rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
Apa sih video CV? Ringing a bell gak nih, gan? :)

Quote:

Video CV adalah salah satu cara nontradisional yang bisa kamu tempuh untuk ‘menjual’ diri di hadapan perekrut dari perusahaan tujuanmu. Sparkhire.com, sebuah situs karir di luar negeri, melansir bahwa resume dalam bentuk video muncul semenjak tahun 1980-an. Penggunaannya semakin berkembang di tahun 2000-an dengan dukungan teknologi webcam dan situs video-sharing seperti YouTube.

this video resume become increasingly popular with jobseekers wanting to stand out from the crowd. Rather than replacing traditional paper CVs, videos enhance job applications by providing employers with more insight into what an individual has to offer. A traditional CV outlines your skills, qualifications and experience, whereas a video CV enables an employer to get a feel for your personality

Perlu diingat bahwa dengan membuat video CV, bukan berarti kamu terjamin akan diterima di perusahaan yang bersangkutan yah. Semua tergantung dari apa yang kamu tampilkan dalam resume video kamu, penampilan kamu saat face-to-face interview, dll banyak banget deh faktornya. Tapi jangan langsung down dulu,gak ada yang tau gimana hasilnya kalau belum dicoba. kalau tertarik buat video resume kira-kira apa aja yang dibutuhin emang? ini coba baca dulu deh ulasannya.

Quote:

Whether you use a video CV or not depends on the sector, the role you're applying for and you as a person. Video CVs are a great opportunity to show your presentation skills, they tend to be most appropriate when applying for creative or customer-facing roles in sales, media, marketing, PR and advertising.

but others believes that a recorded resume doesn't need to be restricted to certain sectors. They can be used "whenever you wish to make an impact with an employer, Purely having taken the time to prepare a video CV shows the employer you are prepared to go the extra mile to succeed."

Well, ini jawabannya tergantung, ada beberapa perusahaan yang emang dari awal langsung minta CV bentuk video, tapi ada juga yang gak. Siapin aja dulu dua duanya, Printed cv sama video cv, kalau udah ada kan mau dipake kapanpun juga bisa. ya gak? emoticon-Big Grin

Quote:

Intinya sih sama aja kayak pembuatan video secara konvensional. Dalam proses pembuatan video CV ini, format bukan main issue yang perlu kamu khawatirkan, karena formatnya yah sekreatifnya kamu aja. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan video CV paling ini nih:

1. Profesionalitas

Inget ya bikin video cv itu bukan cuma sekedar buat main-main aja, karena disini kamu bermaksud "ngejual diri" kamu. Berbagai gerakan tubuh harus diperhatikan dengan baik, mulai dari cara bicara, serta hal-hal lainnya deh yang bersipat detail tapi bisa memberikan pengaruh terhadap video kamu yang nantinya akan dilihat oleh perusahaan tempat kamu ngelamar kerja nanti.

Body language is also important. Maintain eye contact with the camera and have a "happy, cheery disposition"

2. Suara dan cahaya

Ini penting banget, dan biasanya suara dan cahaya yang baik itu bisa didapet dari tools yang dipake dengan kualitas bagus juga. Gak punya kamera yang bagus? Disini guna nya relasi, the power of "minjem dulu kameranya, om! ntar gw traktir pecel lele deh" layak buat dikeluarin emoticon-Big Grin

Filming in an untidy environment, not speaking clearly and shuffling paper, are some of the most frequent blunders. The biggest mistake to avoid is having a script 'off camera' that you refer to while recording your video. It is really obvious if you look away from the camera to read notes.Try to approach recording your video CV in the same way you would a face-to-face meeting.
"Don't do anything you wouldn't do in an interview"

3. Senyum

ini udah jelas deh kayaknya, kamu gak mau kan keliatan cemberut pas lagi "ngejual diri" kan? senyum ini multi fungsi banget, menyembuhkan luka bisa, menyegarkan lara juga bisa emoticon-MetalPakaian? pake pakaian yang bakal kamu pakai seandainya kamu di undang buat interview. kenapa? balik lagi ke poin pertama, supaya kamu keliatan professional.

it's important to dress as though you're attending an interview. I (ts emoticon-Big Grin) would suggest wearing a suit if you are seeking a formal position for which you will be expected to dress formally, but to wear casual clothes if the environment you are seeking to join is more relaxed and creative,

4. Jangan bertele-tele

singkat, padat, jelas. kenapa? banyak banget alasannya, salah satunya supaya video kamu nanti gak oversized. berasa durasi yang ideal? well setelah ditimbang dengan seksama, menurut Ts sih 1-2 menit itu udah ideal, 3 menit? kebanyakan! emoticon-Hammer

"There is a lot you can say in 60 to 120 seconds, Introduce yourself clearly and tell the viewer why you're the right person for the job. Remember you only have a few seconds to engage them – then you have to keep them interested, End with something along the lines of, "Thank you in advance for taking the time to read my CV"

5. Jadilah diri sendiri

Nah untuk poin ini juga tidak kalah pentingnya dengan beberapa poin sebelumnya, Karena walaupun kamu udah usaha buat sejaim mungkin pas lagi bikin video CV, semua kelakuan kamu sebenernya bakal kebongkar juga nanti pas face-to-face interview. Kalau bisa jadi diri sendiri dari awal kenapa gak? maksud jadi dirisendiri disini lebih ke "jujur" kali ya.

Quote:

Quote:

Video CVs provide recruiters with the perfect opportunity to reject you before they have even met you. Your social class, ethnicity, weight, and age can all be gleaned from the first 10 seconds of watching you. You need to be pretty confident about the value you bring to employers when you create a video CV. Some HR managers are extremely nervous about video CVs because of the potential employment legalities around perceived discrimination. All in all, the experts we spoke to agree that, if you believe you have something unique to offer and you can communicate this on film, then providing employers with the option to click on a link to a video CV may just give you an edge over other applicants.

Intinya, video cv ini ngasih kesempatan ke recruiter buat ngerejek kamu bahkan sebelum ketemu face-to-face. jadi pastiin isi dan tampilannya worthed buat ditonton yah.

Quote:

Kamu bisa langsung upload ke LinkedIn dan youtube, dan kalau lagi dibutuhin tinggal attach linknya diemail. Boom! Done! emoticon-Big Grin

Quote:

Udah ada yang nonton film The Intern (2015)? disana ada scene dimana Robert de niro harus bikin video resume buat ngelamar magang diperusahaannya Jules (Anne Hathaway). Karena ts gak nemu video nya di youtube, jadi dikasih ss nya aja yah! emoticon-Big Grin

text in english karena ts pake subs versi english emoticon-Frown:
"So here I am applying to be one of your intern, because the more i think about this idea, the more tremendous i think its. I love the idea having a place i can go everyday, i want the connection, the excitement, i want to be challenged, and i guess i might even want to be needed.
The tech stuff might take a bit to figure out, i had to call my 9-years-old grandson just to find out what the USB connector was, but i will get there, eager to learn.
Also, i want you to know i have been a company man all of my life, im loyal, i'm trustworthy, and i'm good in a crisis and i love that you are right here in Brooklyn, i lived here all of my life, and lately i feel i may not be hip enough to live in Brooklyn, so this could help with that too.
I read once musician dont retire, they stop when there are no more music in them, well, i still have music in me, absolutely positive about that."

Spoiler for screenshot /:D/:

Quote:

BONUS emoticon-Big Grin
INI CONTOH VIDEO RESUME YANG KREATIF emoticon-Big Grin

SUPER AWKWARD ONES emoticon-Big Grin

"Hire me" song dari Alec Biedrzycki emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Quote:

Quote:

Next silahkan mampir kesini bre.
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles

Sinopsis:
Ditahun 2025 terjadi kekacauan besar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pandemi virus yang semakin memburuk, serangan teror, unjuk rasa, banyak orang harus kehilangan keluarga dan mata pencarian, sampai akhirnya pemerintah menetapkan status darurat nasional untuk menghentikan semua aktifitas yang dapat membahayakan warga. Ditengah kekacauan ini, Rendy dan Bianca bertemu dengan Mr.Klaus yang akan merubah hidup mereka dan membawa mereka pada petualangan baru di Desa Praijing, Sumba. Siapakah yang akan memperbaiki keadaan tersebut? Apakah kekacauan tersebut bisa diselesaikan? Siapakah sebenernya Mr.Klaus?

On going
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles

Note:Ceritanya mengandung unsur kekerasan dan adegan dewasa jadi mohon pengertiannya gaiz
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty

Diubah oleh rendyprasetyyo 18-06-2020 03:39
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan