Quote:

di praktek dokter obgyn sis, tapi lebih enak di bidan aja, akupun menyesal, mehong.

Quote:

kurang tahu, tapi pastinya lebih mahal sih. konsul ke bidan juga bisa kalo mau vaksin di bidan. vaksin dilakukan tiga kali, berlakunya seumur hidup.

Quote:

iyaaa karena belum ada kontak dengan luar, seperti penjelasan di atas ituu

Quote:

ya nyeri sih, rasanya itu kayak nyeri otot setelah olahraga berat, ga sampe seminggu hilang kok. iya tiga kali.

Quote:

ga kok, pap smear sendiri kan untuk memastikan kesehatan rahim aja. sama kayak orang mau rontgen cabut gigi. masa kalo rontgen rahang harus cabut gigi atau pasang brace, nggak kan emoticon-Big Grin

Quote:

bilang aja mau vaksin HPV. Ternyata kemarin biayanya sekali suntik 850rb. Dikali tiga .

Quote:
makasiihh udah bantu jawab sissyyyy

Quote:
nah itu, yang bikin saya heran, kenapa vaksin HPV ga diwajibkan juga ya.. AAMIIN

Quote:
sepertinya sih sebelum nikah ada baiknya melakukan check up pra nikah. Kalo vaksin hpv ini lebih enak sebelum nikah soalnya ga ribet papsmear.

Quote:

ternyata biayanya 850rb (karena di dokter huhuhu) untuk sekali vaksin. jadi ya 850 dikali tiga. suntik pertama - jarak sebulan - suntik kedua - jarak 6 bulan - suntik terakhir.

Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di