

TS
bayu.indra
Architectural - Int - Garden Chair Modeling 02
Basic Modeling - Box Modeling - Autodesk 3DS Max
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
sebelum nge texture ... kita set UV layout dulu gan ...
Polygon Treatment
Architectural - Int - Chair Modeling 01
Architectural - Int - Chair Modeling 01 - UV n Texturing

BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
Architectural - Int - Garden Chair Modeling 02
kembali dengan subject subject untuk Architectural nih gan ... sebagai varian tuts untuk chairs ... kali ini ane mau buat kursi taman atau garden chair ... semoga varin ini bisa berguna buat agan agan dan sista ... have fun
langsung yah ...


perama tama nih gan ... ane mau buat dudukan kayu nya dulu ... ane cuma buat dr box yg ane edit menjadi memanjangan ... jangan takut salah cuek aja wakt manjangin nya ... tenang aja gan n sist ... selalu masih bisa di edit lagi ko gan n sist ... cocokin sama gambar ya gan n sist ... nah supaya bisa banyak dan tersusun rapih ane duplicate pakai array tool (agan bisa ambil di Tools /Array) gan n sist ... nah object type nya agan pakai copy aja ya gan (duplicate jadi 20 atau 25 aja ya gan n sist ... kalau kelebihan nanti bisa di hapus)... soalnya kalau pakai instance atau reference nanti nga bisa di satukan atau di gabung dengan Edit Poly Attach tool.
setelah duplicate Array ... agan n sist apply Edit Poly modifier atau convert menjadi EditPoly ... setelah itu agan atifkan Attach trus agan n sist select object box sisa nya ... sehingga semua menjadi satu object ... agan bisa check sebelum dan sesudah nya di Select By Name tool.

sesudah itu agan bisa buat path line 2D shape object untuk mengatur susunan posisi box tersebut dengan apply PathDeform bukan PathDeform (WSM) pada object box yg sudah di duplicate Array sebelum nya, sesudah itu adjustment hanya pada axis nya saja gan n sist ...
kenapa pakai PathDeform bukan PathDeform (WSM) ??
sebenar nya keduanya bisa bisa saja, tetapi kalau kita gunakan PathDeform (WSM) ketika kita nanti mau meng "collapse to" menjadi satu object pada PathDeform (WSM) tidak dapat ikut menjadi satu, hanya PathDeform yg dapat menjadi satu ...

setelah PathDeform di apply kita masih bisa ke stack sebelum nya loh gan ... disitu kita bisa adjust lebar kursi nya atau bahkan lekuk curve line nya kalau agan n sist merasa kurang bagus ...
berlaku untuk PathDeform (WSM) juga oh gan ...

nah gan n sist ... untuk kaki kaki dan handle nya kita perlu 2 line 2D shape dulu ... satu path nya (seperti gambar sebelah kanan), satu lagi profile nya (seperti yg sebelah kiri) ... untuk profile nya ane buat dr 2D shape berbentuk seperti huruf H, lalu ane extrude aja tuh gan, setelah cukup panjang dan segement yg cuku banyak juga ... agan n sist bisa apply PathDeform ... sehingga berbentuk mirip seperti gambar yg kiri tuh gan ... untuk profile nya gan n sist bisa buat bentuk apa saja sih ... asal masih 2D shape aja ...
jangan lupa di duplicate ya gan ... supaya ada dua, untuk kanan kiri, agan bisa gunakan duplicate instance supaya kalau ada perubahan kaki handle satunya secara otomatis ikut berubah ...

setelah semua nya jadi agan n sist bisa posisikan kedua kaki dan handle nya pas masuk agak kedalam di kedua sisi nya ... seperti kelihatan di gambar aja gan n sist ...
simple kan gan n sist ... nga akan susah ko ...
so any question just let me know yah ... jangan sungkan sungkan ya gan n sist ...
jangan lupa juga upload progress latihan agan n sist yah ...
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
sebelum nge texture ... kita set UV layout dulu gan ...
Polygon Treatment
Architectural - Int - Chair Modeling 01
Architectural - Int - Chair Modeling 01 - UV n Texturing

BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
Architectural - Int - Garden Chair Modeling 02
kembali dengan subject subject untuk Architectural nih gan ... sebagai varian tuts untuk chairs ... kali ini ane mau buat kursi taman atau garden chair ... semoga varin ini bisa berguna buat agan agan dan sista ... have fun

langsung yah ...


perama tama nih gan ... ane mau buat dudukan kayu nya dulu ... ane cuma buat dr box yg ane edit menjadi memanjangan ... jangan takut salah cuek aja wakt manjangin nya ... tenang aja gan n sist ... selalu masih bisa di edit lagi ko gan n sist ... cocokin sama gambar ya gan n sist ... nah supaya bisa banyak dan tersusun rapih ane duplicate pakai array tool (agan bisa ambil di Tools /Array) gan n sist ... nah object type nya agan pakai copy aja ya gan (duplicate jadi 20 atau 25 aja ya gan n sist ... kalau kelebihan nanti bisa di hapus)... soalnya kalau pakai instance atau reference nanti nga bisa di satukan atau di gabung dengan Edit Poly Attach tool.
setelah duplicate Array ... agan n sist apply Edit Poly modifier atau convert menjadi EditPoly ... setelah itu agan atifkan Attach trus agan n sist select object box sisa nya ... sehingga semua menjadi satu object ... agan bisa check sebelum dan sesudah nya di Select By Name tool.

sesudah itu agan bisa buat path line 2D shape object untuk mengatur susunan posisi box tersebut dengan apply PathDeform bukan PathDeform (WSM) pada object box yg sudah di duplicate Array sebelum nya, sesudah itu adjustment hanya pada axis nya saja gan n sist ...
kenapa pakai PathDeform bukan PathDeform (WSM) ??
sebenar nya keduanya bisa bisa saja, tetapi kalau kita gunakan PathDeform (WSM) ketika kita nanti mau meng "collapse to" menjadi satu object pada PathDeform (WSM) tidak dapat ikut menjadi satu, hanya PathDeform yg dapat menjadi satu ...

setelah PathDeform di apply kita masih bisa ke stack sebelum nya loh gan ... disitu kita bisa adjust lebar kursi nya atau bahkan lekuk curve line nya kalau agan n sist merasa kurang bagus ...


berlaku untuk PathDeform (WSM) juga oh gan ...



nah gan n sist ... untuk kaki kaki dan handle nya kita perlu 2 line 2D shape dulu ... satu path nya (seperti gambar sebelah kanan), satu lagi profile nya (seperti yg sebelah kiri) ... untuk profile nya ane buat dr 2D shape berbentuk seperti huruf H, lalu ane extrude aja tuh gan, setelah cukup panjang dan segement yg cuku banyak juga ... agan n sist bisa apply PathDeform ... sehingga berbentuk mirip seperti gambar yg kiri tuh gan ... untuk profile nya gan n sist bisa buat bentuk apa saja sih ... asal masih 2D shape aja ...
jangan lupa di duplicate ya gan ... supaya ada dua, untuk kanan kiri, agan bisa gunakan duplicate instance supaya kalau ada perubahan kaki handle satunya secara otomatis ikut berubah ...

setelah semua nya jadi agan n sist bisa posisikan kedua kaki dan handle nya pas masuk agak kedalam di kedua sisi nya ... seperti kelihatan di gambar aja gan n sist ...
_____________________________________________________________
simple kan gan n sist ... nga akan susah ko ...
so any question just let me know yah ... jangan sungkan sungkan ya gan n sist ...
jangan lupa juga upload progress latihan agan n sist yah ...
0
1.5K
1


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan